15 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

4.85/5 (13)

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan – Minyak zaitun berasal dari Eropa, Yunani. Dibandingkan dengan jenis minyak yang lainnya, minyak zaitun diklaim lebih sehat karena mengandung tinggi antioksidan, serta minyak tak jenuh yang bermanfaat baik untuk kesehatan.

Karena tingginya kandungan polifenol pada minyak zaitun, minyak ini kerap kali dimasukan ke dalam pola diet Mediterania. Dimana diet ini biasanya dilakukan oleh penderita penyakit jantung atau hipertensi. Selain itu, minyak ini menjadi menu wajib bagi mereka yang menjalankan pola hidup sehat.

Minyak zaitun terkenal akan manfaat baiknya untuk kesehatan, kecantikan ataupun urusan dapur. Berdasarkan USFDA, pada satu sendok makan minyak zaitun terkandung :

  • 119 kalori
  • 13.50 gr lemak
  • o karbohidrat
  • 2 gr lemak jenuh
  • 0 fiber
  • 0 protein
  • 1.8 mg vitamin E
  • 8.1 micro gram vitamin K

Apa saja manfaat minyak zaitun untuk kesehatan? Sebelum mengetahuinya, penting untuk mengenal beberapa jenis minyak zaitun.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Jenis-Jenis Minyak Zaitun

Ada beberapa jenis minyak zaitun. Agar anda tidak salah memilih, simak jenis-jenis minyak zaitun berikut ini:

  • Extra Virgin Olive Oil

Minyak zaitun extra virgin merupakan minyak zaitun hasil dari perasan pertama sari buah zaitun, sehingga tinggi akan kandungan polifenolnya. Minyak zaitun jenis ini paling sehat karena proses pengolahannya tidak terlalu banyak. Minyak zaitun ini memiliki ciri khas pada rasanya yang sedikit pedas dan pahit. Dimana rasa pahit tersebut menandakan tingginya oleuropein yang terkandung pada minyak zaitun yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah. Apabila rasanya semakin pahit, maka kualitas dari minyak zaitun akan semakin baik.

Minyak zaitun ini bisa digunakan untuk campuran salad, menggoreng dengan suhu rendah, menumis atau merebus makanan.

  • Virgin Olive Oil

Sama seperti minyak zaitun extra virgin, minyak zaitun ini juga tidak melalui proses penyaringan. Hanya saja, minyak zaitun jenis ini rasanya lebih ringan jika dibandingkan dengan minyak zaitun extra virgin. Tingkat keasamannya lebih tinggi 2 persen. Selain itu, kalori serta titik didihnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan minyak zaitun extra virgin. Minyak zaitun jenis ini biasanya digunakan untuk menggoreng makanan yang mengandung lemak rendah.

  • Refined Olive Oil

Minyak zaitun jenis ini adalah minyak zaitun jenis virgin namun melalui proses penyaringan. Minyak ini dikhususkan untuk memasak makanan, sehingga rasa buah zaitunnya tipis atau bahkan tidak terasa.

Karena proses penyaringannya tersebut akan mempengaruhi antioksidan yang terkandung di dalamnya. Mengandung antioksidan yang rendah, daya tahan minyak ini lebih lama. Minyak zaitun jenis ini juga biasanya ditambahkan vitamin E.

  • Pure Olive Oil

Minyak zaitun jenis pure olive oil merupakan campuran virgin olive oil dan refined olive oil. Aroma, rasa dan tingkat antioksidan pada minyak zaitun jenis ini tergantung pada kandungan yang ada pada minyak zaitun jenis virginnya.

Minyak zaitun jenis ini biasanya digunakan untuk  mengasap daging atau menggoreng makanan dengan cara deep-fry.

  • Lite/Light Olive Oil

Minyak zaitun jenis ini sudah melalui filterisasi lebih banyak untuk menghilangkan aroma, warna , serta rasanya. Karena proses pengolahan ini, minyak zaitun jenis light digunakan ketika memasak dengan cara deep-fry atau digunakan untuk memanggang makanan karena cita rasanya tidak kuat. ( Baca juga : 21 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan )

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Khasiat minyak zaitun untuk kesehatan tidak bisa diragukan lagi. Berikut ini manfaat minyak zaitun untuk kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Minyak zaitun tinggi akan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal. Minyak ini tentunya sehat jika digunakan sebagai minyak untuk memasak. Minyak zaitun bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, serta mencegah seseorang menderita penyakit jantung.

