data-ad-format="auto"

Obat Sariawan Alami Yang Bisa Anda Gunakan Sebagai Pengganti Produk Pasaran

Mungkin banyak orang yang sering mengalami yang namanya sariawan. Ya, sariawan memang menjadi salah satu penyakit yang sangat mengganggu. Kondisi ini tentunya membuat seseorang menjadi sangat sulit untuk makan, minum bahkan berbicara sekalipun. Tentunya Anda akan merasa tidak nyaman dengan kondisi seperti ini karena sariawan akan sangat mudah Anda alami.

Sariawan pada umumnya memang terjadi di sekitar lidah, bibir dan juga sekitar mulut bagian dalam. Kondisi ini tentunya bisa muncul terutama jika Anda sedang terkena infeksi virus, stres, alergi terhadap makanan dan juga kekurangan vitamin dan juga mineral. Sistem kekebalan tubuh pada orang yang terkena sariawan tentu sangat bermasalah, siklus menstruasi, luka di mulut, dan juga lidah ataupun dinding mulut tergigit.

Sariawan memang termasuk ke dalam salah satu penyakit yang sangat sulit untuk diatasi. Hal ini dikarenakan penyakit sariawan memang susah susah gampang untuk diobati. Jika Anda memang sembarangan dalam memberikan obat untuk mengobati sariawan tentunya penyakit ini akan semakin sulit untuk disembuhkan. Terlebih banyak sekali obat sariawan yang beredar di pasaran yang tentunya tidak dapat dipertanggungjawabkan akan keamanannya. Untuk itu, kami sajikan beberapa obat sariawan alami yang tentu bisa Anda gunakan sebagai cara untuk mengobati penyakit sariawan.

Obat Sariawan Alami

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Sariawan memang kerap dikaitkan dengan adanya masalah yang terjadi pada lidah dah juga mulut. Gangguan penyakit ini tentunya disebabkan oleh terkenanya infeksi virus, alergi terhadap makanan, kekurangan vitamin dan juga mineral bahkan juga faktor cuaca. Sariawan juga bisa disebabkan oleh adanya penurunan sistem kekebalan tubuh, luka pada mulut, serta lidah yang tidak sengaja tergigit. Pada beberapa wanita sariawan juga bisa disebabkan atau berhubungan dengan siklus menstruasi.

Jika sariawan cukup parah tentunya penyakit ini akan cukup lama hingga beberapa minggu lamanya serta meninggalkan bekas luka. Namun juga, sariawan akan hilang dan juga sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu 10 sampai 14 hari. Kondisi ini tentunya membuat sebagian besar orang yang terkena sariawan menjadi cukup kesulitan untuk mengatasi penyakit yang satu ini. Hal ini dikarenakan penyakit sariawan memang cukup sulit untuk diatasi.

Akan tetapi, Anda jangan sampai menyerah karena banyak sekali obat-obat alami yang bisa Anda gunakan sebagai cara untuk mengobati sariawan. Beberapa bahan alami memang kerap dijadikan sebagai obat untuk mengobati sariawan. Berikut ini kami sajikan beberapa obat sariawan alami yang bisa Anda gunakan sekarang juga.

Cara Mengatasi Sariawan Dengan Bahan Alami

Meskipun memang sariawan bukan termasuk pada salah satu penyakit yang cukup serius. Namun, sariawan akan sangat mengganggu karena rasa sakit yang timbul dari penyakit ini juga tidak bisa diabaikan. Sariawan kerap mengganggu aktivitas kita sehari-hari terlebih ketika kita sedang mengonsumsi makanan. Untuk itu, jika kita terserang yang namanya penyakit sariawan memang sangat penting bagi kita untuk mengobatinya bahkan dengan cara alami sekalipun. 

Lantas, obat apakah yang memang aman digunakan untuk mengobati penyakit sariawan ini? Bagaimana cara menyembuhkan sariawan di bibir dengan cara yang alami? Yuk kita langsung simak saja pemaparan kami berikut ini!

Minyak kelapa

Cara pertama yang dapat Anda gunakan sebagai obat alami untuk mengobati sariawan ialah minyak kelapa. Dalam hal ini, minyak kelapa memang berfungsi untuk mengurangi adanya rasa nyeri dan juga peradangan. Cara untuk mengatasi sariawan dengan menggunakan minyak kelapa. Cukup dengan mengatasi sariawan dengan mengoleskan minyak kelapa serta mengoleskan minyak kepala pada bagian mulut yang terkena sariawan tersebut. Jika tidak ada minyak kelapa, Anda juga bisa memanfaatkan air kelapa untuk membantu mengatasi dan juga menghilangkan sariawan pada bibir dan juga mulut Anda. Dalam hal ini tentunya air kelapa memiliki sifat mendinginkan tubuh ketika suhu tubuh Anda terasa sangat panas.

Air garam

Cara mengobati sariawan yang kedua yaitu dengan menggunakan air garam. Garam memang menjadi salah satu obat alami untuk mengobati sariawan secara alami. Air garam tentunya bisa menyembuhkan sariawan pada bibir dan juga mulut. Dalam hal ini tentunya Anda bisa menggunakan air garam untuk membantu menekan bakteri yang dapat menyebabkan sariawan.

Bawang putih

Bawang putih tentunya memiliki sifat antiseptik yang tentunya sangat berguna untuk melawan bakteri termasuk untuk mengatasi sariawan yang ada pada bibir dan juga mulut. Cara yang dapat Anda gunakan memang sangat mudah. Anda tentunya bisa memotong dan juga mengiris bawang putih yang telah dibersihkan. Tentunya, Anda juga bisa mengoleskan pada bagian mulut yang terkena sariawan.

Kunyit

Obat sariawan alami tradisional yang selanjutnya ialah kunyit. Selain dimanfaatkan untuk bumbu dapur yang cukup khas sebagai penyedap masakan. Ternyata kunyit tentunya dapat dimanfaatkan sebagai obat alami yang dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Langkah selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sariawan dengan kunyit tentunya cukup sederhana. Anda bisa membuatnya menjadi pasta. Haluskan beberapa ruas kunyit yang telah dibersihkan secukupnya, kemudian Anda bisa mencampurkannya dengan halusan kunyit dan teh gliserin. Anda tentunya dapat menggunakan campuran tersebut untuk mengoleskan pasta kunyit ini pada bagian mulut yang sariawan.

Daun basil

Obat alami selanjutnya yang dipercaya sebagai salah satu cara untuk mengobati sariawan ialah dengan menggunakan daun basil. Seperti halnya kunyit, daun basil ini juga dapat digunakan sebagai obat sariawan alami untuk membantu mengobati sariawan pada mulut dan juga bibir. Untuk menggunakan daun ini sebagai obat sariawan alami, tentunya Anda bisa merebus daun basil hingga mendidih. Kemudian, ambil airnya dan gunakan untuk berkumur-kumur. Lakukan langkah dengan menggunakan obat ini setidaknya 1 kali sehari terlebih ketika penyakit sariawan sedang meradang.

Baking soda dan garam

Ini tentunya menjadi salah satu cara untuk mengatasi sariawan dimana baking soda dan garam memang memiliki sifat antiseptik. Namun tentunya Anda jangan heran akan rasa sakit yang ditimbulkan oleh obat ini. Sensasi rasa sakit dan juga perih tentunya akan sangat Anda rasakan ketika menggunakan obat inis sebagai cara yang alami untuk mengobati sariawan.

Cara yang dapat Anda lakukan tentunya sangat sederhana yakni dengan mencampurkan kedua bahan tersebut hingga berbentuk pasta, kemudian tambahkan air secukupnya hingga merata. Anda tentunya bisa menggunakan campuran bahan tersebut sebelum mengoleskannya pada bagian mulut dan juga bibir yang terkena sariawan.

Yogurt

Yogurt tentunya menjadi salah satu jenis minuman yang tentunya memiliki banyak manfaat. Dalam hal ini juga yogurt memang digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati sariawan. Hal ini dikarenakan yogurt memang sangat membantu mengatur keseimbangan bakteri pada mulut dan juga bibir. Untuk itu, konsumsilah yogurt setiap hari ketika Anda mengalami sariawan sebagai cara untuk menyembuhkan penyakit sariawan.

Pisang dan madu

Bahan alami selanjutnya yang kerap digunakan sebagai obat alami untuk mengobati sariawan ialah dengan menggunakan pisang dan juga madu. Anda tentunya bisa menggunakan pisang dan juga madu dengan hanya mencampukannya hingga menjadi pasta. Tentunya, Anda bisa memblender atau menghaluskan pisang, kemudian tambahkan madu secukupnya hingnga berbentuk pasta pada bagian mulut yang terkena sariawan. Dalam hal ini pisang dan madu bekerja sebagai antiseptik yang dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengobati sariawan.

Minyak peppermint

Jika Anda menggunakan minyak peppermint sebagai salah satu obat yang kerap digunakan sebagai antiseptik tentunya hal tersebut sangatlah benar. Khasiat yang bisa Anda peroleh dari minyak peppermint ini yakni dapat meredakan rasa perih dan juga nyeri akibat iritasi dari penyakit sariawan. Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati penyakit sariawan ini memang sangat mudah yakni dengan mengoleskan minyak peppermint ini pada bagian bibir dan juga mulut yang terserang sariawan. Anda tentunya bisa menggunakan minyak peppermint ini sebanyak 2 kali setiap harinya terutama ketika Anda mengalami penyakit sariawan.

Konsumsi buah-buahan

Jika Anda termasuk orang yang anti mengonsumsi buah-buahan tentunya tidak heran jika kerap Anda mengalami yang namanya penyakit sariawan. Dalam hal ini tentunya Anda bisa memenuhi kebutuhan akan vitamin dan juga mineral seperti vitamin C dan juga vitamin B12. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C seperti tomat, madu dan juga buah-buahan lainnya.

Cara Mencegah Sariawan

Tentunya, segala penyakit bisa dicegah tergantung apakah seorang individu tersebut mau ataukah tidak untuk melakukannya. Beberapa cara dibawah ini tentunya bisa Anda gunakan sebagai cara untuk mencegah terjadinya sariawan, diantaranya:

Jaga kebersihan mulut Anda

Cara pencegahan pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan menjaga kesehatan bibir dan juga mulut. Cara ini tentunya bisa Anda gunakan untuk mencegah datangnya bakteri dan juga virus sebagai penyabab terjadinya sariawan pada bibir dan juga mulut Anda. Menjaga kebersihan mulut tentunya bisa Anda lakukan dengan cara menyikat gigi secara teratur atau dengan menggunakan benang gigi agar sariawan tidak terinfeksi bakteri.

Ketika menyikat gigi tentunya Anda bisa menyikat gigi perlahan-lahan dengan menggunakan sikat gigi yang cukup lembut serta bebas dari detergen. Anda tentunya bisa menyikat gigi setelah makan dan juga sebelum tidur agar bakteri dan juga kuman tidak bisa tumbuh di dalam bibir dan juag mulut Anda.

Cukupilah kebutuhan nutrisi dan juga vitamin

Tentunya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan juga nutrisi. Dalam hal ini tentunya memang sanagt berguna untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan juga vitamin B12 serta vitamin lainnya. Kondisi ini tentunya untuk mencegah dan juga mengatasi sariawan pada mulut dan juga bibir. Konsumsi buah-buahan seperti buah jeruk, lemon, tomat dan juga varian buah lainnya. Tentunya, bisa membantu Anda untuk memenuhi asupan vitamin pada tubuh Anda.

Hindari kebiasaan merokok

Jika Anda termasuk pada salah satu perokok aktif tentunya tidak heran jika Anda sering mengalami penyakit sariawan. Hal ini dikarenakan zat yang terkandung di dalam rokok dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya sariawan. Untuk itu, Anda bisa menghindari kebiasaan merokok sehingga menjadi pemicu timbulnya sariawan pada mulut Anda.

Penuhi cairan tubuh dengan meminum air putih

Dalam hal ini tentunya Anda bisa menghindari penyakit sariawan dengan mengonsumsi air putih secukupnya. Air putih memang menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Untuk itu, konsumsi air putih secara rutin dan juga teratur sebagai cara untuk mencegah terjadinya sariawan.

Konsumsi makanan lunak

Jika Anda sedang mengalami penyakit sariawan yang meradang tentunya Anda bisa menghindari dengan mengonsumsi makanan yang lunak sehingga sangat mudah untuk ditelan, dipotong kecil-kecil, digiling dan juga dihaluskan.

Hindari makanan penyebab sariawan

Dalam hal ini tentunya Anda bisa menghindari makanan-makanan yang bisa menyebabkan sariawan. Anda tentunya bisa menghindari makanan asin, cokelat, keripik kentang dan juga biskuit, kopi, rokok, minuman bersoda dan beralkohol, makanan terlalu panas atau terlalu dingin serta makanann dan juga minuman yang terlalu manis. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menghindari makanan yang pedas dan juga asam karena akan menyebabkan iritasi dan juga sakit perut yang berkelanjutan.

Jangan menyentuh bibir

Jika Anda sedang mengalami sariawan yang cukup meradang, tentunya Anda sangat dilarang untuk menyentuh bibir. Hal ini tentunya dapat menganggu proses penyembuhan sehingga menyebabkan infeksi menjadi tersebar. Jika memang mulut Anda benar-benar terasa sakit dan juga perih, alangkah baiknya jika Anda menggunakan sedotan untuk minum sehingga tidak langsung membuka mulut karena akan terasa sangat sakit.

Penyebab Terjadinya Sariawan

Tentunya, setiap penyakit pasti memiliki penyebab yang tentunya akan menimbulkan sariawan pada bibir dan juga mulut. Untuk mengetahui apa yang menyebabkan sariawan meradang pada bibir dan juga mulut. Berikut kami sajikan beberapa penyebab sariawan di mulut yang tentu bisa Anda hindari mulai dari sekarang juga!

Kekurangan vitamin

Penyebab pertama yang bisa menimbulkan penyakit sariawan pada mulut dan juga bibir dikarenakan kekurangan vitamin. Kurangnya vitamin dan juga nutrisi tentunya bisa menyebabkan sariawan. Vitamin di sini yang tentunya diperlukan oleh bibir dan juga mulut seperti vitamin C, B12 dan juga zat besi.

Penggunaan pembersih mulut yang tidak cocok

Penyebab kedua yang bisa menjadi salah satu dari timbulnya jerawat pada bibir dan juga mulut ialah dengan menggunakan produk pembersih mulut yang tidak cocok. Dalam hal ini produk yang dimaksud ialah pasta gigi, obat kumur ataupun pembersih mulut lainnya. Dalam hal ini jika penggunaan pembersih mulut tidak cocok, bibir dan juga mulut Anda bisa iritasi sehingga akan timbul penyakit sariawan.

Daya tahan tubuh rendah

Ketika sistem kekebalan tubuh kita menurun, tentunya ini menjadi salah satu kondisi dimana Anda memang sangat rentan terserang penyakit yaitu salah satunya sariawan. Untuk mencegah penyakit tersebut, tentunya Anda bisa menjaga sistem kekebalan tubuh dengan memenuhi kebutuhan gizi dan juga nutrisi Anda.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan padas

Makanan panas dan juga pedas memang menjadi salah satu penyebab terjadinya sariawan pada bibir dan juga mulut Anda. dalam hal ini tentunya mengonsumsi makanan pedas dan juga panas bisa menyebabkan terjadinya sariawan pada mulut dan juga bibir Anda.

Faktor cuaca

Pada umumnya, cuaca yang cukup panas memang menjadi salah satu penyebab terjadinya sariawan pada tubuh Anda. Selain itu, cuaca serta lingkungan yang sangat panas bisa menyebabkan bibir dan juag mulut terasa kering sehingga memicu timbulnya penyakit sariawan.

Itulah beberapa hal mengenai penyakit sariawan, penyebab penyakit sariawan serta obat sariawan alami yang terbukti ampuh sebagai cara untuk mengatasi sariawan. Semoga bermanfaat!

Loading...

Follow us