Tanda dan Gejala Intoleran Gluten yang Sering Tidak Disadari

5/5 (3)

Tanda dan Gejala Intoleran Gluten yang Sering Tidak Disadari – Berapa banyak dari anda yang belum mengetahui apa itu intoleransi gluten dan seperti apa gejalanya? Intoleran gluten adalah sebuah kondisi yang penting untuk mendapatkan perhatian. Sebab bila kondisi ini dibiarkan begitu saja maka dampaknya akan cukup berbahaya untuk kesehatan.

Intoleransi terhadap gluten pada dasarnya dapat mulai terdeteksi di umur berapa saja. Pada orang-orang yang menderita intoleransi terhadap gluten, berbagai macam gangguan kesehatan mungkin mereka rasakan ketika mengkonsumsi makanan dengan kandungan gluten. Baca juga: Cara Menghitung Usia Kehamilan

https://bidanku.com/cara-menghitung-usia-kehamilan

Mengenal Apa Itu Gluten

Meski seringkali mendengar kata gluten namun tidak sedikit diantara kita yang masih kebingungan apa sih itu gluten? Gluten merupakan sebuah protein yang umumnya di temukan pada beberapa produk pangan seperti gandum, jelay (barley) dan juga gandum hitam.

Secara umum, gluten adalah bahan yang aman di konsumsi. Akan tetapi, ada sebagian orang yang memang mengembangkan kondisi intoleran terhadap kandungan gluten yang masuk ke dalam tubuhnya. Dimana kondisi ini akan dapat menyebabkan gangguan kesehatan muncul ketika seseorang tersebut mengkonsumsi bahan makanan dengan kandungan gluten.

3 Jenis Intoleransi Gluten

Pada orang yang pantang mengkonsumsi bahan makanan dengan kandungan gluten, pada prinsipnya dikarenakan ada 3 jenis intoleransi gluten yang mungkin terjadi. Nah, di bawah ini mari kita simak apa sajakah jenis intoleransi gluten tersebut.

Alergi Gandum

Jenis intoleransi gluten yang pertama yang mungkin terjadi adalah alergi terhadap protein yang ada pada gandum. Dimana ketika kondisi ini terjadi besar kemungkinan alergi yang muncul bukan hanya di picu oleh protein pada gluten saja. Akan tetapi, protein yang ada dalam bahan lainnya yang ada pada gandum.

Seseorang yang mengembangkan kondisi alergi terhadap protein gandum didasari oleh adanya alergi terhadap beberapa jenis protein yang terkandung di dalam gandum, termasuk diantarnya adalah gluten.

Beberapa gejala yang mungkin dirasakan oleh mereka yang mengalami alergi terhadap gandum bisa mungkin merasakan masalah pencernaan. Selain itu, kondisi lain yang mungkin dialami adalah hidung tersumbat, kemerahan, iritasi pada abgain mata dan yang paling serius adalah kesulitan untuk bernapas dengan baik.

Non-Cellac Gluten Intolerance

Kondisi intoleransi kedua terhadap gluten disebut Non-Cellac Gluten Intolerance. Pada jenis intoleransi yang satu ini, penderita mengalami rangsangan yang cukup sensitif terhadap gluten dalam takaran tertentu. Akan tetapi demikian, kondisi sensitivitas yang di alaminya di tengarai karena menderita penyakit celiac.

Pada kondisi ini pemicu dasar yang memicu non-cellac gluten intolerance di picu oleh komponen lainnya di dalam gandum yang tidak menyebabkan kerusakan pada bagian permukaan usus. Adapun gejala yang mungkin di rasakan pada penderita intoleransi jenis ini adalah lemas, nyeri pada bagian sendi, kelainan pada bagian saraf dan juga penurunan tingkat kesadaran.

Penyakit Cellac

Kondisi lain yang juga menjadi bagian dari intoleransi terhadap gluten adalah penyakit celiac. Mereka yang menderita penyakit celiac amat disarankan untuk menghindari asupan gluten ke dalam tubuhnya sama sekali. Hal ini dikarenakan konsumsi gluten pada penderita penyakit celiac akan dapat menyebabkan kerusakan pada bagian permukaan usus.

Adapun gejala yang mungkin dirasakan pada mereka yang menderita penyakit celiac diantaranya adalah malnutrisi, anemia, penurunan berat badan, kerontokan rambut, kelainan fungsi hati dan masih banyak lagi.

Nah, itulah dia beberapa kondisi dan jenis intoleransi terhadap gluten. Bila anda tidak memiliki penyakit celiac namun merasakan ketidak nyaman saat mengkonsumsi bahan makanan dengan kandungan gluten maka mungkin kondisi tersebut adalah bagian dari gejala intoleransi terhadap gluten yang perlu di waspadai.

Perhatikan dengan baik beberapa gejala yang seringkali tidak disadari bahwa seseorang sedang mengalami intoleransi terhadap gluten.

Perut Kembung

Seseorang yang menderita intoleransi terhadap gluten akan mungkin mengembangkan beberapa kondisi yang tidak wajar pada tubuhnya. Umumnya, kondisi tersebut lebih cenderung mengundang terhadap keluhan kesehatan yang dirasakan. Anda yang menderita intoleran gluten gejala yang dirasakan mungkin berupa perut kembut dan dipenuhi dengan gas.

Meski anda hanya makan gluten dalam porsi yang sedikit, akan tetapi gas pada bagian perut tiba-tiba berkumpul dan menyebabkan rasa begah. Kondisi ini umumnya akan dapat membuat si penderita merasa tidak nyaman. Untuknyalah, bila anda secara tiba-tiba mengalami perut kembung yang tidak nyaman maka cobalah ingat-ingat apa saja yang baru anda makan.

Bila ternyata gejala perut kembung di rasakan setelah anda makan pasta atau roti maka kemungkinan besar kondisi ini dikembangkan sebab anda menderita intoleransi terhadap gluten.

Diare Atau Sembelit

Penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 50 persen orang yang mengalami intoleransi terhadap gluten beresiko menderita diare. Sementara 25 persen lainnya mengalami sembelit. Untuk sebagian orang yang punya keluhan terhadap konsumsi gluten, zat ini akan dapat merusak bagian lapisan usus.

Kondisi ini bisa mengakibatkan penyerapan nutrisi terhadap makanan yang di konsumsi menjadi tidak maksimal. Akhirnya hal ini bisa menyebabkan seseorang mengalami diare atau sembelit. Bukan hanya itu, pada kondisi ini fesesb yang dikeluarkan akan mungkin berwarna pucat dan bahkan berbau busuk tidak seperti biasanya.

Mual

Mual bukan hanya menjadi ciri hamil pada seorang wanita. Akan tetapi, mereka yang mengembangkan kondisi gluten intoleran pun bisa mengalami mual sebagai gejala dari kondisi yang satu ini. Jangan salah asumsikan perasaan mual setiap kali habis makan sebagai tanda kehamilan.

Bila anda adalah seseorang yang belum menikah dan tidak merasa melakukan hubungan dengan lawan jenis. Maka mual yang dialami bisa jadi disebabkan karena kondisi lainnya.

Bisa jadi perasaan mual yang kerap muncul adalah sinyal dari tubuh yang tidak mampu mencerna kandungan gluten yang ada pada makanan yang anda konsumsi dengan baik. Bila anda terus menerus merasakan mual dan gejala lainnya setelah mengkonsumsi bahan makanan dengan kandungan gluten. Maka cobalah perbaiki untuk menghindari kandungan ini.

Sakit Kepala

Sebuah penelitian menjelaskan sakit kepala bisa menjadi salah satu gejala yang sering dirasakan untuk mereka yang mengembangkan kondisi intoleransi terhadap gluten. Maka dari itu, bila anda seringkali merasakan migrain tanpa sebab yang jelas maka cobalah telaah makanan apa saja yang anda konsumsi sebelumnya.

Dengan mengetahui riwayat konsumsi makanan seperti ini maka di harapkan bila anda rupanya menderita intoleransi terhadap gluten maka segera konsultasikan masalah ini dengan dokter dan hindari konsumsi makanan dengan kandungan gluten.

Sakit Perut

Gejala lain yang mungkin di rasakan oleh mereka yang menderita intoleransi terhadap gluten adalah sakit perut. Sayangnya, kondisi sakit perut seringkali dianggap remeh sehingga sebagian orang sulit mendeteksi bahwa intoleransi terhadap gluten adalah gejala yang sedang dikembangkan.

Sebaiknya, jangan remehkan setiap kondisi atau keluhan kesehatan yang anda rasakan. Apalagi bila kondisi ini terjadi setelah anda mengkonsumsi bahan makanan seperti roti, pasta, pizza dan bahan makanan lainnya dengan kandungan gluten.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply