4 Cara Alami Mengatasi Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

Cara Alami Mengatasi Sakit Gigi – Sakit gigi merupakan masalah kesehatan gigi yang sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, termasuk oleh ibu hamil. Untuk mengatasi sakit gigi, ibu hamil tidak bisa menggunakan sembarang obat. Namun, jangan khawatir karena ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membantu meredakan nyeri gigi.

Mengatasi Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

Cara Alami Mengatasi Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

Peradangan gusi, serta masalah gigi lainnya rentan dialami oleh ibu hamil. Ada cara alami yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri gigi sehingga anda tidak perlu mengonsumsi obat.

Berkumur Menggunakan Air Garam

Mengatasi Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

Sudah sejak lama berkumur dengan menggunakan air garam dipercaya dapat membantu mengatasi sakit gigi dan ibu hamil dapat melakukan cara alami ini. Yodium yang terkandung pada garam akan membunuh bakteri dan membantu mengurangi nyeri.

  • Caranya yaitu dengan melarutkan garam menggunakan air hangat. Takaran garam yang digunakan tidak perlu terlalu banyak.
  • Apabila garam sudah larut, bisa berkumur selama kurang lebih 30 detik.
  • Perlu diingat, air garam ini hanya digunakan untuk berkumur, tidak untuk diminum. Jadi setelah berkumur selama 30 detik, anda bisa langsung membuangnya.

Baca juga : Cara Alami dan Mudah Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil

Kompres dengan Menggunakan Es Batu

Mengatasi Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

Cara alami lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit gigi saat hamil yaitu dengan mengompres menggunakan es batu. Area yang bengkak karena sakit gigi bisa dikompres dengan menggunakan es batu.

  • Caranya yaitu silakan siapkan es batu secukupnya. Lalu es batu dibungkus dengan menggunakan kain.
  • Kemudian anda bisa mengompres pada area yang mengalami pembengkakan, serta terasa nyeri.
  • Diamkan selama kurang lebih 5 hingga 10 menit.
  • Cara ini bisa anda lakukan berkali-kali sesuai dengan keinginan. Saat mengompres, sensasi dingin yang dihasilkan akan membantu mengurangi pembengkakan, serta nyeri yang anda alami.

Mengunyah Bawang

Mengatasi Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

Bawang merupakan salah satu bumbu masakan yang tidak pernah terlewatkan. Bawang memiliki aroma yang tajam dan tentunya tidak enak jika dikonsumsi langsung. Namun, mengunyah bawang merupakan salah satu cara alami yang bisa membantu meredakan sakit gigi dan gusi bengkak. Pasalnya, pada bawang terkandung antioksidan, antiseptik dan antimikroba, sehingga dapat membantu menghilangkan bakteri pada mulut dan membantu mengurangi sakit.

  • Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut, caranya yaitu dengan mengunyah langsung bawang.
  • Jika anda tidak bisa melakukan cara ini, anda bisa melakukan alternatif lainnya yaitu dengan meletakan potongan bawang pada gigi atau gusi yang sakit.
  • Selain itu, anda juga bisa menumbuk bawang 1 siung. Lalu tambahkan garam sebanyak 1 sendok teh untuk ditempelkan pada bagian yang sakit.

Menggunakan Minyak Cengkeh

Mengatasi Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

Cara ini juga diketahui relatif aman dilakukan ibu hamil untuk mengatasi sakit gigi. Pada cengkeh terkandung senyawa kimia yaitu eugenol yang memiliki sifat antiseptik, analgesik dan antibakteri. Sehingga akan melawan infeksi pada gigi dan gusi.

  • Caranya yaitu, silakan pada kapas teteskan minyak cengkeh dan minyak zaitun.
  • Lalu kapas tersebut ditempelkan selama beberapa menit pada gigi, serta gusi anda yang sakit.
  • Ketika melakukan cara ini usahakan jangan sampai mengenai lidah karena minyak cengkeh rasanya cukup kuat.

Menggunakan obat untuk mengatasi sakit gigi pada ibu hamil tidak disarankan, apalagi jika menggunakan obat yang dijual bebas. Untuk membantu meredakan sakit gigi, ibu hamil dapat mencoba kiat alami seperti di atas. Apabila cara di atas tidak membantu, anda bisa menemui dokter gigi agar mendapatkan penanganan yang tepat untuk ibu hamil.

Leave a Reply