data-ad-format="auto"

Menu Makan Sahur Untuk Penderita Maag

Para penderita maag pada saat menjalankan ibadah puasa perlu memperhatikan banyak hal dengan baik. Hal ini dikarenakan puasa untuk penderita maag akan cukup besar dampaknya. Gejala maag akan dapat kambuh sewaktu-waktu dimana kondisi ini akan dapat menyebabkan si penderita mengalami rasa sakit yang cukup mengganggu.

Hal ini terjadi sebab penderita maag umumnya membutuhkan asupan makanan yang teratur dan berkala. Waktu makan yang terbatas seperti pada saat puasa akan dapat membuat maag yang mereka derita dapat kambuh kapan saja.

Namun demikian, hal ini tidak berarti membuat penderita maag dilarang untuk menjalankan ibadah wajib yang satu ini. Ketika si penderita merasa mampu dan kuat untuk melakukannya. Maka tidak ada halangan untuk mereka bisa menjalankan ibadah puasa yang satu ini.

Nah, salah satu perawatan penting yang perlu diperhatikan untuk penderita maag yang menjalankan puasa adalah memperhatikan menu makanannya. Terutama menu makanan pada saat sahur. Hal ini dikarenakan demi menunjang puasa yang lancar maka makan sahur penting sekali untuk diperhatikan dengan baik. Lalu seperti apa saja menu sahur untuk penderita maag? Simak dibawah ini. Baca juga: Tips Tetap Kuat Berpuasa Meski Lakukan Pekerjaan Berat

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Menu Makan Sahur Untuk Penderita Maag

Penderita maag yang ikut menjalankan ibadah puasa perlu memperhatikan dengan baik asupan makanan kedalam tubuhnya. Hal ini dikarenakan asupan makanan bukan hanya akan berpengaruh terhadap kambuh tidaknya maag yang mereka derita. Namun juga tubuh perlu mendapatkan asupan nutrisi yang baik untuk dapat menjaga dan menjamin puasa berjalan dengan lancar.

Hindari Makanan yang Mampu Memicu Gas Lambung

Para penderita maag yang ikut menjalankan ibadah puasa sebaiknya waspada dengan asupan makanan yang mereka asup kedalam tubuhnya. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa jenis makanan yang akan dapat memicu gas lambung. Terutama pada saat sahur, demi menjaga dan menjamin puasa agar berjalan dengan lancar maka hal ini penting sekali untuk diperhatikan.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu gas lambung diantaranya adalah kol, sawi, pisang, nangka dan makanan yang dikeringkan. Termasuk dengan buah yang dikeringkan. Oleh karenanya, pada saat sahur hindari menyantap menu makanan yang satu ini.

Hindari Makanan dan Minuman Berkafein

Untuk anda yang menderita maag pada saat puasa maka hindari mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan kafein. Hal ini dikarenakan dua jenis makanan ini akan dapat menyebabkan masalah dan membuat asam lambung naik kepermukaan. Akibatnya masalah ini akan dapat menyebabkan rasa perih pada bagian perut dan sensasi asam yang tidak nyaman pada bagian tenggorokan.

Makanan dan minuman yang mengandung kafein pun akan dapat merusak lambung yang membuat maag akan dapat kambuh kapan saja. Untuk itu, hindari mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan ini.

Hindari Makanan dengan Lemak yang Tinggi

Konsumsi gorengan selama puasa memang sulit sekali dihindarkan. Melepas hasrat lapar yang menggebu pada saat berbuka memang nikmat dengan makanan yang digoreng. Rasa yang garing dan sensasi nikmat dari hidangan yang satu ini memang menggoda untuk disantap.

Akan tetapi, tidak sebaiknya untuk anda para penderita maag membiasakan mengkonsumsi makanan ini selama puasa. Sebab kondisi ini akan dapat menyebabkan asam lambung naik ke permukaan. Akibatnya kondisi ini akan mungkin mengganggu puasa anda.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan dari menu makan sahur penderita maag diatas. Semoga informasi ini bermanfaat.

Loading...

Follow us