13 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

4.6/5 (10)

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan – Sirsak, buah ini memiliki rasa manis dan sedikit asam yang menyegarkan. Bisa diolah menjadi berbagai sajian yang lezat selain dikonsumsi langsung, seperti puding, jus dan lain sebagainya. Rasanya yang enak dengan aroma yang khas membuat buah ini banyak disukai.

Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, buah sirsak juga kaya akan kandungan serat. Pada daging buah sirsak sebanyak 100 gram terkandung serat sebanyak 3.3 gram yang akan memenuhi kebutuhan serat harian sebanyak 13 %. Sirsak juga kaya akan vitamin dan mengandung karbohidrat.

Buah yang memiliki banyak sebutan seperti nangka walanda, nangka landa, nangka sebrang , srikaya jawa ini bisa kita temui dengan mudah. Selain buahnya yang mengandung kaya gizi, daun sirsak juga kerap dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Daun sirsak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Umumnya, orang-orang hanya mengenal manfaat daun sirsak untuk kesehatan sebagai anti kanker maupun anti tumor. Bahkan daun dari buah dengan nama latin Annona Muricata L semakin populer setelah sebuah penelitian menyatakan bahwa pada daun sirsak terkandung senyawa yang bisa mengobati kanker. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya tentang manfaat daun sirsak untuk kesehatan, anda bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Selain terkenal khasiatnya sebagai anti kanker, daun sirsak memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Daun sirsak memiliki banyak manfaat serta mengandung nutrisi yang dapat melindungi dari penyakit. Beberapa kandungan yang terdapat pada daun sirsak di antaranya yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B, protein, fruktosa dan lain sebagainya. Daun sirsak juga mengandung senyawa acetogenin yang menjadikan daun sirsak kaya akan manfaat.  Berikut ini manfaat daun sirsak untuk kesehatan.

1. Mengobati Diabetes

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Penyakit yang satu ini bisa mempengaruhi organ lainnya dalam tubuh. Tingginya kadar gula darah pada penderita diabetes akan dapat memicu komplikasi. Organ tubuh yang dapat terkena dampaknya yaitu mata, jantung, ginjal, pembuluh darah dan sistem saraf.

Diabetes menjadi penyakit yang membahayakan. Untuk anda yang memiliki penyakit diabetes, anda bisa mencoba pengobatan alami dengan menggunakan daun sirsak. Berdasarkan penelitian, daun sirsak dapat menurunkan kadar gula darah, caranya dengan melepaskan hormon insulin dan mengubah gula darah menjadi energi sehingga gula darah tidak akan meningkat dan anda akan terhindar dari penyakit yang mendapat julukan ibu dari segala penyakit ini.

Untuk anda yang ingin mendapatkan manfaat baik dari daun sirsak untuk mengobati diabetes, caranya yaitu dengan merebus daun sirsak sebanyak 5 lembar bersama dengan 2 gelas air. Anda bisa merebusnya hingga tersisa 1 gelas air. ( Baca juga : 15 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan )

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem imun tubuh memiliki peranan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Sistem imun atau kekebalan tubuh yang baik akan menjaga kita agar terhindar dari serangan penyakit. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga sistem kekebalan tubuh. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh berbagai cara dapat anda lakukan, mulai dari menerapkan hidup sehat, mengelola stres, mengonsumsi makanan sehat dan lain sebagainya.

Selain itu, anda bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memanfaatkan daun sirsak. Selain bermanfaat untuk membantu mengobati berbagai macam masalah kesehatan, daun sirsak juga efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan gizi yang terdapat pada daun sirsak. Daun sirsak juga dapat mencegah berbagai infeksi yang terjadi pada tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, caranya yaitu dengan merebus daun sirsak 4 sampai 5 lembar dengan air sebanyak 4 gelas. Rebus hingga tersisa 1 gelas.

3. Mengobati Penyakit Kanker

Khasiat daun sirsak terkenal karena dapat mengobati kanker. Kanker merupakan penyakit yang terjadi karena sel-sel abnormal pada tubuh tumbuh tidak terkendali, akibatnya jaringan tubuh rusak. Kanker itu sendiri dapat tumbuh pada bagian tubuh mana pun.

