21 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

5/5 (19)

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan – Buah naga kaya akan kandungan nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah naga berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Namun, sekarang buah yang satu ini banyak dibudidayakan di negara Asia seperti Vietnam, Taiwan, Indonesia, Filipina dan Malaysia.

Buah naga di bawa ke Vietnam oleh orang Perancis dari Guyana pada tahun 1870 sebagai tanaman hias. Sejak itu, di negara-negara Asia buah naga dibudidayakan. Buah naga dianggap sebagai pembawa berkah oleh orang Vietnam dan Tiongkok. Sehingga buah ini selalu di simpan di atas meja di antara dua patung naga hijau. Dimana warna merah dari buah naga terlihat mencolok dari patung naga. Oleh karena itu, buah naga disebut sebagai thang loy. Thang loy dalam bahasa Inggris disebut dengan dragon fruit, dari sanalah buah ini disebut sebagai buah naga.

Buah naga memiliki segudang manfaat untuk kehidupan sehari-hari, baik untuk kesehatan ataupun untuk kecantikan. Buah naga rendah akan kandungan kalori namun kaya akan nutrisi termasuk, vitamin B, vitamin C, fosfor, protein, kalsium, fiber, captin, antioksidan dan lain sebagainya.

Nah,  bagi anda yang ingin tahu apa saja manfaat buah naga untuk kesehatan anda bisa langsung simak pada pembahasan di bawah ini.

Selain memiliki rasa yang enak dan tampilan yang cantik, buah naga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat buah naga untuk kesehatan

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Buah yang memiliki kulit berwarna merah dengan bentuk yang unik, serta biji kecil berwarna hitam ini selain memiliki rasa yang lezat juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan.

1. Mencegah Penyakit Kanker

Pada buah naga terkandung fitoalbumin yang mana jika dikombinasikan dengan vitamin C, serta mineral yang lainnya akan mampu mencegah penyakit berbahaya, yakni kanker. Penyakit yang satu ini disebabkan karena tidak terkendalinya pertumbuhan sel-sel abnormal yang akan menyebabkan jaringan tubuh yang normal rusak.

Selain kandungan fitoalbumin yang bermanfaat untuk mencegah kanker, likopen yang terkandung pada buah naga juga memberikan manfaatnya. Antioksidan ini memiliki efek kemopreventif untuk penyakit kanker prostat, liver, paru-paru, payudara dan kulit.

Berdasarkan hasil penelitian yang dimuat dalam Nutrition and Cancer menyatakan bahwa sel kanker pada tubuh akan kesulitan untuk bertahan hidup apabila bersentuhan dengan likopen. Selain itu, berdasarkan hasil evaluasi menunjukan bahwa jumlah sel kanker yang terdapat pada rahim mengalami penurunan saat pasien mendapatkan likopen yang cukup. Dimana buah naga menjadi salah satu sumber likopen. Dalam memilih buah naga pastikan anda memilih buah naga yang organik karena bebas dari kandungan pestisida. ( Baca juga : Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan )

2. Menyehatkan Jantung

Selain bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker, buah naga yang terkenal dengan sebutan pitaya ini juga bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung. Buah naga mampu meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat. Berdasarkan studi menunjukan bahwa dengan mengonsumsi buah naga risiko penyakit tekanan darah tinggi dan jantung akan menurun. Selain itu, buah naga juga merupakan lemak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh penting dilakukan, terlebih lagi saat cuaca tidak menentu seperti saat ini. Daya tahan tubuh yang menurun akan menyebabkan anda mudah terserang penyakit. Tubuh manusia pada dasarnya memiliki sistem imunitas dalam melawan mikroorganisme yang akan menyebabkan masalah kesehatan. Namun meskipun begitu, sistem imunitas juga bisa gagal dalam mencegah penyakit. Kuman terkadang tetap bisa masuk ke dalam tubuh yang akan menyebabkan anda jatuh sakit, apalagi jika daya tahan tubuh anda sedang dalam keadaan lemah atau menurun. Oleh karena itu, agar terhindar dari masalah kesehatan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Nah, konsumsi buah naga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan antioksidan lain aktivitasnya akan terangsang. Tingginya vitamin C, fitoalbumin  dan mineral akan mampu memerangi radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin B2, vitamin B1, vitamin B3, kalsium, zat besi, fosfor, niasin, protein dan serat memberikan kontribusi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Mencegah dan Mengatasi Diabetes

Buah naga tinggi akan kandungan serat. Seperti yang kita ketahui selama ini, serat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Namun, selain itu serat memiliki manfaat yang lainnya yakni untuk mengatur atau mengontrol kadar gula darah, juga dapat membantu untuk mencegah terjadinya lonjakan gula setelah mengonsumsi makanan indeks glikemik tinggi.

Vitamin B3 juga terkandung pada buah naga. Kandungan vitamin B3 yang tinggi pada buah naga diketahui dapat mencegah dan mengatasi penyakit diabetes, terlebih lagi penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2 yang biasanya paling sering banyak dialami.

5. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi menjadi salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami. Apabila kondisi ini tidak segera dikendalikan, kadar kolesterol yang sangat tinggi akan menyebabkan penyakit stroke sampai serangan jantung.

Kolesterol itu sendiri merupakan senyawa yang sifatnya mirip dengan lemak, hidup dengan alami pada hampir setiap bagian tubuh. Kolesterol sebenarnya diproduksi oleh hati, namun bisa juga datang melalui makanan yang kita konsumsi.

Buah naga memiliki khasiat untuk membantu menurunkan kolesterol. Pada buah naga mengandung tinggi air dan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh pada buah naga baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Dengan kandungan lemak tak jenuh ganda, kolesterol akan diikat sehingga akan mencegah penumpukan pada pembuluh darah dan diluruhkan. Selain itu, kandungan ini akan menjaga kadar gula darah supaya tetap stabil serta membuat aliran darah menjadi lebih lancar.

6. Mencegah Anemia

Anemia menjadi salah satu penyakit yang sering dialami oleh masyarakat. Anemia itu sendiri merupakan suatu keadaan dimana sel darah merah lebih rendah dari batas normal. Anemia juga dapat terjadi apabila sel darah merah tidak mengandung hemoglobin cukup, yang merupakan protein kaya akan zat besi yang memberikan warna merah pada darah. Dimana protein ini akan membantu sel darah merah dalam membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Buah naga bermanfaat untuk mencegah anemia karena mengandung zat besi. Zat besi bekerja meningkatkan produksi hemoglobin dan produksi sel darah merah. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah naga akan meningkatkan penyerapan terhadap zat besi oleh tubuh.

7. Kesehatan Ibu Hamil

Khasiat buah naga untuk ibu hamil sudah tidak diragukan lagi. Vitamin dan mineral yang terkandung pada buah naga bagus untuk perkembangan janin. Buah naga kaya akan kandungan vitamin C. Dimana mengonsumsi vitami C ketika hamil baik untuk ibu ataupun janin dalam kandungan. Janin membutuhkan vitamin C untuk menjaga serta melindungi kesehatan sel, pembentukan kolagen pada kulit, tulang, serta pembuluh darah. Hanya saja, disarankan untuk lebih bijak dalam mengonsumsi vitamin C karena jika kelebihan akibatnya akan memicu kelahiran prematur.

Buah naga mengandung karbohidrat yang memiliki peran penting untuk ibu hamil, serta bermanfaat baik bagi pertumbuhan janin. Sedangkan kandungan antioksidan pada buah naga berperan untuk menangkal radikal bebas, mengendalikan kadar kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah tumbuhnya sel kanker dan bermanfaat untuk perkembangan otak janin.

Buah naga juga menjadi sumber serat yang bermanfaat untuk mencegah sembelit  dan membantu mengeluarkan racun. 100 gram buah naga mengandung 3 gram serat. Anda bisa mengonsumsi sumber makanan lainnya untuk mencukupi kebutuhan serat.

Kandungan zat besi pada buah naga berperan penting bagi pertumbuhan janin. Mengonsumsi zat besi dengan cukup akan mencegah anemia pada ibu hamil dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Riboflavin terkandung pada buah naga yang bermanfaat untuk menghasilkan energi. Bagi janin, kandungan ini bermanfaat untuk pertumbuhan tulang, saraf dan otot.

8. Mengatasi Masalah Pernapasan

Beberapa masalah pernapasan seperti asma dan flu tentu akan membuat anda tersiksa. Meskipun tidak setara dengan obat pernapasan, tetapi buah naga diketahui mampu meringankan masalah pernapasan.

Dengan mengonsumsi buah naga, masalah pernapasan seperti batuk dan flu efeknya akan berkurang. Selain itu, vitamin C pada buah naga mampu mencegah penyakit dan menjadikan anda lebih kuat terhadap masalah pernapasan.

9. Kesehatan Gigi dan Tulang

Pada buah naga juga terkandung kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kepadatan dan kesehatan tulang. Nutrisi, protein dan kalsium pada buah naga, berdasarkan penelitian berperan untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah masalah osteoporosis. Selain baik untuk kesehatan tulang, juga bermanfaat untuk menjaga agar gigi dan gusi tetap sehat dan terhindar dari masalah.

10. Meningkatkan Metabolisme

Kandungan protein pada buah naga berkhasiat untuk menjaga metabolisme tubuh dan mempercepat perbaikan sel-sel pada tubuh. Ini tentunya bermanfaat, terutama bagi mereka yang sedang menjalankan program diet atau membentuk massa otot.

11. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah naga tinggi akan kandungan serat yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, pergerakan perut dan dapat menstimulasi gerakan peristaltik, karena buah ini dapat melindungi anda dari masalah iritasi perut, sembelit  hingga kanker perut. Prebiotik alami yang terkandung pada buah ini menurut penelitian bermanfaat untuk kelancaran sistem pencernaan.

12. Meredakan Batuk

Batuk menjadi salah satu masalah kesehatan yang umum dialami. Batuk yang tidak kunjung berhenti akan mengganggu aktivitas, karena tubuh akan lemah. Hal ini disebabkan karena otot pada sekitar dada akan terasa nyeri dan membuat tenggorokan sakit.

Buah naga dapat membantu meredakan batuk. Vitamin B3 terkandung pada buah naga yang akan meredakan batuk membandel yang anda alami. Khasiat buah naga untuk membantu meredakan batuk tentu akan sangat membantu anda. Anda bisa mengimbangi pengobatan batuk dengan mengonsumsi buah naga.

13. Kesehatan Mata

Betakaroten yang tinggi, yang merupakan bagian dari vitamin A terkandung dalam buah naga. Zat tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan melindungi penglihatan. Bagi anda yang bekerja di depan komputer atau sering main hp, anda bisa sering mengonsumsi jus buah naga agar kesehatan mata anda tetap terjaga. Tidak hanya menjaga kesehatan mata saja, karena anda juga akan mendapatkan manfaat baik buah naga lainnya untuk kesehatan.

14. Meningkatkan Nafsu Makan

Tidak nafsu makan tentu menjadi masalah untuk anda yang kekurangan berat badan atau terus menerus mengalami penurunan berat badan. Nafsu makan yang berkurang bisa menjadi efek obat, stres atau baru pulih dari sakit. Biasanya susah makan juga sering dialami oleh anak-anak.

Anda tentu paham betul akan pentingnya mengonsumsi berbagai  makanan supaya tubuh tetap sehat. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan nafsu makan.

Nah, kandungan vitamin B1 serta vitamin B2 pada buah naga dapat meningkatkan nafsu makan jika anda mengonsumsinya dengan rutin.

15. Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan akan meningkatkan risiko berbagai penyakit. Berat badan yang ideal lebih baik untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga berat badan supaya terhindar dari masalah yang timbul karena kelebihan berat badan. Selain demi kesehatan, biasanya banyak orang yang berusaha menurunkan berat badan untuk menjaga penampilan.

Memasukan buah naga ke dalam daftar makanan saat anda sedang berusaha  menurunkan berat badan adalah pilihan yang tepat. Buah naga hanya mengandung sedikit kalori. Dimana buah naga seberat 198 gram hanya mengandung 60 kalori.

Buah naga mengandung protein, sedikit lemak dan karbohidrat. Meskipun buah ini mengandung karbohidrat tetapi bukan berarti buah ini tidak bagus untuk program diet yang anda jalankan.

Pada buah naga terkandung sebanyak 90% air dan tinggi akan kandungan serat, yang mana jika anda mengonsumsinya akan membuat perut kenyang lebih lama. Selain bagi wanita, manfaat buah naga untuk menurunkan berat badan juga bagus untuk pria.

16. Menetralkan Racun Pada Tubuh

Buah naga berkhasiat untuk menetralkan racun pada tubuh. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penelitian yang dilakukan. Anda bisa menetralisir racun pada tubuh dengan mengonsumsi buah naga.

17. Mengatasi Sakit Tenggorokan dan Sariawan

Tingginya kandungan vitamin C pada buah naga bisa membantu mengatasi sariawan dan sakit tenggorokan yang anda alami. Mengonsumsi buah naga secara teratur akan dapat memenuhi kebutuhan vitamin C sehingga efeknya, sariawan serta sakit tenggorokan yang anda alami lambat laun akan sembuh.

18. Kesehatan Ginjal

Buah naga memiliki kemampuan untuk detoksifikasi yang akan membantu mengeluarkan racun pada tubuh dan baik untuk kesehatan ginjal, serta kesehatan saluran kemih.

19. Menangkal Bakteri

Bakteri dan jamur akan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Mengonsumsi buah naga dapat membantu mencegah masalah kesehatan yang ditimbulkan. Penyakit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri tersebut bisa diatasi dengan senyawa aktif pada buah naga. Selain itu, buah naga dapat mempercepat penyembuhan luka.

20. Mencegah Tumor

Selain buahnya, kulit buah naga juga bermanfaat untuk kesehatan. Kulit buah naga bermanfaat untuk mencegah tumor. Dalam kulit buah naga terkandung senyawa aktif yang akan membantu menghambat pertumbuhan tumor. Penyakit tumor tentunya berbahaya karena akan dapat memicu penyakit yang lainnya seperti kanker dan lain sebagainya. Untuk mencegah tumor anda bisa mengonsumsi buah naga yang dijadikan seduhan teh. ( Lihat juga : Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan )

21. Menjaga Kesehatan Syaraf

Syaraf berperan penting dalam tubuh. Sistem syarat mengatur kinerja tubuh kita, sehingga apabila ada masalah sedikit saja akibatnya akan fatal. Sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan syaraf. Menurut penelitian, buah naga kaya akan nutrisi yang dapat meningkatkan kerja syaraf dan menjaga kesehatan syaraf.

Dengan demikian, manfaat buah naga untuk kesehatan sudah tidak bisa diragukan lagi. Mengetahui bagusnya manfaat buah naga untuk kesehatan, kini anda jangan ragu lagi memasukan buah naga ke dalam daftar buah-buahan yang anda konsumsi. Semoga bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel