data-ad-format="auto"

Makanan Otak Agar Lebih Cerdas dan Fokus

Pernahkah Anda mengalami gagal fokus pada aktifitas yang sering Anda lakukan? Apakah Anda termasuk orang yang mudah kehilangan fokus atau sulit berkonsentrasi? Apakah Anda tiba-tiba merasa bahwa kinerja otak Anda menjadi menurun?

Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, tentunya ada pertanyaan yang akan ditujukan kepada Anda kembali. Seperti, apakah Anda memberikan asupan nutrisi dan gizi yang cukup untuk otak Anda? Apakah Anda selalu melatih otak Anda agar bekerja dengan baik? Atau Seberapa maksimalkah Anda dalam melatih otak Anda? Justru, pertanyaan tersebut yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas.

Memiliki otak yang cerdas dan juga fokus tentu impian setiap orang. Otak yang fokus tergantung dari bagaimana kita memperlakukan otak kita dengan baik. Seperti yang kita tahu bahwa otak memegang peranan yang sangat penting untuk hidup kita dimana otak merupakan pusat pengendali apa yang kita lakukan. Apapun yang kita lakukan akan berdampak langsung pada kinerja otak kita. Baca juga: Hati-Hati! Kebanyakan Tidur Siang Bisa Tingkatkan Resiko Diabetes

 

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Makanan Otak Agar Lebih Cerdas dan Fokus

Entah percaya atau tidak, ternyata cepat atau lambatnya kinerja otak dipicu oleh berbagai hal, tidak terkecuali oleh makanan. Tentunya, apapun yang masuk ke dalam tubuh kita akan sangat mempengaruhi kinerja otak kita. Makanan yang bergizi dan juga bernutrisi yang kita berikan pada tubuh kita sangatlah penting dan akan berdampak langsung pada oksigen dan juga darah di dalam tubuh yang menuju ke otak. Selain itu, makanan merupakan sumber energi yang akan kita gunakan untuk melakukan aktifitas kita sehari-hari.

Memberikan gizi dan nutrisi pada otak juga dapat dilakukan oleh orang yang melakukan diet. Akan tetapi, ada hal yang harus diperhatikan jika Anda tengah melakukan diet. Pastikan Anda untuk melakukan diet yang sehat sehingga apapun nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda bukan menjadi bumerang bagi Anda yang nantinya akan merusak pola diet Anda.

Tentunya, bukan berarti semua makanan yang kita makan adalah sumber nutrisi bagi otak. Terdapat beberapa makanan yang justru akan menghambat kinerja otak kita. Beberapa makanan dan minuman di bawah ini dipercaya dapat meningkatkan kinerja otak lebih baik sehingga otak lebih cerdas dan juga fokus, diantaranya:

Cokelat Hitam

Makanan otak yang pertama yang dipercaya dapat membuat otak lebih cerdas dan juga fokus, tidak lain adalah cokelat hitam. Seperti yang kita tahu bahwa cokelat merupakan jenis makanan favorit bagi sebagian besar orang, terutama bagi kita yang beriklim tropis. Kandungan yang terdapat di dalam cokelat ternyata dapat membuat kinerja otak menjadi lebih fokus sehingga Anda dapat berkonsentrasi dengan baik.

Setidaknya, cokelat hitam mengandung energi 540 kkal, lemak 53 gram, fosfor 446 mg, kalsium 98 mg, karbohidrat 14 % dan juga vitamin A 60 Sl. Cokelat juga mengandung flavonoid yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama otak. Selain itu, cokelat juga bermanfaat untuk tubuh diantaranya sumber energi, kesehatan mata, antioksidan, menjaga kesehatan tulang, juga dapat meningkatkan mood.

Hal ini terbukti dari sebuah studi yang dilakukan oleh Michelle Montopoli pada tahun 2015, ia menemukan bahwa mengonsumsi cokelat hitam dengan kandungan sebanyak 60% kakao, maka dipercaya dapat membuat otak lebih fokus dan juga waspada. Untuk itu, konsumsi cokelat hitam dalam batas yang wajar agar tidak menimbulkan hal-hal berbahaya lainnya. Lihat juga: Ketahui Proses Terjadinya Menstruasi Pada Wanita Secara Lengkap

Kopi

Jenis minuman yang satu ini dapat dibilang menjadi minuman yang favorit hampir setiap orang. Kopi juga merupakan jenis minuman yang selalu dikonsumsi oleh sebagian besar orang layaknya air putih. Mulai dari bangun pagi sampai akan tidur lagi, pastinya orang tidak akan bisa dipisahkan dengan jenis minuman yang satu ini.

Sepertinya kopi dipercaya dapat membuat orang yang mengantuk menjadi melek kembali. Hal ini tentu benar adanya bahwa efek kopi dapat meningkatkan kinerja otak sehingga otak lebih fokus dan juga konsentrasi. Tidak sedikit orang yang mampu mengerjakan sesuatu sampai larut malam asalkan ditemani dengan secangkir kopi.

Kopi merupakan jenis minuman yang mengandung kafein yang manfaatnya dapat meningkatkan kinerja dan juga mempertajam konsentrasi dan fokus pada memori otak Anda. Seperti sebuah studi yang dilakukan oleh Florian Koppelstatter yang menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan aktifitas otak dalam hal perencanaa, konsentrasi, perhatian dan juga pemantauan.

Akan tetapi, Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi kafein karena hal ini justru akan membuat Anda tidak bisa tidur sehingga akan menimbulkan efek lain seperti insomnia ataupun kesehatan tubuh Anda. Alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi dua cangkir kopi dalam sehari.

Teh Hijau

Tentuya, Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis minuman yang satu ini. Teh hijau mengandung antioksidan dalam jumlah yang cukup banyak sehingga tidak heran jika teh hijau dijadikan sebagai bahan herbal untuk mengobati penyakit tertentu seperti jantung, kanker dan juga stroke.

Minuman yang dikenal sebagai sumber relaksasi ini ternyata dapat meningkatkan fungsi kerja otak lebih baik. Hal ini dikarenakan bahwa teh hijau dapat mempengaruhi kinerja otak dalam merespon apapun yang kita akan lakukan. Diketahui bahwa peningkatan antara korteks frontal otak dan lolubus parientalis superior kanan berkolerasi dengan sangat baik.

Maka tidak heran jika teh hijau dapat membantu Anda agar lebih fokus dan juga berkonsentrasi dengan baik. Teh hijau juga mengandung kafein yang tentu lebih rendah jika dibandingkan dengan kopi dan juga asam amino theanine yang dapat meningkatkan daya kerja otak Anda.

Oatmeal

Oatmeal merupakan jenis makanan yang berbentuk sereal yang terbuat dari biji-bijian seperti gandum dan juga jagung yang kaya akan vitamin yang memang diperlukan oleh tubuh. Kita sering mengenal bahwa oatmeal digunakan sebagai menu makanan yang biasa dimasukkan pada daftar diet seseorang. Ternyata, selain makanan yang baik untuk program diet, oatmeal juga sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama otak.

Oatmeal mengandung sumber vitamin B, vitamin E, karbohidrat, zinc dan juga serat yang tinggi termasuk protein, zat fosfor, magnesium dan juga thiamin yang berperan dalam memproduksi energi yang diperlukan tubuh setiap harinya.

Oatmeal merupakan jenis makanan yang rendah kalori sehingga sangat dianjurkan untuk penderita diabetes dan juga penyakit jantung. Oatmeal dapat mempertahankan memori otak  jangka pendek sehingga akan terus teringat dalam waktu yang cukup lama.

Air putih

Tentu saja tidak ada keraguan akan khasiat minuman yang satu ini. Minuman yang kerap kita konsumsi hampir setiap hari tentu akan memberikan manfaat yang tidak dapat kita abaikan. Faktanya, lebih dari 70% tubuh kita terdiri dari air yang dapat meningkatkan kinerja otak dan juga sistem saraf pada otak.

Tidak heran jika orang yang kurang asupan air putih sering kehilangan fokus, sakit kepala, kelelahan, tidur terganggu dan juga daya ingat yang menurun. Air putih merupakan jenis minuman yang sangat mudah kita dapatkan setiap hari. Untuk itu, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mengonsumsi air putih dengan cukup. Setidaknya konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari atau lebih sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: 10 Efek Negatif Akibat Sering Bergadang Bagi Kesehatan

Telur

Jenis makanan otak agar lebih cerdas dan fokus tidak lain ialah telur. Telur kaya akan protein yang sangat diperlukan oleh tubuh. Jenis makanan ini memang sangat mudah untuk kita olah baik simpel maupun ribet.  Jenis makanan ini terbilang murah dan juga mudah untuk kita dapatkan.

Seperti studi yang sudah dilakukan bahwa telur mengandung omega-3 yang dapat meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik. Selain itu otak juga mempengaruhi daya ingat, suasana hati dan juga fokus serta dapat menjaga selaput otak menjadi lebih sehat. Telur mengandung kolin, kalori rendah serta vitamin yang tinggi sehingga sangat aman untuk dikonsumsi setiap harinya.

Pisang

Buah yang satu ini sudah umum kita tahu dan merupakan buah yang sangat murah dan mudah kita temukan, terlebih di Indonesia. Jika Anda ingin kinerja otak Anda menjadi lebih baik dan juga lebih meningkat. Untuk itu, Anda jangan segan-segan untuk mengonsumsi pisang sebagai buah cemilan Anda setiap harinya.

Buah pisang mengandung vitamin dan juga potassium yang dapat mengurangi penggumpalan darah di dalam otak sampai 21%. Kandungan mineral yang terdapat pada pisang selain dapat mengoptimalkan kinerja otak juga dapat mengurangi depresi dan juga tekanan darah di dalam tubuh.

Seperti sebuah penelitian yang dilakukan pada siswa sekolah yang menemukan bahwa siswa yang makan pisang sebelum ujian akan memiliki daya ingat dan juga konsentrasi yang cukup tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak mengonsumsinya.

Alpukat

Buah yang kaya akan asam folat ini ternyata dapat meningkatkan kemampuan pada otak. Alpukat mengandung lemak yang sehat yang disebut dengan monosaturated yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Kandungan lain yang terdapat di dalam alpukat diantaranya vitamin C, vitamin B dan vitamin K juga asam folat yang dapat mencegah terjadinya pembekuan di dalam otak.

Buah alpukat tentunya membantu proses penyerapan nutrisi pada tubuh. Ditambah dengan antioksidan di dalam alpukat yang cukup efektif untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, kanker dan juga mencegah penuaan dini. Untuk itu, sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin meningkatkan kinerja otak agar lebih baik dan fokus dalam segala hal.

Blueberry

Memang buah ini jarang dijadikan sebagai daftar buah yang sering di konsumsi oleh sebagian besar orang. Blueberry dapat dikatakan sebagai jenis buah yang paling sehat diantara buah lainnya dikarenakan beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya. Buah yang kaya akan vitamin K, vitamin C juga antioksidan ini memang dipercaya dapat meningkatkan memori yang terdapat pada otak sehingga akan lebih diingat.

Beberapa studi mengatakan bahwa rajin mengonsumsi blueberry dapat mencegah serangan penyakit Parkinson dan juga Alzheimer. Kadar asam garlic di dalam blueberry dapat mencegah kita dari efek negatif stres juga melindungi sel-sel di dalam otak yang tentu sangat penting bagi otak kita. Selain itu, blueberry juga dapat meningkatkan kognitif Anda dan juga membantu interaksi antar neuron.

Ikan Salmon

Jenis ikan ini  yang berasal dari laut ini ternyata dipercaya dapat meningkatkan kekuatan otak dalam mengingat memori dan juga konsentrasi pada otak kita. Ikan ini merupakan jenis ikan yang kaya akan kandungan DHA (DocosaHexaenoic Acid), asam lemak dan juga omega-3.

Kandungan omega-3 yang terdapat pada salmon tentunya dapat meningkatkan konsentrasi pada fungsi otak sehingga siapapun akan fokus akan hal yang akan dilakukannya. Selain itu, ikan salmon juga dapat membantu seseorang dari terkena resiko penyakit jantung dan juga gangguan depresi.

Kacang Kenari dan Almond

Tidak banyak orang yang tahu bahwa kacang kenari dan juga kacang almond dipercaya dapat meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik. Kacang kenari merupakan jenis kacang yang mengandung kadar polifenol yang sangat tinggi. Kandungan polifenol pada kacang kenari merupakan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari molekul-molekul yang dapat merusak jaringan. Kacang kenari disebut sebagai makanan otak yang memang memiliki peran yang cukup penting dalam membantu fungsi sel-sel otak untuk bekerja secara maksimal sehingga Anda akan lebih cerdas dan dapat berpikir dengan cepat.

Sedangkan kacang almond merupakan jenis kacang yang termasuk ke dalam jenis sayuran sekaligus buah yang dapat memenuhi kebutuhan dasar tubuh manusia. Kacang almond wajib Anda masukkan ke dalam menu makanan si kecil karena saking pentingnya dalam meningkatkan fungsi kognitif pada otak anak.

Gandum Murni

Tidak heran jika gandum murni termasuk ke dalam salah satu makanan otak. Gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan rendah lemak yang dapat dicerna oleh tubuh dengan baik. Karbohidrat kompleks di sini merupakan sumber energi dalam bentuk glukosa yang dialirkan ke dalam otak melalui darah.

Gandum sebagai jenis makanan dengan kadar glukosa yang dapat Anda kontrol dengan baik. Penelitian yang dilakukan dari Cueto dan Chinen menemukan bahwa anak sekolah yang teratur sarapan pagi seperti roti gandum, beras merah dan juga oatmeal selalu mendapatkan nilai yang lebih tinggi dalam menyelesaikan masalah dan juga tes memori.

Bit

Kita mungkin sering melewatkan akan manfaat buah yang satu ini. Hal ini dikarenakan buah bit jarang di konsumsi oleh orang-orang. Sebagian besar orang menyangka bahwa bit termasuk ke dalam buah-buahan. Itu adalah sebuah dugaan yang salah, bit termasuk ke dalam jenis sayuran berwarna gelap.

Bit mengandung beberapa nutrisi dan juga gizi yang ternyata mendukung saat otak bekerja. Kandungan tersebut diantaranya karbohidrat, zat besi, kalium, vitamin A, magnesium, vitamin C, vitamin B6, protein, serat larut adan juga antioksidan. Kesemua kandungan gizi dan nutrisi tersebut mampu meningkatkan alirah darah ke otak sehingga akan mencegah kepikunan. Kandungan nitrat pada bit dapat membantu memperlebar pembuluh darah pada otak.

Menjaga dan meningkatkan kinerja otak merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Hal ini dikarenakan otak merupakan pusat pengendali sistem kerja tubuh manusia. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk melakukan segala sesuatu dan juga mengonsumsi baik makanan ataupun minuman yang tepat untuk meningkatkan daya ingat dan juga memori pada otak kita. Dengan begitu, kita akan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menurunkan kinerja otak kita.

Demikianlah beberapa minuman dan juga makanan otak agar lebih cerdas dan fokus yang dapat Anda konsumsi saat ini juga. Tentunya, ini merupakan suatu jalan dan usaha bagi Anda untuk mendapatkan otak yang selalu berfungsi dengan baik. Ingat! Otak ialah bagian tubuh yang paling penting sehingga kita harus menjaganya dengan baik. Semoga bermanfaat!

Loading...

Follow us