18 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

5/5 (2)

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan – Bawang putih adalah salah satu bumbu masakan yang hampir digunakan pada setiap masakan, karena penggunaannya akan menjadikan rasa masakan lebih sedap. Selain dimanfaatkan sebagai bahan masakan, bawang putih juga sering dijadikan sebagai obat herbal. Manfaat bawang putih itu sendiri sudah digunakan sejak lama, baik untuk kesehatan ataupun kecantikan. Pada bawang putih terkandung senyawa penting yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit.

Selain mudah ditemukan, bawang putih juga harganya murah sehingga anda bisa mendapatkan manfaat bawang putih dengan mudah.  Lantas apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan? Berikut ini beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Manfaat bawang putih untuk kesehatan tidak bisa kita ragukan lagi. Tanaman dengan nama latin Allium sativum mengandung zat-zat yang baik untuk kesehatan. Berdasarkan sebuah studi, mengonsumsi banyak bawang putih akan dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol, sirkulasi darah menjadi lebih baik, sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan mencegah penyakit jantung. Selain itu, ada banyak manfaat bawang putih lainnya untuk kesehatan. Untuk mengetahui lebih jelas manfaat bawang putih untuk kesehatan simak di bawah ini.

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol merupakan lilin seperti lemak yang bisa ditemukan pada sel dalam tubuh. Zat ini biasanya dianggap negatif. Bahkan banyak orang yang beranggapan bahwa makanan yang mengandung kolesterol tinggi harus dihindari.

Zat ini sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam pembuatan hormon, vitamin D, serta asam empedu yang diperlukan untuk membantu dalam mencerna lemak yang didapatkan dari makanan. Tubuh kita sendiri sebenarnya menghasilkan zat ini sesuai dengan kebutuhan, namun jumlahnya sedikit. Kolesterol pada tubuh juga bisa didapatkan dari konsumsi makanan. Apabila anda mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans atau lemak jenuh, maka hati akan lebih banyak memproduksi zat ini. Kondisi ini akan dapat menyebabkan tingginya kolesterol dalam darah.

Apabila kadar kolesterol tinggi dan melebihi batas normal akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Beberapa masalah kesehatan serius yang dapat terjadi yaitu stroke atau serangan jantung. ( Baca juga : Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan )

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, bawang putih memiliki khasiatnya. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi bawang putih mentah setidaknya sebanyak 10 gram setiap hari yang dilakukan selama 2 bulan akan membantu menurunkan kolesterol. Berdasarkan penelitian lainnya menyatakan manfaat bawang putih dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, sekaligus menurunkan kolesterol jahat.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Bawang putih kaya akan kandungan sulfur biokatif. Dimana senyawa ini diketahui dapat mencegah terbentuknya sel kanker pada tubuh. Pasalnya, senyawa sulfur bioaktif ini berperan untuk membunuh atau memperbaiki sel tubuh yang sudah rusak, menghambat sel tidak sehat menyebar dan melindungi tubuh terhadap zat karsinogen, zat yang dapat menyebabkan penyakit kanker.

Berbagai penelitian yang dilakukan membuktikan manfaat mengonsumsi bawang putih mentah untuk mengurangi atau membunuh sel kanker seperti misalkan kanker paru-paru kanker pankreas dan kanker payudara.

Kandungan sulfur bioaktif pada bawang putih dapat mencegah pembentukan sel kanker.

3. Mengatasi Pilek

Di musim hujan seperti sekarang ini memang rentan terkena penyakit influenza atau yang lebih sering dikenal dengan penyakit pilek. Masalah kesehatan yang satu ini tentu akan mengganggu aktivitas keseharian anda. Gejala yang dialami akan membuat anda merasa tidak nyaman.

Flu dan pilek umumnya disebabkan karena infeksi virus yang terjadi pada saluran pernapasan,  seperti hidung maupun paru-paru. Beberapa gejala yang akan ditimbulkan saat terkena penyakit ini yaitu sakit kepala, demam, batuk dan nyeri otot.

Untuk membantu mengatasi pilek, anda bisa mencoba perawatan tradisional rumahan dengan memanfaatkan bahan alami bawang putih. Bawang putih mengandung nutrisi, vitamin C, mineral seperti selenium, enzim dan sulfur. Dimana kandungan tersebut memiliki peran untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang yang sedang mengalami flu.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh berperan untuk melindungi tubuh kita dari kuman atau infeksi sehingga akan terhindar dari penyakit. Sangat penting untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat atau menerapkan gaya hidup sehat.

Salah satu makanan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yaitu bawang putih. Bawang putih merupakan sumber antioksidan yang dapat berperan untuk memerangi kuman.

Pada bawang putih terkandung senyawa yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, serta membantu dalam penyerapan mineral yang lainnya. Berdasarkan sebuah penelitian membuktikan bahwa peserta yang mengonsumsi bawang putih memiliki risiko lebih rendah terkena pilek.

5. Bermanfaat Untuk Kesehatan Otak dan Mencegah Alzheimer

Kandungan S-allyl L-cysteine (SAC) serta antioksidan pada bawang putih memiliki peran untuk menjaga kesehatan otak dari berbagai masalah atau kerusakan kognitif. Sehingga dapat mencegah berbagai masalah yang dapat menyerang otak, contohnya demensia dan penyakit alzheimer.

Bawang putih mengandung senyawa kimia yang berperan dalam mencegah terjadinya penumpukan zat berbahaya di sistem saraf.  Untuk mendapatkan khasiatnya anda bisa langsung mengonsumsi bawang putih atau memasukan bawang putih ke dalam makanan.

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Bawang putih bermanfaat untuk kesehatan tulang. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukan khasiat bawang putih untuk meminimalkan pengeroposan tulang.

Berdasarkan penelitian lainnya pada wanita yang sudah menopause membuktikan bahwa secara signifikan pemberian bawang putih akan dapat menurunkan tanda defisiensi estrogen. Dimana hal ini dapat mengakibatkan masalah pada tulang. Selain itu, bawang putih dipercaya memiliki manfaat baik untuk osteoarthritis.

7. Sebagai Antioksidan

Antioksidan merupakan zat penting yang berperan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas itu sendiri pada umumnya dapat berasal dari konsumsi makanan yang tidak sehat, polusi udara dan lain sebagainya.

Kadar radikal bebas apabila diimbangi dengan antioksidan tidak akan menyebabkan bahaya. Hanya saja, jika kadarnya melampaui batas dan tubuh tidak bisa menanganinya maka akan dapat menyebabkan kerusakan dan mengalami stres oksidatif. Kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan sel tubuh seperti protein, lipid dan asam nukleat.

Stres oksidatif dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung, radang sendi, stroke, tukak lambung, hipertensi, aterosklerosis, penyakit alzheimer, kanker, penyakit parkinson hingga menyebabkan penuaan dini.

Nah, untuk bisa menangkal radikal bebas, antioksidan memiliki peranan yang penting. Agar tidak kekurangan zat antioksidan anda dapat mengonsumsi bawang putih dengan rutin. Pada bawang putih terkandung kalium, vitamin C, vitamin B6, fosfor serta seng.

Untuk mendapatkan manfaat bawang putih sebagai antioksidan, caranya yaitu dengan mengonsumsi bawang putih. Potong bawang putih yang sudah anda siapkan, lalu rendam bawang putih dalam air hangat. Tunggu selama beberapa saat. Kemudian anda bisa meminum rendaman bawang putih tersebut.

8. Mengobati Keputihan

Keputihan merupakan kondisi dimana keluarnya lendir atau cairan dari vagina. Keputihan menjadi cara alami bagi tubuh dalam menjaga kelembaban dan kebersihan organ kewanitaan.

Keputihan yang dialami oleh wanita tidak selamanya normal. Beberapa wanita mungkin saja mengalami keputihan abnormal. Anda harus berhati-hati jika mengalami beberapa perubahan pada keputihan seperti tekstur, warna dan bau. Dimana hal ini bisa menjadi ciri-ciri keputihan tidak normal, penyebabnya bisa karena infeksi ataupun adanya masalah terhadap organ reproduksi wanita.

Untuk mengatasi keputihan, bawang putih diketahui memiliki manfaat baiknya. Bawang putih mengandung zat antijamur, antibakteri, antimikroba yang dapat membantu mengatasi keputihan. Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa mengonsumsi bawang putih.

9. Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi tentu sangat menyiksa. Selain menimbulkan rasa sakit dan ngilu ketika makan, sakit gigi juga bisa menyebabkan demam dan sakit kepala. Banyak hal yang dapat menyebabkan sakit gigi di antaranya yaitu gigi sensitif, penyakit gusi, tumbuhnya gigi bungsu, gigi bolong, gigi retak atau patah dan lain sebagainya.

Untuk membantu meredakan sakit gigi, anda bisa mencoba menggunakan bawang putih. Bawang putih bersifat antimikroba dan antiseptik yang dapat mengendalikan rasa sakit yang anda alami, serta membunuh kuman penyebab sakit gigi.

Cara meredakan sakit gigi dengan bawang putih yaitu bisa langsung mengunyahnya. Hanya saja jika anda tidak bisa melakukan cara ini anda cukup mengiris bawang putih dan meletakan pada gigi yang terasa sakit sebagai kompres.

10. Menstabilkan Tekanan Darah

Kandungan pada bawang putih yang disebut dengan polisulfida bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah pada penderita hipertensi. Dengan bantuan polisulfida pembuluh darah akan melebar dan membuka sehingga tidak akan mendapatkan tekanan yang besar. Mengonsumsi bawang putih selama 3 bulan dengan rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah sampai 10 mmHg.

11. Mengobati Demam

Seseorang mengalami demam apabila suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius. Demam itu sendiri terjadi saat sistem kekebalan tubuh melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, parasit atau virus. Selain itu, demam dapat terjadi pada beberapa kondisi tertentu.

Saat anda atau orang-orang terdekat mengalami demam, anda dapat mencoba mengobatinya dengan menggunakan cara alami. Cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan memanfaatkan bawang putih. Untuk mendapatkan manfaat bawang putih sebagai obat demam, anda harus menyiapkan beberapa potong kentang cincang, bawang merah beserta bawang putih cincang. Campurkan bahan-bahan ini menjadi satu. Setelah itu, bubuhkan bahan ini pada kaki anda dengan menggunakan kaus kaki.

12. Mengatasi Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang meradang dan menahun. Penyakit ini ditandai dengan kondisi ruam merah, kulit yang terkelupas, terasa kering, menebal dan bersisik. Biasanya tanda-tanda ini juga disertai dengan rasa perih dan gatal. Penyakit ini bisa menyerang bagian tubuh manapun, namun biasanya yang paling sering muncul pada siku, lutut, punggung bawah atau kulit kepala. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini tentu akan mengganggu kenyamanan penderitanya.

Bawang putih dipercaya dapat mengobati psoriasis. Pasalnya, bawang yang kaya manfaat ini mengandung inflamasi yang dapat membunuh bakteri jahat.

13. Meningkatkan Memori

Berdasarkan teori, usia tubuh manusia, serta usia otak dipengaruhi oleh reaksi oksidasi kimia. Kita mengonsumsi makanan, serta oksigen kemudian menghasilkan energi. Proses ini sebenarnya akan menghancurkan sel-sel. Akibatnya seiring dengan berjalannya waktu kulit keelastisannya akan berkurang dan otak tidak akan setajam dulu.

Antioksidan memiliki peran untuk melawan berlebihnya oksidasi. Selain itu, antioksidan juga dapat mencegah penuaan. Pada bawang putih terkandung komponen yang berperan untuk mencegah terjadinya penuaan pada otak.

Konsumsi bawang putih pada orang tua akan membantu mengurangi risiko penyakit alzheimer. Sedangkan konsumsi bawang putih oleh orang yang lebih muda akan membantu meningkatkan daya ingat dan produktivitas otak akan meningkat. Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa mengonsumsi bawang putih dengan teratur.

14. Bermanfaat Untuk Sistem Pencernaan

Manfaat bawang putih untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat membantu sistem pencernaan agar bekerja dengan baik, caranya dengan memicu enzim pencernaan. Konsumsi bawang putih dengan air hangat saat pagi hari berkhasiat untuk mengurangi gejala ulu hati, perut kembung dan sakit perut.

Kandungan allicin pada bawang putih akan dapat mengurangi berbagai enzim pencernaan pada lambung. Selain itu, bawang putih juga sangat baik manfaatnya dalam membantu proses pencernaan makanan sehingga buang air besar akan menjadi lebih lancar. ( Lihat juga : Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui )

15. Mengobati Sinusitis

Sinusitis merupakan kondisi dimana sinus mengalami infeksi dan pembengkakan yang terjadi karena terdapat penyumbatan di dalamnya. Kondisi sinus yang sehat seharusnya penuh dengan udara. Hanya saja, apabila sinus mengalami sumbatan oleh cairan maka kuman akan tumbuh dan infeksi akan terjadi. Kondisi inilah yang disebut dengan penyakit sinusitis. Infeksi ini akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Untuk meredakan gejala sinusitis beberapa obat alami dipercaya dapat membantu, salah satunya bawang putih. Selain bermanfaat secara alami untuk meredakan infeksi sinus, bawang putih juga dapat mencegahnya dari awal. Berdasarkan sebuah penetilian menyatakan, mengonsumsi bawang putih saat musim dingin akan membuat tubuh hangat dan membantu menyembuhkan flu. Senyawa allicin yang terkandung pada bawang putih dapat membasmi bibit penyakit.

Karena bawang putih memiliki aroma yang tajam dengan rasa yang pedas, anda dapat menetralkan rasa dan aromanya dengan mengonsumsi bersama campuran jus lemon dan jus tomat yang sudah dipanaskan selama beberapa menit. Anda dapat mengonsumsi minuman ini dengan rutin hingga infeksi sinus menjadi lebih baik.

16. Mengobati Infeksi Paru-Paru

Infeksi paru-paru dapat terjadi disebabkan karena berbagai faktor, seperti virus, bakteri atau kuman. Bawang putih bersifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu mempercepat penyembuhan infeksi paru-paru.

17. Detoksifikasi

Bawang putih bermanfaat untuk detoksifikasi. Kandungan sulfur pada bawang putih bermanfaat untuk melindungi organ tubuh dari kerusakan, serta keracunan logam berat. Berdasarkan penelitian, bawang putih dapat mengurangi sebanyak 19% kadar timbal dalam darah. Hal ini menjadikan bawang putih baik untuk mendetoksifikasi tubuh.

18. Bermanfaat Untuk Penderita Diabetes

Kandungan pada bawang putih dapat membantu mengobati berbagai penyakit, salah satunya untuk penderita diabetes. Diabetes melitus merupakan penyakit kronik yang disebabkan karena kerja insulin mengalami gangguan. Orang yang sudah terkena diabetes harus menjaga pola makannya.

Makanan yang bisa diprioritaskan untuk penderita diabetes yaitu bawang putih. Pada bawang putih terkandung protein, vitamin A, vitami C dan vitamin B-1, serta mengandung mineral penting seperti magnesium, kalsium, kalium, selenium, besi dan asam amino penting.

Pada ramuan herbal bawang putih terkandung bahan alami yang dapat membantu mengurangi kadar gula darah yang tinggi, serta dapat mengatur tingkat gula yang berbahaya. Kadar gula yang tinggi sangat berbahaya karena dapat meningkatkan risiko penyakit yang serius.

Demikian beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan. Manfaat bawang putih akan menjadi lebih maksimal apabila dikonsumsi mentah. Sebab jika dimasak terlalu matang kandungannya yang penting akan hancur. Jika anda akan memanfaatkan suplemen bawang putih untuk kesehatan,  sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Apalagi jika anda memiliki masalah medis tertentu.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply