Menjaga Asupan Gizi Ibu Hamil Selama Berpuasa

2/5 (1)

Pada saat memasuki bulan ramadhan ibu hamil bisa berpuasa asalkan kondisi anda kuat dengan menunda makan dan minum sepanjang hari tanpa mengganggu kesehatan janin dan juga anda. Di dalam hukum islam memang untuk ibu hamil dan menyusui tidak diwajibkan jika anda mengalami masalah dengan kondisi kesehatan. Dengan demikian untuk anda yang memutuskan untuk berpuasa maka asupan nutrisi harus anda perhatikan sehingga kecukupupan gizi bagi janin anda terpenuhi. Nutrisi yang optimal bisa anda dapatkan dalam menu makan ketika sahur dan berbuka sehingga tidak hilang, pada umumnya kesehatan janin memang tergantung dengan pola hidup anda, asupan makanan yang tepat adalah salah satu faktor utama untuk tetap menjaga kebutuhan nutrisi di plasentanya. Asupan gizi yang tepat ketika sedang berpuasa untuk ibu hamil adalah dengan menjaga pola makan tiga kali sehari dengan tidak mengurangi nutrisi yang dibutuhkan dalam rangka meminimalisir resiko bayi lahir prematur.

ASUPAN-GIZI-UNTUK-IBU-HAMIL.jpg

Meskipun anda berpuasa akan tetapi kondisi anda masih fit, berikut asupan gizi yang bisa anda hadirkan di menu makan sahur dan buka untuk membantu menjaga asupan gizi selama hamil walaupun anda berpuasa :

1.  Kalori

Kalori yang dibutuhkan ibu hamil perhari adalah 2500 kalori bila anda merasa terbebani dengan asupan nutrisi  sebesar itu selama sahur dan buka, anda dapat menambahnya ketika pulang tarawih.

2.  Protein

Selama kehamilan protein yang dibutuhkan oleh tubuh harus diperhatikan sebanyak 85 gram perhari. Jenis protein dapat diperoleh dari tumbuhan tumbuhan dan hewani. Kekurangan asupan protein dapat menyebabkan kelahiran prematur dan anemia. Pada saat sahur dan berbuka anda dapat melengkapi dengan ikan ayam keju dan kacang-kacangan.

3.  Kalsium

Susu khusus ibu hamil dapat anda konsumsi untuk kebutuhan janin dalam perkembangan otot dan rangka. Kekurangan kalsium dapat mengakibatkan gangguan tulang bagi anda. Konsumsi jenis lain susu seperti yogurt, sarden, dan jenis sayuran dalam kandungan kalsium.

4.  Zat besi dan asam folat

Ibu hamil memerlukan 30 mg per hari terutama untuk anda yang sudah memasuki usi kandungan 4-6 bulan. Cukupi kandungan zat besi anda sehingga meminimalkan resiko anemia. Asam folat dibutuhkan ibu hamil sebesar 400 microgram. Anda bisa mendapatkan dari bit, telur, jagung, kangkung, bayam.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel