Tips Mengajari Balita Mengunyah Makanan

2.89/5 (9)

Mengunyah makanan salah satu keterampilan makanan yang harus dimiliki balita. Keterampilan anak terdiri dari mengunyah dan menelan. Tentu saja keterampilan dalam mengunyah dan menelan pada balita membutuhkan waktu untuk membuatnya terbiasa. Keterampilan mengunyah dan menelan tidak secara otomatis dapat dimiliki oleh anak anda seiring bertambahnya usia. Keterampilan dalam mengunyah dan menelan makanan dapat diajarkan secara bertahap pada anak anda dengan melakukan stimulasi yang sesuai.

1. Pemberian makanan secara bertahap

Pemberian makanan secara bertahap merupakan salah satu stimulasi yang dapat dilakukan oleh anda untuk melatih keterampilan makan anak. Dengan memberikan makanan pada bayi secara tepat waktu yaitu pada usia  bayi 6 bulan, mampu melatih kemampuan mengisap dan menelan.Sehingga makanan yang tepat pada usia 6 bulan adalah makanan dengan tekstur yang lembut dan memiliki proporsi air yang lebih banyak.

2. Tesktur makanan yang diberikan pada bayi

Pemberian stimulasi pertama kali pada usia 6 bulan pada bayi dapat diberikan dengan cara melatih mengunyah dan memberikan stimulasi dengan tektur makanan. Anda dapat memberikan stimulasi dari makanan lembut menuju makanan yang kasar. Tentu saja ini memerlukan waktu adaptasi untuk bayi anda, maka makanan bayi dapat digolongkan sesuai dengan usia. Anda dapat menyesuaikan dengan tektur yang sesuai, selain itu bahan makanan untuk bayi harus dapat anda sesuiakan dengan usia bayi anda untuk menghindari masalah pencernaan atau alergi pada bayi.

3. Pemberian yang bertahap

Makanan pada bayi pertama kali memang diharuskan berupa tektur yang lembut seperti bubur susu kemudian secara bertahap pada makanan kasar seperti tim atau anda dapat menyajikan menu keluarga anda. Dalam pemberian secara bertahap terkadang kali anak anda memuntahkan. Memuntahkan makanan yang dilakukan pada bayi dapat digolongkan beberapa kondisi diantaranya adalah bayi kurang mendapatkan stimulasi sehingga belum mahir ketika mengunyah dan langsung ditelan.

4. Berikan contoh pada usia bayi pandai meniru

Taukah anda bahwa anak anda memiliki kemampuan untuk merekam dan meniru kebiasaan keluarga anda. Sehingga kemampuan yang dapat distimulasi pada anak anda adalah dengan memberikan contoh pada anak bagaimana kebiasaan anda makan. Pada saat itu anak anda akan merekam semua kebiasaan sehingga dapat menjadi proses pembelajaran dalam memberikan tahu cara mengunyah dan menelan.

Dari semua kesimpulan ketika melatih keterampilan makanan pada anak anda salah satu yaitu dengan memberikan stimulasi sesuai dengan usia bayi. Pemberian makanan yang sesuai dapat menjadi salah satu cara dalam menstimulasi anak anda. Apabila anak anda mengalami kesulitan dalam keterampilan makanan, mengunyah dan menelan pada usia anak anda melebihi sembilan bulan lebih maka anda dapat memberikan makana yang mampu diterimanya akan tetapi bukan berarti terus menerus diberikan makanan yang bertekstur lembut seperti bubur, kenalkan dengan variasi yang menarik menu makanan yang sesuai denga usianya.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply