data-ad-format="auto"

Perhatikan Apa Saja Pantangan Penderita Diabetes

Bagi para penderita diabetes memilih asupan makanan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan makanan adalah apa yang akan menentukan kesehatan dan kadar gula darah didalam tubuh anda. Seperti yang kita ketahui penyakit diabetes terjadi akibat kadar gula darah didalam tubuh jumlahnya berlebihan. Hal ini dikarenakan tubuh tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang dibutuhkannya. Sementara itu, produksi glukosa terus menerus terjadi dan tidak dapat diserap oleh insulin dengan baik. Akibatnya timbunan glukosa ini menyebabkan penyakit diabetes terjadi.

Untuk itulah, para penderita penyakit ini amat dianjurkan menjalankan pola hidup yang sehat dengan memperhatikan asupan makanannya dengan baik. Anda yang menderita penyakit kencing manis atau diabetes ini tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan glukosa yang terlalu tinggi.

Sayangnya, kandungan glukosa hampir dijumpai pada banyak jenis makanan. Akibatnya kondisi seperti ini menuntut anda untuk dapat membatasi konsumsi makanan dengan baik. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita kenali hal apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh para penderita diabetes sebagai hal yang dipantang untuk dilakukan. Mari kita simak dibawah ini.

Apakah Itu Diabetes?

Sebelum kita bahas hal apa saja yang menjadi pantangan untuk para penderita diabetes maka penting sekali untuk kita mengetahui lebih dalam apa itu penyakit diabetes. Diabetes adalah kelainan metabolisme yang terjadi dimana terdapat kenaikan kadar gula darah didalam tubuh. Hal ini terjadi karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin atau sel-sel didalam tubuh menjadi kurang peka terhadap insulin. Padahal, dalam hal ini insulin adalah hormon yang berperan penting guna mengontrol kadar gula didalam darah.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Adapun gejala-gejala yang akan mungkin dialami oleh penderita diebetes diantaranya adalah mudah leleh, cepat merasa lapar, mudah haus, seringkali buang air kecil daripada biasanya, mulut kering, penglihatan kabur, gatal dan masih banyak lagi. Pengaturan asupan makanan adalah hal penting yang perlu diperhatikan pada penderita diabetes selain latihan jasmani dan pemberian obat-obatan. Nah, dibawah ini adalah beberapa pantangan pada penderita diabetes.

Pantangan Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, asupan makanan adalah hal penting yang perlu untuk diperhatikan dengan baik. Karena pada dasarnya apa yang anda konsumsi akan dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan dan kondisi diabetes yang dialami. Nah, dibawah ini adalah beberapa pantangan untuk para penderita diabetes.

Karbohidrat

Hal pertama yang penting untuk diperhatikan adalah asupan karbohidrat kedalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, karbohidrat terutama yang didapat dari nasi adalah makanan pokok sehari-hari orang Indonesia. Sehingga rasanya akan cukup sulit menghindarkan asupan makanan ini dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja, untuk para penderita diabetes hal ini penting sekali untuk diperhatikan. Tubuh memang memerlukan asupan karbohidrat untuk bisa mendapatkan energi. Akan tetapi hindari mengkonsumsi karbohidrat berupa nasi putih, roti putih dan kentang goreng sebab ini akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan.

Bukan hanya itu, hindari pula mengkonsumsi sereal yang mengandung banyak gula namun sedikit kandungan serat. Sebaliknya anda bisa mengganti konsumsi karbohidrat ini dengan makanan seperti beras merah, roti dan biji-bijian utuh, ubi jalar yang dipanggang, jagung atau makanan olahan yang terbuat dari jagung. Jadi demikian tidak ada salahnya mulai saat ini benahi kembali menu makanan sehat dirumah anda untuk mendukung pengobatan diabetes yang akan sangat berbahaya.

Protein

Pantangan penderita diabetes yang selanjutnya adalah makanan dengan kandungan protein, misalkan seperti daging, unggas, keju, ikan goreng atau bahkan tahu goreng adalah sederetan makanan yang sebaiknya tidak anda konsumsi. Para penderita diabetes bisa mendapatkan asupan protein dari mengkonsumsi daging ayam tanpa kulit, terutama bagian dadanya, daging yang direbus, tahu yang dikukus atau direbus, ikan panggang, telur dan juga kacang-kacangan. Makanan yang diolah dengan proses digoreng akan memberikan pengaruh buruk untuk kesehatan anda. Untuk itu, upayakan jaga pola makan anda dengan jenis makanan yang diolah dengan lebih sehat.

Berbagai Macam Kue

Kue adalah jenis makanan yang dipantang pada penderita diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan dalam kue akan mungkin memberikan kenaikan kadar gula didalam darah anda yang akan berdampak tidak baik untuk kesehatan.

Kue yang terbuat dari tepung terigu memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi yang dilarang dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, kue dengan bahan dasar tepung gandum lebih baik karena tinggi akan serat dan tidak mengandung lemak ataupun kolestereol.

Jadi demikian bila anda ingin mengkonsumsi kue sebaiknya perhatikan kandungan yang terdapat dalam kue dengan baik. Sementara itu, hindari pula mengkonsumsi jenis kue yang dibuat dari bahan telur dan mentega. Hal ini dikarenakan dua kandungan ini mengandung lemak dan kolesterol yang cukup tinggi yang mana tentunya tidak baik untuk kesehatan anda.

Junk Food

Sudah jelas bahwa makanan ini seringkali mengandung lemak, kalori dan koleterol yang tinggi. Untuk itu, bagi penderita diabetes jenis makanan ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dan bahkan dilarang untuk dinikmati karena nutrisinya yang tidak cukup bagi penderita diabetes. Selain itu, junk food sendiri memiliki kandungan lemak jenuh dan pengawet yang tinggi. Konsumsi terhadap makanan ini akan membuat orang mudah gemuk dan memiliki resiko lebih besar untuk terserang dengan penyakit kencing manis atau diabetes ini. Orang gemuk dan pola makan yang buruk akan dapat membuat kadar gula didalam darahnya mudah naik dan penyakit diabetes menjadi hal yang tidak dapat dihindari lagi.

Minuman dan Buah-Buahan

Buah pada umumnya adalah makanan sehat dengan kandungan serat, vitamin, mineral yang baik untuk tubuh. Akan tetapi, untuk para penderita diabetes bahan yang satu ini akan sangat tidak baik untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan karbohidrat dan lemak yang rendah didalam buah.

Selain itu, penderita diabetes sebaiknya menghindari kondusmi minuman kemasan rasa buah, minuman jus buah yang dicampur dengan gula dan buah kalengan yang ditambahkan dengan gula. Bukan hanya itu, selai buah pun menjadi makanan yang dipantang untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan konsumsi terhadap makanan ini akan membuat gula darah mudah naik.

Untuk itulah sebaiknya hindari mengkonsumsi beraneka ragam minuman dan makanan yang disebutkan diatas. Selain itu, konsumsi minuman berkarbonasi dan minuman beralkohol adalah tindakan yang sebaiknya tidak dilakukan oleh para penderita diabetes.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari pantangan panderita diabetes kali ini. Pada dasarnya menjaga pola makan dan hidup yang sehat adalah hal penting untuk dilakukan. Sebab apa yang anda konsumsi adalah apa yang akan menentukan kesehatan anda.

Jadi demikian bijaklah dalam mengkonsumsi makanan yang anda konsumsi setiap harinya agar kesehatan anda senantiasa terjaga dengan baik. Sampai jumpa kembali pada pembahasan yang lainnya.