Inilah Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

4.83/5 (12)

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan – Kelor merupakan tumbuhan dari suku Moringaceae. Pohon kelor memiliki ketinggian hingga mencapai 711 meter. Daunnya berbentuk bulat dengan ukuran kecil yang bersusun dengan majemuk dalam satu tangkai. Memiliki bunga berwarna putih kekuningan dengan aromanya yang semerbak. Pohon kelor juga berbuah dengan bentuk segitiga memanjang yang disebut dengan kelentang dan biasanya diolah menjadi sayur. Tanaman ini bisa tumbuh dengan cepat dan berumur panjang, sepanjang tahun berbunga, hingga tahan pada kondisi panas yang ekstrim. Berasal dari daerah tropis dan subtropis di Asia Selatan, tanaman ini umumnya digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai pangan dan obat tradisional.

Tanaman kelor mengandung berbagai zat yang ampuh dalam mengatasi masalah kesehatan, hingga kecantikan. Tanaman ini mempunyai 90 kandungan zat gizi lengkap, dengan 46 jenis antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. Biasanya bagian yang sering dimanfaatkan dari pohon kelor yaitu daunnya. Bukan hanya mitos belaka, manfaat daun kelor untuk kesehatan ataupun kecantikan sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menobatkan tanaman kelor sebagai pohon ajaib setelah dilakukannya studi. Ditemukan bahwa kelor telah berjasa sebagai penambah kesehatan murah di negara-negara termiskin dunia selama 40 tahun.

Daun kelor mengandung potasium 3 kali lipat lebih banyak dibandingkan pisang. Memiliki kandungan kalium 4 kali lebih banyak dibandingkan susu, mengandung vitamin A 4 kali lebih banyak dari sayuran wortel, protein lebih banyak 2 kali lipat dari  susu dan vitamin C 7 kali lipat lebih banyak dari jeruk.

Nah, mengetahui begitu banyaknya nutrisi yang terkandung pada daun kelor, saat ini anda tidak perlu ragu lagi akan kehebatan daun kelor. Anda bisa memanfaatkan daun kelor untuk mengobati berbagai penyakit dengan alami. Ingin tahu apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan yang jarang diketahui? Simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Manfaat daun kelor

Kelor erat kaitannya dengan hal-hal mistis. Bahkan banyak beredar di tengah-tengah masyarakat tentang mitos daun kelor tersebut. Namun, di samping mitos yang beredar kita patut berbangga karena memiliki tanaman kelor yang kaya akan manfaat, khususnya untuk kesehatan. Daun kelor mampu mengobati berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh.  Berikut ini manfaat daun kelor  untuk kesehatan yang jarang diketahui. ( Baca juga : Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan )

Mengobati Penyakit Kanker

Kanker merupakan penyakit yang disebabkan karena pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali, sehingga akan merusak jaringan tubuh normal. Sel kanker tidak akan mati dengan sendirinya namun akan terus memperbanyak diri hingga tidak mampu dikendalikan. Sel kanker akan tubuh dengan agresif dan dapat menyebar ke bagian tubuh yang lainnya membentuk jaringan baru. Kanker menjadi penyakit yang berbahaya dan mematikan.

Berdasarkan hasil penelitian dalam jurnal Oncology Letters, daun kelor bermanfaat untuk mengobati penyakit kanker. Daun kelor yang diekstrak dengan dilarutkan ke dalam air mampu membantu mengobati penyakit kanker dengan alami. Penyakit kanker yang dapat diobati dengan menggunakan daun kelor yaitu kanker paru, kanker payudara, hingga kanker kulit.

Daun kelor kaya akan kandungan lemak, karotenoid, protein, vitamin C, potasium, zat besi dan nutrisi penting yang lainnya. Dimana zat ini akan dapat mencegah, serta membasmi sel kanker pada tubuh. Selain itu, zat niazimin juga terkandung pada daun kelor yang akan mencegah berkembangnya sel kanker. Antioksidan juga terkandung dalam daun kelor yang  bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, serta antiinflamasi yang akan membantu meredakan peradangan pada kanker. Untuk menangkal kanker, daun kelor bisa dikonsumsi dengan dijadikan sayuran atau air hasil rebusan daun kelor.

Daun kelor memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya mengobati penyakit kanker.

Kesehatan Mata

Siapa sangka, ternyata daun kelor juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Selama ini anda mungkin hanya tahu bahwa kesehatan mata bisa didapatkan dari sumber makanan yang mengandung vitamin A dan berwarna merah seperti tomat, wortel, pepaya dan lain sebagainya.  Meskipun daun kelor tidak berwarna merah seperti sumber makanan lainnya yang bagus untuk kesehatan mata, akan tetapi daun kelor mengandung vitamin A yang banyak. Diketahui dalam  100 gram daun kelor mengandung 3390 SI vitamin A. Kandungan tersebut tentunya lebih banyak jika dibandingkan dengan wortel.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh memiliki peranan penting untuk mencegah tubuh terserang oleh infeksi virus ataupun bakteri yang menyebabkan penyakit. Diperlukan asupan nutrisi terbaik supaya sistem kekebalan tubuh kondisinya tetap optimal. Daun kelor mengandung nutrisi yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Daun kelor bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C, vitamin A, serta zat besi yang akan mampu meningkatkan produksi sel darah merah dan sel darah putih yang mana secara langsung dapat membantu menjaga sistem imun tubuh.

Menjaga Fungsi Otak

Daun kelor memiliki manfaat yang besar dalam menjaga fungsi otak supaya pikiran dan mood tetap stabil. Daun kelor memiliki peran sebagai neurotransmitter, serta sebagai senyawa tiroid yang akan mampu menjaga kestabilan psikis. Jika anda mengonsumsi daun kelor dengan teratur akan memperkecil risiko terjadinya depresi atau hal-hal lainnya  yang memiliki kaitan dengan kondisi psikis dan mood.

Menjaga Sistem Pencernaan

Masalah sistem pencernaan seperti penyakit maag dapat dipicu karena terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, berminyak, berlemak dan lain sebagainya. Penyakit ini dianggap sebagai salah satu penyakit yang umum terjadi karena banyak orang yang mengalaminya. Daun kelor dapat membantu menyehatkan pencernaan. Manfaat daun kelor untuk pencernaan memiliki kaitan erat dengan peran daun kelor sebagai anti-inflamasi. Diketahui, jika seseorang mengonsumsi daun kelor dengan rutin akan membuat kondisi sistem pencernaannya menjadi lebih baik, serta gejala dari penyakit maag akan berkurang.

Mengatasi Penyakit Kulit

Penyakit kulit akan menimbulkan berbagai gejala yang akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman, seperti gatal-gatal ataupun muncul bercak pada kulit yang akan mengurangi rasa percaya diri. Untuk mengatasi masalah kulit banyak orang yang mempercayakan pada daun kelor. Dalam daun kelor terkandung antiseptik yang dapat membunuh kuman atau bakteri penyebab penyakit kulit. Beberapa penyakit kulit yang bisa diatasi dengan menggunakan daun kelor yaitu gatal-gatal karena alergi, penyakit herpes, kulit bernanah dan luka.

Untuk mengatasi masalah kulit dengan menggunakan daun kelor, anda cukup menumbuk daun kelor sampai halus. Kemudian tempelkan pada bagian kulit yang bermasalah. Agar hasilnya maksimal sebaiknya lakukan cara ini dengan rutin.

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol merupakan lemak yang terdapat pada sel tubuh atau aliran darah. Kolesterol itu sendiri terbagi menjadi dua yakni kolesterol baik yang bermanfaat sebagai cadangan metabolisme tubuh dan kolesterol jahat yang akan memicu munculnya berbagai penyakit pada tubuh.

Kadar kolesterol yang berlebihan pada tubuh akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Apabila kolesterol kadarnya tinggi akan menyebabkan penumpukan pada pembuluh darah sehingga akan menghambat aliran darah. Akibatnya akan memicu munculnya penyakit stroke dan jantung koroner.

Sangat penting untuk mencegah tingginya kadar kolesterol agar terhindar dari berbagai penyakit yang membahayakan. Hanya saja, jika kadar kolesterol sudah tinggi maka perlu cara untuk menurunkan kadar kolesterol. Nah, daun kelor diketahui bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dengan alami.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tikus sebagai uji coba menunjukan bahwa ekstrak daun kelor dapat menurunkan kolesterol karena peran senyawa bio aktif yang terkandung pada daun kelor, yakni sitosterol . Sitosterol yang disebut juga sebagai beta sitosterol akan meningkatkan fungsi usus dalam penyerapan kolesterol sehingga kadar kolesterol akan turun.

Menurunkan Kadar Gula

Kandungan yang terdapat pada daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Daun kelor juga bisa dijadikan sebagai insulin alami tubuh. Bagi anda yang tidak menderita penyakit diabetes, anda bisa mencegahnya dengan konsumsi sayur daun kelor dengan rutin.

Daun kelor bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah karena beberapa kandungan di dalamnya. Daun kelor mengandung zat seng atau mineral yang diperlukan untuk memproses insulin. Berdasarkan penelitian, para penderita yang mengonsumsi daun kelor dengan rutin kadar gulanya lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi daun kelor.

Meningkatkan Produksi ASI

ASI atau air susu ibu merupakan asupan pertama dan utama untuk bayi, khususnya  bayi berusia di bawah 6 bulan. Si kecil akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dari ASI. Oleh karena itu, setiap ibu akan berusaha untuk memberikan asi yang berkualitas untuk buah hatinya. Hanya saja, terkadang ibu mengalami masalah yang menyebabkan menurunnya produksi ASI. Apabila produksi ASI menurun, maka kebutuhan bayi tidak akan tercukupi.

Daun kelor memiliki manfaat untuk ibu menyusui. Daun kelor dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Meskipun tidak populer seperti daun katuk, akan tetapi manfaat daun kelor untuk ibu menyusui tidak kalah baiknya. Daun kelor mengandung nutrisi yang banyak, vitamin, protein, dan mineral yang baik bagi ibu menyusui untuk meningkatkan produksi ASI.

Senyawa flavonoid yang terkandung pada daun kelor akan membuat ASI berlimpah. Selain itu, kandungan zat besi yang cukup tinggi akan mencegah ibu menyusui terhindar dari masalah anemia atau kurang darah. Vitamin C yang cukup tinggi terkandung dalam daun kelor yang akan menjaga daya tahan tubuh ibu menyusui. Sebagai booster ASI, anda bisa mengolah daun kelor sebagai sayur bening atau tumisan. ( Lihat juga : Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan)

Menambah Tenaga

Daun kelor tinggi akan kandungan zat besi dan kalsium. Dimana kedua kandungan tersebut memiliki peran penting untuk pembentukan energi dalam sel. Oleh karena itu, daun kelor seringkali dimanfaatkan untuk meningkatkan energi saat tubuh sedang kelelahan baik karena sakit atau kegiatan yang padat.

Mencegah Penyakit Hati

Berdasarkan penelitian, daun kelor bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati. Masalah yang seringkali terjadi pada hati yaitu fibrosis atau rusaknya jaringan. Daun kelor berperan untuk memperbaiki jaringan yang luka atau rusak pada hati. Apabila anda rutin mengonsumsi daun kelor, efeknya dapat mencegah jaringan hati mengalami kerusakan yang akan berkembang menjadi penyakit sirosis.

Mengurangi Peradangan

Peradangan pada tubuh terjadi karena respon tubuh dalam melawan infeksi. Hanya saja, jika terjadi dalam jangka waktu yang lama peradangan justru akan menyebabkan timbulnya penyakit kronis yang berbahaya. Untuk mencegah terjadinya peradangan anda dapat memanfaatkan daun kelor. Daun kelor mengandung Isothiocyanates yang sifatnya sebagai anti peradangan.

Anti Racun Arsenik

Jenis makanan tertentu, contohnya beras dan air bisa terkontaminasi oleh racun arsenik. Konsumsi racun arsenik dalam jangka panjang akan menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Daun kelor dapat mengurangi efek negatif racun arsenik. Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat pada daun kelor berperan untuk melawan racun arsenik. Walaupun penelitian pada manusia belum ada, namun manfaat daun kelor ini menjadi penemuan yang menjanjikan.

Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium pada  daun kelor 4 kali lebih tinggi dibandingkan kalsium yang terkandung pada susu sapi. Belum lagi kandungan protein dan vitamin K yang tinggi menjadikan manfaat daun kelor semakin menakjubkan. Ketiganya memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tulang seperti memastikan pertumbuhan tulang tetap sehat, mencegah masalah tulang contohnya osteoporosis.

Mengobati Cacingan

Cacingan merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi cacing pada usus manusia. Cacing  yang berada pada usus bertahan hidup dengan mengambil sari makanan yang kita konsumsi. Penyakit ini umumnya dialami oleh anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa pun mengalaminya.

Cacingan pada anak biasanya disebabkan karena makanan yang telah terkontaminasi telur cacing, anak bermain kotor-kotoran di tanah yang lembab atau basah yang terdapat telur cacing, cara memasak yang kurang baik misalkan kurang matang atau setengah matang, kurang menjaga kebersihan anus dan lain sebagainya. Untuk mengobati cacingan cara alami bisa dilakukan. Daun kelor diketahui memiliki khasiat untuk mengobati cacingan.

Sebagai Antioksidan

Daun kelor memiliki fungsi sebagai antioksidan. Antioksidan itu sendiri merupakan senyawa yang berperan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, zat ini sangat berbahaya untuk tubuh karena dapat menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya kanker. Tubuh bisa mendapatkan radikal bebas dari lingkungan, misalkan dari paparan sinar matahari, asap rokok, radiasi, ozon, polusi udara, asap kendaraan, bahan kimia, minuman ataupun makanan. Selain itu, tubuh kita juga menghasilkan radikal bebas.

Apabila radikal bebas pada tubuh terlalu banyak, akibatnya akan mengalami stres oksidatif. Stres oksidatif itu sendiri merupakan suatu keadaan dimana dalam tubuh radikal bebas lebih banyak dibandingkan antioskidan. Hal ini akan memicu terjadinya kerusakan sel. Stres oksidatif ini kemudian akan menyebabkan timbulnya penyakit.

Dalam daun kelor terkandung antioksidan. Berdasarkan penelitian pada wanita, menggunakan 7 gram bubuk daun kelor setiap harinya dalam tiga bulan mampu meningkatkan kadar antioksidan darah secara signifikan.

Mengobati Arthritis

Daun kelor bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit dari beberapa bentuk penyakit rematik. Daun kelor bermanfaat untuk mengurangi sakit pada sendi, serta penumpukan asam urat yang terdapat pada sendi dapat berkurang sehingga akan membantu mengobati penyakit rematik, serta asam urat.

Mengatasi Pegal Linu

Manfaat daun kelor untuk kesehatan lainnya yaitu dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi pegal linu. Pegal linu akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan tentunya akan mengganggu aktivitas.  Untuk membantu mengatasi pegal linu, daun kelor diketahui memiliki khasiatnya.

Dengan demikian, manfaat daun kelor untuk kesehatan sangat banyak dan dapat membantu anda dalam mengatasi dan mencegah berbagai masalah kesehatan secara alami. Semoga informasi yang kami berikan tentang manfaat daun kelor untuk kesehatan bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel