data-ad-format="auto"

Tips Atasi Nyeri Punggung Saat Hamil

Perubahan yang tidak dapat dielakan lagi saat kehamilan diantaranya adalah perubahan fisik, perut yang semakin membesar.Perubahan ini memicu ibu hamil mengalami sakit atau nyeri punggung yang mengaggu kehamilan . Simak cara mengatasinya di artikel ini.

Ibu hamil yang mengalami sakit punggung diantaranya adalah ibu hamil yang sudah memasuki trimester akhir kehamilan. Kondisi ini disaat perut semakin membesar. Keluhan yang dialami oleh sekitar 50-70% ibu hamil dengan keluhan sakit, gangguan waktu tidur dan rutinitas yang terganggu.

Sakit punggung yang dialami oleh wanita hamil erat kaitannya dengan beberapa faktor diantaranya adalah perubahan titik berat tubuh. Hal ini dikarenakan seiring membesarnya rahim dan pertumbuhan bayi, titik berat akan cenderung menjadi condong ke depan. Akibatnya menarik bagian punggung agar lebih ke belakang. Tulang punggung pada bagian bawah menjadi melengkung dan otot tulang menjadi memendek .

Selain itu wanita hamil mengalami perubahan postur atau posisi tubuh. Pada postur tubuh yang buruk karena terus menerus berdiri, seiring membungkuk dan menjadi pemicu sakit punggung.Selanjutnya disebabkan juga oleh meningkatkan hormon. Hormon kehamilan yang membuat persendian tulang panggul meregang , pergeseran ini akan mempengaruhi cara punggung ketika menyangga perut.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

 

Dengan demikian apabila anda mengalami sakit punggung, yang paling beresiko sakit punggung adalah ibu dengan kehamilan kembar.Wanita yang bekerja dengan lebih banyak menghabiskan waktu duduk dan ibu hamil dengan berat badan berlebih, kegemukan .

Atasi Sakit Punggung Dengan Cara Ini

Tidak dapat dielakan lagi,sakit punggung menghantui ibu hamil ditrimester akhir. Bagaimana cara mengatasinya ?

Memperhatikan Bentuk Tubuh

Perubahan bentuk tubuh selama kehamilan dapat diatasi dengan mudah dan diselaraskan ketika duduk dan berdiri. Caranya mudah sekali tegakan dada dan kepala, kemudian tahan telinga pada bahu dan bokong didorong ke bawah.Sehingga panggul tetap datar .

Wanita hamil tidak disarankan untuk berdiri meskipun terkadang hal demikian tidak dapat dihindari. Pastikan anda menggunakan sepatu yang nyaman.Pilihlah flatshoes yang memiliki bantalan ketika digunakan .

Sedangkan bagi anda yang mengharuskan duduk dalam waktu yang lama,pastikan duduk dalam posisi yang tepat sehingga punggung dan pinggul dapat menyentuh bagian belakang kursi dan lutut.

Perhatikan Mengangkat Beban

Ibu hamil harus berhati-hati ketika mengangkat beban. Untuk melakukannya coba luruskan punggung kemudian tekuk lutut selanjutnya angkat dan gunakan tenaga kaki.Dekatkan objek dengan tubuh untuk menghindari mengangkat otot punggung. Sedangkan apabila anda harus berputar maka yang dilakukan adalah jangan sampai pinggang anda ikut berputar, anda dapat meminta bantuan untuk mengangkat beban ketika kesulitan.

Tetap Aktif

Kuatkan otot punggung anda dengan memilih olahraga khusus ibu hamil. Pastikan  anda telah berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai olahraga. Beberapa latihan olahraga kardiovaskular akan disarankan dokter untuk menunjang kesehatan anda selama kehamilan.

Posisi Tidur

Semakin usia kehamilan anda besar, semakin mengalami gangguan ketika tidur. Cari posisi yang nyaman diantaranya adalah dengan menghadap ke kiri sehingga rahim tidak memberikan tekanan pada vena cava.Selain itu untuk membantu dalam menjaga tulang belakang tetap sejajar disarankan untuk menempatkan bantal dibawah perut diantara kaki.

Nah, itu dia beberapa tips yang dapat membantu anda mengatasi gangguan nyeri punggung saat hamil apalagi kondisi kehamilan anda sedang memasuki trimester ketiga. Lakukan selalu pola hidup yang sehat, mencukupi kebutuhan air agar tubuh tetap terhidrasi selama kehamilan. 

Loading...

Follow us