Pada diet Mediteranian, minyak zaitun menjadi salah satu bagian penting karena terbukti sehat untuk jantung. Pasien yang  menderita penyakit jantung yang menjalankan diet Mediterania diketahui memiliki risiko kematian yang rendah karena penyakitnya.

Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa risiko penyakit jantung bisa berkurang dengan manfaat minyak zaitun. Lemak tak jenuh tunggal yang terkandung pada minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol, serta menormalkan pembekuan darah.

2. Mencegah Kanker Kulit dan Payudara

Selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, minyak zaitun juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Minyak zaitun memiliki sifat inflamasi dan antioksidan, serta mengandung phenolic dan vitamin E yang mampu mencegah serta mengurangi risiko penyakit kanker, khususnya penyakit kanker kulit dan kanker payudara. Untuk mendapatkan manfaat dari minyak zaitun, anda bisa menggunakannya dengan bersamaan baik konsumsi ataupun dioleskan di luar tubuh.

Minyak zaitun yang digunakan sebagai tabir surya pada kanker kulit menjadi cara terbaik untuk mencegah dari pengaruh buruk sinar matahari yang berbahaya, yakni UVA dan UVB. Hal ini bermanfaat untuk mencegah mаlignаnt mеlаnоmа atau kanker kulit yang berbahaya.

Sedangkan untuk kasus kanker payudara seringkali terjadi karena konsumsi lemak jahat yang terlalu banyak. Kandungan lemak yang terdapat pada minyak zaitun dapat melawan tumor yang akan berkembang menjadi kanker payudara. Kandungan minyak zaitun berupa lemak tak jenuh, asam oleat, serta senyawa bioaktif seperti antioksidan bermanfaat untuk membantu mengatasi tumor.

3. Mengobati Alzheimer

Penyakit alzheimer merupakan penyakit otak yang dapat menyebabkan penurunan daya ingat, kemampuan berbicara dan berpikir , serta berubahnya perilaku dengan bertahap. Biasanya penyakit yang satu ini dialami oleh orang berusia di atas 65 tahun.

Berdasarkan penelitian kandungan polifenol pada minyak zaitun ekstra virgin dapat mencegah munculnya penyakit alzheimer.  Selain itu, para peneliti menemukan dengan mengonsumsi minyak zaitun extra virgin bisa melindungi otak, serta kemampuan belajar menjadi meningkat. Pembentukan amiloid beta dan neurofibrillary pada otak akan berkurang, yang menjadi penyebab penyakit alzheimer.

4. Mencegah Stroke

Stroke merupakan kondisi dimana pasokan darah menuju otak mengalami masalah. Pada jaringan otak, kurangnya aliran darah dapat menyebabkan reaksi biokimia. Kondisi ini dapat merusak atau bahkan mematikan sel saraf otak. Penyakit ini dapat mengancam nyawa dan bisa menyebabkan kerusakan permanen. Penyakit ini dianggap sebagai penyebab kematian kedua setelah penyakit jantung. Berdasarkan sebuah penelitian, kandungan asam lemak tak jenuh tunggal pada minyak zaitun dapat menurunkan risiko stroke.

5. Mengobati Penyakit Rheumatoid Arthritis

Penyakit rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun dengan gejala umum nyeri sendi. Penyakit ini terjadi diakibatkan karena sistem kekebalan tubuh tanpa sengaja menyerang sel-sel normal.

Minyak zaitun diketahui mampu membantu mengobati penyakit rheumatoid arthritis. Minyak zaitun akan mengurangi rasa sakit, serta kaku pada penderita rheumatoid arthritis. Dari asam oleat, minyak zaitun bersifat anti-inflamasi. Selain itu, minyak zaitun mengandung antioksidan seperti asam lemak omega-3 dan polifenol.

6. Antioksidan

Pada minyak zaitun terkandung antioksidan yang tinggi. Sehingga tak heran jika minyak zaitun bermanfaat sebagai antioksidan. Antioksidan dibutuhkan oleh tubuh karena baik untuk kesehatan.

7. Antiinflamasi

Selain bermanfaat sebagai antioskidan, minyak zaitun juga berperan sebagai antiinflamasi. Minyak zaitun memiliki sifat antiinflamasi yang cukup kuat. Tubuh membutuhkan antiinflamasi sebab peradangan kronis dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, arthritis, alzheimer, kanker dan lain sebagainya.

Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa minyak zaitun ekstra virgin ampuh dalam mengatasi inflamasi. Sedangkan penelitian lainnya menunjukan bahwa kandungan antioksidan pada minyak zaitun dapat mencegah terjadinya peradangan.

8. Menyehatkan Otak

Otak sebagian besar tersusun dari asam lemak. Minyak zaitun bermanfaat untuk kesehatan otak  yang akan meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Minyak zaitun juga bermanfaat untuk mencegah agar kemampuan kognitif tidak melemah yang mana kondisi ini bisa disebabkan oleh stres oksidasi.

9. Mencegah Obesitas

Obesitas atau kegemukan merupakan kondisi dimana penumpukan lemak pada tubuh tidak normal. Apabila kondisi ini terus menerus dibiarkan akan dapat mempengaruhi kesehatan penderitanya. Selain berdampak pada penampilan, juga akan meningkatkan risikio berbagai masalah kesehatan seperti penyakit diabetes, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Obesitas menjadi salah satu masalah kesehatan terbesar. Dampaknya selain kesehatan fisik juga akan mempengaruhi psikologis pada penderitanya, seperti depresi dan stres.

Nah, penelitian yang dilakukan pada mahasiswa Spanyol yang mengonsumi makanan yang diolah menggunakan minyak zaitun menunjukan bahwa pada minyak zaitun tidak terdapat faktor yang menyebabkan obesitas. Meskipun dikonsumsi dengan rutin minyak zaitun tidak akan menyebabkan masalah obesitas.

Berdasarkan penelitian lainnya menemukan bahwa konsumsi minyak zaitun bermanfaat untuk meningkatkan kadar antioksidan pada darah, dimana hal ini akan mampu menurunkan berat badan.

10. Anti Bakteri

Pada minyak zaitun terkandung nutrisi yang mampu mencegah atau membunuh bakteri, termasuk bakteri Heliobacter Pylori. Bakteri ini hidup di perut yang akan menyebabkan naiknya asam lambung, serta kanker perut.  Manfaat yang menakjubkan dari minyak zaitun, dimana minyak ini mampu memerangi 8 bakteri, 3 di antaranya tahan antibiotik.

11. Mencegah Osteoporosis

Untuk anda yang memiliki masalah terhadap tulang seperti osteoporosis, anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai nutrisi alami untuk tulang. Minyak zaitun dapat membantu meningkatkan kalsium pada tulang dan efeknya akan bagus untuk kepadatan tulang.

12. Mengatasi Konstipasi

Konstipasi atau sembelit merupakan kondisi menurunnya pergerakan usus atau penderitanya mengalami kesulitan buang air besar dalam waktu yang lama. Disebut konstipasi saat penderitanya dalam seminggu buang air besar kurang dari 3 kali. Minyak zaitun diketahui bermanfaat untuk mengatasi sembelit atau konstipasi.  Konsistensi, serta tekstur minyak zaitun akan membantu merangsang pencernaan.

13. Mengatasi Peradangan Pada Kulit

Peradangan pada kulit bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalkan karena kulit sensitif, terbakar oleh sinar matahari atau gatal-gatal. Kondisi ini tentunya jangan dibiarkan karena akan semakin parah. Untuk mengatasinya anda bisa memanfaatkan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung anti inflamasi yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan pada kulit. Anda cukup mengoleskan minyak zaitun pada kulit anda yang bermasalah.

14. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Kandungan lemak tak jenuh pada minyak zaitun tidak hanya mampu menurunkan kadar kolesterol saja, melainkan juga dapat mencegah kenaikan tekanan darah. Asam lemak esensial yang dikenal dengan omega-3 yang terkandung pada minyak zaitun sudah terbukti efektif dalam menurunkan tekanan darah.

15. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas berbahaya karena akan menyebabkan masalah kesehatan. Radikal bebas dapat menyebabkan peradangan, merusak sel hingga memicu kanker. Radikal bebas itu sendiri dapat masuk ke dalam tubuh dari mana saja, baik itu dari udara, makanan yang anda konsumsi, paparan sinar matahari pada kulit dan lain sebagainya. Sangat penting untuk mengurangi jumlah radikal bebas pada tubuh untuk mencegah munculnya berbagai masalah.

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas. Antioksidan polifenol yang terkandung pada minyak zaitun membantu proses detoksifikasi sehingga mampu melawan radikal bebas. ( Lihat juga : Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan )

Minyak zaitun bermanfaat untuk menangkal radikal bebas sehingga dapat mengurangi risiko kesehatan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bayi

Manfaat minyak zaitun sudah terkenal, baik untuk kesehatan, kecantikan atau keperluan dapur. Selain itu, minyak zaitun juga ternyata bermanfaat untuk bayi. Berikut ini manfaat minyak zaitun untuk bayi.

1. Pijat Bayi

Pijat bagi bayi memiliki banyak manfaat, di antaranya yaitu memperbaiki kualitas tidur bayi, menenangkan bayi dan bermanfaat untuk kesehatannya. Pijat bayi juga menjadi waktu yang tepat untuk semakin mempererat ikatan antara orang tua dengan bayi. Minyak yang direkomendasikan untuk memijat bayi salah satunya yaitu minyak zaitun.

2. Mengurangi Kotoran Pada Kepala Bayi

Minyak zaitun dapat membantu mengatasi cradle cap atau kotoran seperti lapisan kulit kering yang terkelupas di kepala bayi.

3. Mengatasi Ruam Popok

Ruam popok bisa terjadi pada bayi. Minyak zaitun diketahui mampu mengatasi ruam karena penggunaan popok.

  • Caranya yaitu dengan mencampurkan 2 sdm minyak zaitun dengan 1 sdm air.
  • Kemudian gosokan pada bagian yang terdapat ruam.
  • Hanya saja, jika masalah ruam pada bayi tidak mereda sebaiknya segera bawa ke dokter.

4. Kesehatan Rambut Bayi

Selain membersihkan kulit kepala bayi, mengoleskan minyak zaitun pada kepala bayi bermanfaat untuk melembutkan rambut, menguatkan rambut dan melembabkan rambut bayi.

5. Mengobati Batuk Pada Bayi

The American Academy of Pediatrics memberikan saran pada dokter agar merekomendasikan perawatan rumah alami untuk mengatasi batuk pada bayi. Memberikan ASI saat bayi sedang sakit adalah pengobatan yang ampuh. Anda bisa mendukungnya dengan perawatan menggunakan minyak zaitun.

  • Silakan campurkan minyak zaitun sebanyak 3-4 sdt dengan 2-3 tetes rosemary, eucalyptus atau kayu putih, serta minyak papermint.
  • Anda bisa menggosokan campuran ini pada dada atau punggung si kecil.
  • Jika anda mengaplikasikan minyak ini sebelum tidur akan membantu si kecil tidur lebih nyenyak.

Meskipun minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk si kecil, anda harus tetap memperhatikan pemberian minyak zaitun pada bayi. Kulit bayi strukturnya tidak sama dengan orang dewasa, begitu pula dengan struktur kulit bayi yang satu dengan bayi yang lainnya. Ada bayi yang cocok dengan perawatan menggunakan minyak zaitun, ada pula bayi tidak tidak cocok dan justru mengalami iritasi. Kondisi ini akan terjadi apabila si kecil memiliki alergi terhadap minyak zaitun. Anda juga harus mempertimbangkan saat menggunakannya apabila memiliki riwayat anggota keluarga yang alergi terhadap minyak zaitun. Jika anda masih ragu anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Minyak zaitun memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun anda harus memperhatikan penggunaan minyak zaitun untuk penderita diabetes, ibu menyusui, ibu hamil dan pasien yang akan menjalankan operasi. Akan lebih baik, pada kondisi-kondisi tersebut menghindari konsumsi minyak zaitun.

Demikian pembahasan mengenai manfaat minyak zaitun bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply