Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Diabetes

5/5 (5)

Gaya hidup yang buruk yang dijalani oleh banyak masyarakat modern saat ini membuat mereka rentan terkena dengan serangan penyakit, salah satunya adalah penyakit kencing manis atau yang lazim disebut dengan diabetes. Penyakit ini datang sebagai dampak dari gaya hidup dan pola makan yang kurang baik yang dijalankan.

Didalam tubuh penyakit diabetes dapat terjadi karena terjadinya kelebihan kadar glukosa didalam darah. Hal ini dipicu karena kurangnya produksi insulin dari pankreas yang tidak mencukupi kebutuhan tubuh. Padahal, insulin adalah hormon penting yang bekerja untuk mengontrol kadar gula atau glukosa. Berkurangnya produksi insulin membuat kadar glukosa yang masuk dalam tubuh tidak dapat diserap dengan baik. Akibatnya kondisi ini membuat penyakit diabetes terjadi dengan mudah.

Penyakit yang satu ini tentu tidak dapat diabaikan atau dianggap remeh begitu saja. Sebab dampak paling buruk dari penyakit yang satu ini bisa menyebabkan kematian dengan perlahan. Bukan hanya itu, penderita diabetes umumnya akan mengalami serentetan kondisi sebagai akibat dari gejala yang menyerang.

Anda mungkin pernah melihat atau menyaksikan sendiri seorang penderita diabetes yang seringkali mengalami luka yang tak kunjung sembuh sehingga pada akhirnya membuat mereka harus diamputasi. Ini adalah contoh kecil dari dampak diabetes yang terus menggerogoti tubuh. Nah, untuk itu pemilihan asupan makanan kedalam tubuh menjadi hal penting untuk diperhatikan para penderita. Simak dibawah ini pantangan makanan untuk penderita diabetes.

Jus Buah

Makanan pertama yang menjadi pantangan para penderita diabetes adalah konsumsi jus buah. Selama ini kita mungkin tahu bahwa jenis minuman yang satu ini adalah minuman sehat yang bahkan dianjurkan untuk dikonsumsi. Akan tetapi, bila kita telaah dari kandungan yang terdapat dalam jus buah yang seringkali tidak kita sadari maka anda sendiri akan merasa khawatir dengan kesehatan anda.

Jus buah merupakan minuman segar terutama bila dikonsumsi saat cuaca tengah begitu terik diluar. Minuman ini juga memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh. Selain itu, konsumsi jus buah menjadi salah satu inovasi yang lebih mudah dan nikmat untuk dikonsumsi.

Akan tetapi, jus buah umumnya selalu melibatkan gula didalam kandungannya. Sejumlah gula yang tidak diukur takarannya bukanlah ide yang baik untuk diberikan pada penderita diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan gula yang tinggi akan sangat buruk dampaknya untuk para penderita diabetes dalam menaikan kadar glukosa didalam darahnya.

Untuk itu, sebaiknya tidak mengkonsumsi jus buah dengan sembarang. Sebagai alternatif anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi buah segar yang rendah gula seperti lemon, stroberi, semangka atau barangkali pepaya.

Saus, Sirup dan Selai

Seringakali dalam kehidupan sehari-hari kita akan melibatkan beberapa bahan makanan pelengkap ini untuk dipadukan bersama dengan makanan atau minuman yang kita buat. Memberikan saus, sirup atau selai pada makanan dipercaya akan menambah kelezatan dan meningkatkan rasa dari makanan tersebut.

Akan tetapi, kesemua jenis bahan makanan ini mengandung gula yang tinggi dan sebagian besar kandungannya memang didominasi dengan gula. Konsumsi gula untuk kesehatan orang yang mengidap diabetes tentu bukanlah pilihan yang bijak.

Untuk itu, sebaiknya perhatikan konsumsi terhadap makanan ini dengan baik. Pastikan agar anda menjauhkan beberapa konsumsi makanan ini dalam kehidupan sehari-hari untuk memastikan kesehatan anda terjaga dengan baik.

Snack dan Kentang Goreng

Kentang goreng memang bukanlah makanan manis yang mengandung banyak gula. Akan tetapi, didalam kentang tersimpan zat karbohidrat yang banyak yang akan berdampak kurang baik bila dikosumsi oleh orang yang menderita diabetes. Selain itu, komponen kalori dan kolesterol yang terdapat didalamnya membuat kentang goreng tidaklah baik untuk dikonsumsi.

Bukan hanya itu, proses penggorengan kentang yang melibatkan minyak goreng seringkali menambah lebih banyak kalori yang tidak baik untuk tubuh. Hal ini pun serupa dengan konsumsi makanan ringan atau snack. Kandungan kalori dan lemak jenuh yang besar yang terdapat dalam makanan ini membuatnya menjadi bahan makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi. Untuk itu, sebaiknya perhatikan dengan baik konsumsi terhadap kedua jenis makanan yang tidak sehat ini.

Kue

Kue adalah salah satu makanan yang mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Selain itu, bahan utama tepung terigu yang terdapat dalam kue mengandung karbohidrat yang cukup tinggi dan kalori yang banyak. Sepotong kue coklat diklaim mengandung sebanyak hampir 235 kalori yang cukup bayak. Hal ini berarti sebagian mengandung sekitar 20 sampai dengan 30 gram gula. Konsumsi terhadap makanan ini tentu saja bukanlah pilihan yang baik untuk dikonsumsi. Untuk itu, perhatikan dengan baik agar anda tidak mengkonsumsi kue selama proses penyembuhan.

Minuman Kemasan dan Minuman Berenergi

Menumpuk keranjang belanjaan anda dengan aneka ragam minuman kemasan dan minuman energi pabrikan memang menjadi kebiasaan yang menyenangkan. Selain anda akan dapat menikmati minuman beragam rasa dengan lebih praktis. Hal ini pun memberikan kesempatan untuk anda bisa mengisi lemari es anda dengan aneka minuman yang sudah anda beli.

Akan tetapi, untuk penderita diabetes jenis minuman seperti ini bukanlah pilihan yang bijak untuk dilakukan. Minuman ringan seperti Cola sudah pasti wajib untuk anda hindari sebab hampir sebagian besar kandungan yang terdapat didalamnya hanyalah gula. Buka hanya itu, teh manis dalam kemasan botol, jus kosentrat dan susu dengan rasa yang dibuat dalam kemasan pun memberikan anda pengaruh yang tidak baik. Sebab didalamnya terdapat lebih dari 200 kalori yang bisa anda nikmati hanya dari beberapa teguk saja. Selain itu, konsumsi minuman berenergi pun sebaiknya dihindari karena hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan.

Konsumsi Puding

Konsumsi jenis makanan ini pada umumnya lebih banyak dilakukan sebagai makanan penutup usai menyelesaikan hidangan utama. Hanya saja, rasanya yang manis dan kandungan kalori yang ada didalamnya bukanlah pilihan bagus untuk dilakukan. Selain itu, beberapa jenis makanan yang anda konsumsi sebelum menyantap puding perlu diperhatikan dengan baik kandungannya. Sebab penderita diabetes perlu benar-benar memperhitungkan kalori, gula dan karbohidrat didalam tubuhnya.

Meski puding terasa lezat ketika disantap, akan tetapi, satu cangkir kecil puding mengandung 100 kalori yang sebaiknya tidak anda konsumsi. Meskipun sulit sebaiknya anda menghindarkan konsumsi puding dari konsumsi makanan harian anda.

Itulah dia beberapa jenis makanan yang dipantang dikonsusmi oleh penderita diabetes. Meskipun beberapa jenis makanan diatas mungkin menjadi makanan favorit anda hanya saja demi kesehatan dan kesembuhan anda dari penyakit berbahaya ini maka pengorbanan dan komitmen yang lebih tinggi patut anda terapkan. Segala jenis makanan diatas memberikan pengaruh buruk untuk kesehatan anda, untuk itu bijaklah dalam memilih segala jenis makanan yang anda konsumsi dengan baik.

Demikianlah pembahasan ini semoga dapat bermanfaat dan memberikan cukup informasi yang anda butuhkan.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply