data-ad-format="auto"

Manfaat Mengunyah Makanan

Apakah anak anda tidak mau mengunyah makanan? Salah satu kasus yang ditemukan adalah seorang anak yang telah berusia batita, dia sudah mulai tidak mau mengunyah makanan pada usia 5 bulan sehingga makanan yang diberikannya langsung ditelan. Bahkan sampai pada usianya menginjak tiga tahun, anak ini belum memiliki keterampilan mengunyah.

Pada kasus di atas mungkin terdengar biasanya saja, kebanyakan orang tua berpikir bahwa makanan dengan porsi tertentu sudah mampu memenuhi kebutuhan bayi anda tanpa harus berpikir proses yang baik. Salah satu proses yang baik yang kadang terlupa adalah proses makan pada bayi dalam melatih keterampilan mengunyah dan menelan.

Mengunyah merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki bayi, proses yang dimulai dengan melibatkan otot dan rahang makanan kemudian diteruskan pada rongga dan gigi sehingga menjadi lembut dan juga lunak. Apabila anak anda melewati proses ini apa yang terjadi dengan makanannya?

Mengunyah penting untuk melumatkan makanan sehingga makanan lebih mudah untuk dicerna oleh lambung. Kebiasaan mengunyah lebih banyak dibentuk pada awal pemberian makanan pendamping ASI. Dalam melatih keterampilan mengunyah pada bayi memerlukan peran aktif dari anda sebagai orang tua salah satunya dengan memberikan stimulasi.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Berikut adalah pentingnya mengunyah makanan pada anak anda :

1. Membantu Proses Pencernaan dengan Enzim di Mulut

Dengan proses mengunyah maka proses untuk menghaluskan makanan menjadi tidak berat dikarenakan makanan yang dikunyah tidak terlalu lama dalam proses di lambung. Selain itu makanan dihaluskan di dalam mulut mendapatkan enzim dari air liur yang dapat membantu untuk memecah zat gizi dari makanan sehingga menjadi bagian kecil yang mudah di serap oleh darah.

2. Menguatkan Gusi dan Rahangnya

Dengan pemberian makanan yang bertektur secara bertahap maka anak anda akan belajar untuk mengunyah. Dengan makanan yang bertektur akan membantu dalam menguatkan gusi dan rahang terutama ketika anda memberikan makanan yang banyak mengandung serat. Dengan kata lain makanan yang mengandung serat membutuhkan proses mengunyah yang akan membantu dalam membersihkan mulut. Kebersihan rongga mulut yang bermasalah akan menimbulkan gangguan kesehatan mulut seperti sariawan, radang gusi yang akan menghambat makan.

3. Bahanan Makanan yang bervariatif untuk Kebutuhan Gizi

Dalam memilih jenis menu makan maka sebaiknya yang mudah dicerna, anda dalam mengurangi menu makanan yang keras atau alot. Kemudahan dalam mengunyah dapat didahulukan. Anda dapat mengatur menu setiap hari yang ervariasi dan juga menu yang dapat menambah nafsu makan anak anda. Kebanyakan anak-anak memilih milih menu makanan sehingga terkadang lebih terpaku dengan satu makan saja ketimbang makanan lainnya padahal sama sama mempunyai nilai gizi.

Dengan kata lain bagi anda yang sampai saat ini anak anda masih memuntahkan makanan mungkin salah satu diantaranya adalah keterampilan mengunyah yang kurang. Keterampilan mengunyah akan semakin bertambah ketika anda memberikan stimulasi pada anak anda. Dan jangan remehkan proses mengunyah setelah anda ketahui banyak manfaat yang membantu dalam menjaga kesehatan anak anda dengan mengunyah makanan.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us