Daun sirsak diketahui dapat mengobati penyakit kanker. Daun sirsak mampu menghambat pertumbuhan sel kanker lebih efektif dan cepat dibandingkan dengan kemoterapi. Pasalnya, daun sirsak mengandung acetogenin yang bisa menyembuhkan dan mengobati kanker. Kandungan acetogenin yang terdapat pada daun sirsak sangat kuat, bahkan kekuatannya tersebut 10.000 kali lebih kuat jika dibandingkan dengan adriamycin dalam melawan sel kanker. Acetogenin pada daun sirsak dapat menghambat sel kanker, serta menghambat perkembangan sel tumor.

Untuk mendapatkan manfaat dari daun sirsak dalam mengobati penyakit kanker, anda tinggal meminum air rebusan daun sirsak. Caranya yaitu merebus daun sirsak sebanyak 10 lembar dengan air sebanyak 3 gelas. Rebus hingga hanya tersisa  1 gelas saja.

4. Mengobati Asam Urat

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan lainnya yaitu dapat membantu mengobati penyakit asam urat. Penyakit asam urat itu sendiri merupakan penyakit yang diakibatkan karena asam urat kadarnya tinggi dalam darah. Asam urat larut dalam darah, kemudian keluar bersama dengan urine pada keadaan normal. Namun, pada kondisi tertentu asam urat yang dihasilkan oleh tubuh jumlahnya banyak atau tubuh mengalami masalah dalam mengeluarkan asam urat yang berlebih sehingga akan terjadi penumpukan asam urat pada tubuh.

Asam urat yang menumpuk dapat menyebabkan terbentuknya kristal pada sendi. Kondisi seperti ini akan dapat menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan pada sendi. Selain pada sendi, kristal asam urat juga bisa terbentuk pada ginjal atau saluran kemih yang akan menyebabkan fungsi ginjal terganggu, serta menyebabkan batu di saluran kemih.

Daun sirsak dapat membantu mengobati penyakit asam urat. Daun sirsak mengandung senyawa  yang bisa menghilangkan asam urat pada darah. Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak caranya yaitu merebus daun sirsak sebanyak 6 sampai 10 lembar dengan air sebanyak 2 gelas. Rebus sampai tersisa 1 gelas air.

5. Mengobati Penyakit Kolesterol

Untuk anda yang memiliki kolesterol tinggi, untuk mengobatinya anda bisa memanfaatkan daun sirsak. Kolesterol tinggi adalah kondisi dimana tingkat kolesterol pada darah melebihi batas normal. Tingginya kadar kolesterol pada darah akan berdampak buruk untuk kesehatan. Oleh karena itu, anda harus segera mengatasi kondisi yang satu ini.

Kolesterol sebagian besar diproduksi oleh hati, namun juga bisa didapatkan dari makanan yang kita konsumsi. Fungsi kolesterol itu sendiri yaitu untuk memproduksi sel sehat, sejumlah hormon dan vitamin D. Oleh tubuh kolesterol memang dibutuhkan. Hanya saja, apabila jumlahnya terlalu tinggi akan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Kadar kolesterol yang tinggi akan dapat menghambat aliran darah sehingga pasokan darah untuk bagian tubuh tertentu kurang serta berisiko menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti serangan jantung atau stroke.

Anda bisa memanfaatkan daun sirsak untuk menurunkan tingginya kadar kolesterol dengan cara meminum air rebusannya. Rebus 10 lembar daun sirsak yang sedikit tua dengan air sebanyak 3 gelas. Rebus hingga tersisa 1 gelas. Anda bisa meminumnya dalam keadaan hangat ataupun dingin.

6. Mengobati Penyakit Rematik

Rematik akan menyebabkan rasa sakit karena otot atau persendian mengalami pembengkakan dan peradangan. Penyakit ini banyak dikeluhkan oleh masyarakat dan sangat menyiksa karena sakit yang ditimbulkan akan menghambat aktivitas keseharian anda. Terdapat beberapa jenis penyakit rematik dan bisa menimpa persendian mana pun.

Untuk mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan karena penyakit rematik, anda bisa memanfaatkan daun sirsak. Pada daun sirsak terkandung antiperadangan yang akan dapat membantu mengatasi penyakit rematik yang anda alami.

Agar bisa mendapatkan manfaat daun sirsak ini anda bisa menaruh daun sirsak yang sudah direbus dan dihaluskan pada daerah sendi yang sakit karena rematik. Anda bisa melakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari.

Selain itu, kandungan antiperadangan pada daun sirsak juga bisa membantu mengatasi eksim. Caranya sama dengan menghaluskan daun sirsak yang sudah direbus dan menyimpannya pada kulit yang mengalami eksim.

7. Mengobati Kista Ovarium

Kista ovarium bisa disebut juga dengan tumor jinak yang muncul pada ovarium. Apabila penyakit ini tidak diobati dengan segera akan dapat berkembang menjadi kanker. Untuk mengobati kista ovarium dengan alami, anda bisa memanfaatkan daun sirsak. Seperti mengobati penyakit lainnya dengan daun sirsak, caranya yaitu dengan meminum air rebusan daun sirsak.

Anda harus merebus daun sirsak sebanyak 10 lembar dengan 3 gelas air. Anda harus menggunakan daun sirsak yang masih segar atau daun sirsak yang baru dipetik. Anda bisa meminumnya baik dalam keadaan hangat atau dingin.

8. Meningkatkan Kesuburan

Kehadiran buah hati tentu sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan yang sudah menikah. Hanya saja, sebagian pasangan tidak kunjung dikarunia anak. Kondisi terkadang menghambat mereka untuk segera mendapatkan keturunan, misalkan kondisi sel telur dan sperma yang kurang mendukung.

Untuk membantu meningkatkan kesuburan, daun sirsak memiliki khasiatnya. Kandungan nutrisi pada daun sirsak akan memberikan gizi yang sehat dan baik untuk sperma maupun sel telur.

Untuk mendapatkan manfaatnya, pertama-tama silakan siapkan daun sirsak sebanyak 15 lembar. Pastikan anda menyiapkan daun sirsak yang tidak terlalu tua maupun terlalu muda. Siapkan juga madu atau gula jawa, daun salam atau sereh.

Cara membuatnya yaitu, dengan membersihkan daun sirsak yang sudah anda siapkan. Setelah itu, rebus daun sirsak dengan air sebanyak 5 gelas. Rebus daun sirsak hingga menyisakan air sebanyak 2 gelas. Tambahkan madu atau gula jawa serta daun salam supaya rasanya semakin nikmat.

9. Mengatasi Penyakit Kulit

Kulit menjadi bagian terluar tubuh yang rentan terkena masalah. Nah, untuk membantu mengatasi masalah kulit yang anda alami, daun sirsak dan buahnya diketahui memiliki khasiatnya. Beberapa masalah kulit yang bisa diatasi dengan daun sirsak di antaranya yaitu penyakit kulit yang diakibatkan oleh jamur, kulit yang terluka karena tergores oleh benda tajam, bisul atau cacar.

Cara mengatasi masalah kulit dengan daun sirsak sangat mudah. Silakan siapkan daun sirsak yang masih segar. Lalu anda bisa menempelkannya pada kulit yang mengalami masalah dan diamkan selama beberapa saat hingga daunnya menjadi layu.

10. Mengatasi Penyakit Kuning

Daun sirsak bermanfaat untuk mengobati penyakit kuning (jaundice), termasuk mata kuning dengan tradisional. Berdasarkan studi menyatakan bahwa hiperbilirubinemia dapat berkurang dengan mengonsumsi ekstrak daun sirsak. Tidak hanya itu, ekstrak daun sirsak juga dapat melindungi kesehatan hati, terutama yang disebabkan oleh efek negatif asetaminofen, juga karbon tetraklorida.

11. Mengatasi Masalah Insomnia

Insomnia merupakan gangguan tidur yang akan membuat penderitanya kesulitan tidur, merasa kurang cukup tidur meskipun banyak waktu untuk melakukannya. Gangguan tidur ini tentu sangat merugikan untuk penderitanya karena akan membuat penderita merasa tidak prima dalam melakukan aktivitas untuk keesokan harinya.

Kuantitas dan kualitas tidur akan mempengaruhi kualitas hidup dan kesehatan seseorang. Jika tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup maka akan menyebabkan masalah mental atau gangguan fisik. Untuk menjaga agar tubuh tetap fit, tubuh membutuhkan waktu tidur 8 jam perhari.

Untuk mengatasi insomnia yang anda alami, sebaiknya hindari mengonsumsi pil tidur karena efek sampingnya tidak baik untuk tubuh. Anda dapat memanfaatkan daun sirsak sebagai aromaterapi alami.

Rebusan daun sirsak merupakan sumber aromaterapi alami yang akan membantu meningkatkan kualitas tidur. Pada daun sirsak terkandung tryptophan yang akan membuat anda rileks dan menjadi mudah mengantuk.

12. Meredakan Demam dan Kejang

Ekstrak dari daun sirsak bermanfaat untuk meredakan kejang dan demam. Pengobatan ini dilakukan sebagai pengobatan tradisional di negara Afrika. Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa kandungan senyawa bioaktif pada daun sirsak bermanfaat sebagai obat antikejang.

13. Mengobati Masalah Tiroid

Hormon tiroid perannya sangat penting untuk reaksi kimia dalam tubuh. Dimana hormon tiroid ini dihasilkan oleh kelenjar tiroid. Jika kelenjar tiroid mengalami masalah, akibatnya hormon tiroid juga akan mengalami gangguan sehingga muncul berbagai masalah seperti penyakit gondok, nodul tiroid, hipertiroidisme dan lain sebagainya.

Daun sirsak mengandung senyawa yang bermanfaat untuk tiroid, seperti antioksidan polifenol, saponin dan senyawa yang bersifat antivirus, serta antibakteri. Dengan mengonsumsi rebusan air sirsak maka akan dapat mencegah terjadinya kerusakan pada kelenjar tiroid yang disebabkan oleh virus atau bakteri dan radikal bebas. ( Lihat juga : 21 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan)

Efek Samping Daun Sirsak

Banyak orang yang mengandalkan tumbuhan sirsak untuk membantu mengatasi masalah kesehatan, hal itu memang bukan tanpa alasan. Tumbuhan sirsak mulai dari buah hingga daunnya memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Namun, yang paling populer yaitu manfaat daun sirsak sebagai obat alami.

Di samping manfaat atau keunggulan daun sirsak, mengonsumsi daun sirsak sebagai obat herbal tetap ada risiko efek sampingnya. Berdasarkan penelitian, efek samping daun sirsak terkait dengan jumlah penderita parkinson yang meningkat.

Konsumsi rebusan daun sirsak yang berlebihan sangat tidak disarankan mengetahui adanya efek samping yang dapat ditimbulkan. Efek samping mengonsumsi daun sirsak juga akan membuat penurunan terhadap tekanan darah dengan drastis. Oleh karena itu, penderita tekanan darah rendah sebaiknya menghindari konsumsi daun sirsak.

Walaupun daun sirsak dianggap ramah untuk lambung, namun tetap mengandung senyawa yang akan dapat memicu naiknya asam lambung.

Keamanan dan efektivitas daun sirsak sebagai obat herbal belum memadai bagi ibu menyusui ataupun ibu hamil. Oleh karena itu, bagi ibu hamil dan ibu menyusui tidak disarankan untuk mengonsumsi daun sirsak.

Mengetahui seperti itu, meskipun manfaat daun sirsak bagus untuk kesehatan, namun risiko efek samping dari daun sirsak tetap ada. Oleh karena itu, penggunaan daun sirsak sebagai obat, terlepas apa itu penyakitnya sebaiknya harus dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk menghindari efek samping yang akan anda alami. Semoga bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply