data-ad-format="auto"

Tips Agar Tidak Boros Pengeluaran Selama Puasa

Bulan puasa memang seringkali diidentikan dengan bulan yang konsumtif. Perilaku masyarakat yang seringkali ingin memanjakan tubuh dan perutnya dengan aneka makanan yang lezat pada saat bulan puasa seringkali menjadi alasan mengapa banyak sekali pengeluaran selama puasa.

Belum lagi tuntutan untuk buka puasa bersama dengan teman dan kerabat yang hadir dalam jumlah banyak membuat kondisi berhemat semakin tidak mungkin saja dilakukan. Padahal bukan hanya bulan Ramadhan yang akan anda hadapi, usai bulan ini anda akan dihadapkan pada hari raya Idul Fitri. Dimana untuk anda yang sudah ataupun belum berkeluarga anda akan membutuhkan baju baru atau perlengkapan lain yang baru.

Selain itu, tuntutan memberikan THR pada ponakan dan anak-anak lain yang masih kecil. Terkadang membuat anda perlu menyiapkan budget khusus untuk dapat melakukan hal ini dengan lebih baik. Lalu bagaimana tips agar tidak boros pengeluaran selama puasa?

Nah, tak perlu khawatir ketika dedikasi dan niat anda kuat untuk dapat berhemat selama puasa. Maka anda akan dapat melakukannya dengan mudah. Sementara itu, berikut ini mari kita simak tips agar tidak boros pengeluaran selama puasa. Baca juga: Bantu Si Kecil Lahap Santap Makan Sahur

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Tips Agar Tidak Boros Pengeluaran Selama Puasa

Perilaku masyarakat yang konsumtif memang cenderung lebih banyak dilakukan selama bulan puasa. KOndisi ini bila tidak segera ditangani dengan baik maka mungkin akan semakin memburuk dan membuat pengeluaran anda semakin membengkak.

Mari kita simak tips agar tidak boros pengeluaran selama puasa yang penting untuk disimak dengan baik dibawah ini.

Hindari Terlalu Banyak Buka Diluar

Terkadang karena hasrat lapar yang tertahankan selama satu harian penuh, cenderung membuat sebagian orang ingin memanjakan lidah dan perutnya dengan aneka makanan yang lezat. Bahkan mungkin hal ini sudah mereka rencanakan jauh-jauh waktu saat pagi hari atau mungkin saat siang hari.

Berbuka di restoran atau rumah makan dengan aneka menu hidangan makanan yang lezat akan tentu sangat menyenangkan. Selain rasa lapar anda yang akan terpuaskan, hal ini pun akan membuat nafsu makan semakin meningkat.

Namun hal inilah yang justru menjadi salah satu pemicu membengkaknya pengeluaran selama puasa. Jadi demikian, hindari terlalu banyak makan diluar. Sebaliknya, sempatkan untuk makan makanan rumahan. Selain hemat tentunya makanan ini pun sehat.

Buat Daftar Menu Makanan Satu Bulan

Untuk anda yang tinggal jauh dari keluarga dan hendak berhemat selama Ramadhan agar tidak mengalami pembengkakan pengeluaran. Maka penting sekali untuk anda mempertimbangkan untuk membuat daftar menu makanan. Bila perlu buat menu makanan selama satu bulan.

Perencanaan makan ini akan dapat membuat anda sadar berapa banyak budget atau biaya yang perlu anda siapkan selama satu bulan. Dengan begini anda akan dapat terhindar dari perilaku yang konsumtif.

Berbelanja Kebutuhan Anda Untuk Satu Bulan

Selain menyiapkan daftar menu makanan selama satu bulan. hal lain yang juga penting untuk diperhatikan dengan baik adalah berbelanja kebutuhan anda selama satu bulan.

Hal ini akan sangat penting dilakukan karena pada umumnya berbelanja kebutuhan yang dilakukan secara berangsur akan berpotensi membuat anda tergoda untuk membeli peralatan atau kebutuhan lain yang sebenarnya tidak terlalu anda perlukan.

Demikianlah beberapa informasi tips agar tidak boros pengeluaran selama puasa. Semoga informasi diatas akan dapat bermanfaat untuk anda dan bisa mengendalikan pengeluaran anda selama puasa.

Loading...

Follow us