6 Tips Pola Makan Agar Cepat Hamil

Tips Pola Makan Agar Cepat Hamil – Konsumsi makanan dapat mempengaruhi tingkat kesuburan. Dengan mengonsumsi  makanan yang mengandung gizi tepat, peluang hamil dapat meningkat. Nah, untuk anda dan pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, anda bisa menerapkan tips pola makan agar cepat hamil seperti berikut ini.

Pola Makan Agar Cepat Hamil

Tips Pola Makan Agar Cepat Hamil

Atur pola makan anda supaya cepat hamil dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Simak tips pola makan supaya cepat hamil di bawah ini.

Lihat juga : Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil

Pilih Karbohidrat Kompleks

Pola Makan Agar Cepat Hamil

Karbohidrat kompleks akan memberikan nutrisi untuk tubuh anda agar kesuburan meningkat. Selain itu, pada karbohidrat kompleks terkandung serat yang tinggi sehingga akan membantu tubuh untuk mengatur kadar gula darah. Jika gula darah dalam tubuh stabil, maka akan dapat membuat kesuburan meningkat.

Sehingga sebagai salah satu tips menerapkan pola makan agar cepat hamil, anda harus mengonsumsi buah-buahan, sayuran ataupun beras merah dengan kandungan karbohidrat kompleks.

Tingkatkan Asupan Protein

Pola Makan Agar Cepat Hamil

Selain memilih makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks, anda juga harus melengkapi menu makan dengan lauk-pauk yang mengandung protein.

  • Anda bisa mendapatkan protein dari tumbuhan atau protein nabati. Dimana protein jenis ini bisa didapatkan dari kacang-kacangan, tahu dan tempe.
  • Protein juga bisa anda dapatkan dari hewan. Anda bisa mendapatkannya dari daging ayam tanpa kulit, telur ayam, ikan dan daging sapi tanpa lemak. Ikan diketahui menjadi sumber nutrisi terbaik bagi calon ibu, serta janin sebab di dalamnya terkandung protein rendah lemak, juga mengandung asam lemak omega-3.
  • Sebaiknya kurangi asupan makanan dengan kandungan lemak trans atau daging merah.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Pola Makan Agar Cepat Hamil

Mengonsumsi buah dan sayur sangat disarankan. Makanan ini menjadi sumber antioksidan yang akan mencegah rusaknya sel, termasuk sel telur dan sel sperma.

Mengetahui seperti itu, anda dianjurkan untuk makan buah dan sayur minimal lima porsi per hari. Dimana satu porsinya ditakar dari 1 buah jeruk dengan ukuran sedang. Adapun buah dan sayur yang bisa anda konsumsi diantaranya jeruk, tomat, semangka, anggur, alpukat dan sayuran yang memiliki daun hijau.

Konsumsi Susu

Pola Makan Agar Cepat Hamil

Mengonsumsi susu juga menjadi salah satu tips pola makan agar cepat hamil. Jika dibandingkan susu rendah lemak, susu yang tinggi lemak akan bisa lebih membuat kesuburan dan peluang hamil meningkat.

  • Disarankan anda dan pasangan minum susu yang tinggi lemak, setidaknya sebanyak 1 gelas dalam sehari. Atau anda bisa mengikuti anjuran dari dokter.
  • Tidak hanya itu, yoghurt dan keju tinggi akan kandungan kalsium, sehingga baik dikonsumsi.

Hindari Konsumsi Makanan Cepat Saji dan Minuman Alkohol

Pola Makan Agar Cepat Hamil

Selain menerapkan pola makan di atas, anda juga sebaiknya menghindari beberapa minuman ataupun makanan yang dapat mengganggu kesuburan seperti :

  •  Makanan dan minuman yang mengandung alkohol. Berdasarkan penelitian, minum alkohol dengan berlebihan akan membuat kesuburan berkurang.
  • Makanan cepat saji. Menurut beberapa penelitian, terdapat efek negatif makanan ini terhadap fungsi reproduksi baik wanita ataupun pria.

Konsumsi Asam Folat

Pola Makan Agar Cepat Hamil

Asam folat diperlukan guna mencegah bayi lahir dengan cacat tabung saraf. Calon ayah dan ibu disarankan mengonsumsi suplemen asam folat 400 mikrogram perhari sejak kehamilan direncanakan.

Artikel lainnya : Cara Mengatasi Kram Perut Saat Hamil

  • Asam folat secara alami bisa didapatkan dari sayuran yang memiliki daun hijau seperti bayam, kacang-kacangan, jeruk dan gandum utuh.
  • Jika anda mengonsumsi suplemen asam folat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Itulah beberapa tips pola makan agar cepat hamil. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply