9 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Menghambat Kehamilan Wanita Loh!

Tentunya, memiliki keturunan bagi setiap pasangan yang sudah menikah merupakan hal yang sangat diinginkannya. Pasalnya, kehamilan merupakan moment yang sangat dinantikan dan merupakan bukti cinta kasih. Mendapat kehamilan tentunya akan dinantikan oleh setiap wanita karena inilah buktinya bahwa ia menjadi wanita yang sejati di hidupnya. Beranjak menjadi istri, seorang wanitapun ingin menjadi seorang ibu yang tentu dengan fitrah yang sesungguhnya.

Akan tetapi, tidak sedikit pasangan yang mengharapkan hadirnya buah hati, sayangnya mereka belum juga dikarunia seorang anak. Meskipun mereka telah melakukan  berbagai program hamil dan juga mengikuti tips yang diberikan oleh bidan ataupun dokter kandungan. Hal ini tentu menjadi tugas dan PR besar bagi mereka yang belum mempunyai momongan.

Penyebab susah hamil pada wanita dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya gaya hidup yang tidak sehat, bergadang, gangguan pada organ reproduksi dan juga faktor lainnya. Banyak para ahli yang mengatakan bahwa penyebab susah hamil dapat ditemukan bahkan dari hal yang sepele seperti penggunaan smartphone.

 

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Kebiasaan Sepele Penyebab Susah Hamil

Seperti yang dilansir dari laman parents.com, ada beberapa kebiasaan sepele yang sering kita lakukan, namun tidak kita sadari yang justru menjadi penyebab sulitnya seorang wanita mendapatkan keturunan. Kebiasaan-kebiasaan sepele tersebut, diantaranya:

Pola Tidur Tidak Baik

Pola tidur yang tidak baik selain mempengaruhi kesehatan juga dipercaya menjadi penyebab seorang wanita sulit mendapatkan kehamilan. Apakah Anda termasuk di dalamnya? Jika iya, cobalah untuk memperbaiki kebiasaan itu sekarang juga. Terlebih jika Anda sedang mendambakan hadirnya buah hati di hidup Anda. Tentunya, mengubah kebiasaan buruk ini bukanlah hal yang sulit, bukan? Pola tidur yang buruk pastinya akan berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Dengan sering mengalami pola tidur yang tidak teratur, maka kesehatan tubuh kitapun akan menurun. Jika sering dilakukan, cepat atau lambat maka tubuh akan rentan mengalami gangguan termasuk pada organ reproduksi yang memang sangat mendukung dalam proses terjadinya kehamilan. Maka dari itu, ubahlah kebiasaan pola tidur yang buruk itu sekarang juga.

 Bermain Smartphone Sampai Larut Malam

Tentunya, tidak bisa dipungkiri bahwa smartphone menjadi benda yang sangat penting saat ini. Tentunya, siapa orang yang tidak menggunakan smartphone saat ini? Sebagian besar orang tidak dapat terlepas dari cengkaraman smartphone saat ini, mulai dari tujuan berbisnis, mencari inspirasi dan juga tujuan lainnya.

Ternyata menggunakan smartphone sampai larut malam dapat menyebabkan sulitnya seorang wanita mendapatkan keturunan. Kebiasaan sepele ini tentunya kerap dilakukan oleh hampir setiap wanita. Selain itu, menggunakan smartphone terlalu lama sampai tengah malam dapat meningkatkan rasa lelah dan juga pola tidur yang terganggu. Para ahli dari Jepang mengatakan bahwa paparan sinar radiasi yang dihasilkan oleh layar smartphone terutama berlayar lebar dapat mempengaruhi kesuburan pada wanita. Maka dari itu, ubahlah kebiasaan Anda dan disiplinkan dirilah dalam menggunakan smartphone.

Tidur Dibawah Sinar Lampu Terang

Tentunya, sebagian besar wanita merasa nyaman dan juga tenang berada pada ruangan dengan pencahayaan yang cukup terang, terutama di dalam kamar tidur. Akan tetapi, berada pada ruangan yang terpapar sinar lampu yang cukup terang cukup berbahaya bagi kesehatan.

Sinar lampu yang cukup terang akan menimbulkan resiko penyakit mematikan seperti jantung, paru-paru, kanker bahkan gangguan reproduksi yang dapat menyebabkan seorang wanita sulit hamil. Terlepas dari benar atau tidaknya, maka kebiasaan sepele tersebut haruslah dihidari jika Anda memang benar-benar ingin mendapatkan momongan.

Menonton TV Terlalu Malam

Selain menggunakan smartphone terlalu larut, kebiasaan menonton TV terlalu malam pun dapat menjadi penyebab seorang wanita sulit mendapatkan kehamilan. Kenapa? Terdengar klise memang, namun hal ini memang benar adanya. Seperti penelitian yang dilakukan pada tikus di Jerman yang mengamati bahwa sinar radiasi pada cahaya TV dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh dan juga gangguan pada organ reproduksi wanita. Untuk itu, janganlah melakukan kebiasaan sepele ini karena dapat menyebabkan Anda sulit mendapatkan keturunan.

Sering Mengonsumsi Kopi

Memasukkan kopi ke dalam salah satu penyebab sulit hamil bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsinya. Akan tetapi, jika dikonsumsi secara berlebihan maka akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan terutama kehamilan. Dalam beberapa penelitian dibuktikan bahwa kandungan kafein didalam kopi dapat memicu terjadinya keguguran. Untuk itu batasilah konsumsi kafein maksimal dua gelas dalam sehari.

Sering Bergadang

Aktifitas ini memang sangat rentan dilakukan oleh setiap orang, tidak terkecuali wanita. Orang bergadang tentunya memiliki tujuan yang berbeda seperti bekerja, belajar, berbisnis atau hanya bermain game semata. Terlepas dari tujuan apapun itu, bergadang memang tidak dianjurkan terutama bagi wanita. Bergadang memang kebiasaan sepele yang tidak kita sadari akan bahaya dan efeknya. Namun, jika terus dilakukan maka aktifitas ini menjadi kebiasaan yang terus dilakukan nantinya.

Para peneliti mengatakan bahwa orang yang sering bergadang akan mengalami penurunan kesehatan dan imun tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh yang seharusnya beristirahat justru digunakan untuk hal-hal yang membutuhkan otak dan pikiran. Bergadang juga memiliki efek yang tidak baik bagi organ reproduksi wanita, karena hormon pada tubuh akan mengalami ketidakstabilan yang nantinya akan memperngaruhi hormon menstruasi seperti hormon esterogen dan juga progesteron. Maka dari itu, jika Anda memang benar-benar menginginkan buah hati untuk hadir dihidup Anda, sebaiknya jauhi kebiasaan sepele ini untuk mendapatkan tujuan dan impian yang diinginkan. Ubahlah sekarang juga!

Konsumsi Alkohol dan Merokok

Sudah pasti dua kebiasaan ini memang sangat tidak dianjurkan bagi setiap orang. Pasalnya, dua kebiasaan ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan terutama wanita yang ingin hamil. Kebiasaan mengonsumsi alkohol dan juga merokok dapat mempengaruhi kualitas sel telur dan juga fertilitas pada wanita. Kebiasaan merokok dan juga alkohol dapat beresiko meningkatkan kecacatan pada bayi, keguguran dan juga persalinan prematur. Jika memang Anda menginginkan hadirnya momongan di dalam kehidupan rumah tangga Anda, maka ubahlah kebiasaan ini sekarang juga!

Mewarnai Rambut

Para wanita tentu akan mengabaikan kebiasaan sepele ini. Pasalnya, mewarnai rambut tidak akan menimbulkan efek yang cukup signifikan bagi tubuh. Akan tetapi, paparan zat kimia pada rambut akan tembus ke dalam tubuh melalui pori-pori kepala yang tidak akan menutup kemungkinan akan masuk pada sistem reproduksi wanita. Nah, jika Anda suka sekali mewarnai rambut, sebaiknya Anda berhenti menggunakannya jika Anda ingin memiliki keturunan. Hal ini akan berdampak buruk ketika Anda hamil, terutama pada trimester pertama.

Menggunakan Kosmetik

Kosmetik tentunya tidak dapat dipisahkan dari fitrah wanita. Pasalnya, setiap wanita akan merasa percaya diri jika ia berpenampilan cantik dan juga menarik.  Akan  tetapi, penggunaan kosmetik yang tidak aman sangat tidak direkomendasikan bagi wanita. Jika memang Anda ingin memakai kosmetik, pastikan untuk memilih kosmetik yang aman, paling tidak terdaftar BPOM dan lulus uji berkala.

Itulah beberapa kebiasaan-kebiasaan sepele yang menjadi penyebab Anda sulit mendapatkan keturunan. Untuk itu, jika Anda memang menginginkan keturunan hadir di hidup Anda, pastikan untuk menjauhi dan juga berhenti melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Loading...

Follow us