Jarak Kehamilan Terlalu Dekat, Jaga Kehamilan Agar Tetap Sehat dengan 4 Tips Ini

Jarak Kehamilan Terlalu Dekat – Kehadiran buah hati dalam keluarga tentu sangat dinantikan. Kehadirannya akan membuat keluarga kecil menjadi semakin bahagia. Saat si kecil lahir, anda tentu akan memberikan seluruh perhatian padanya, merawatnya dengan baik dan memberikan segala yang terbaik untuknya.

Terutama untuk ibu baru, merawat bayi bukanlah hal yang mudah. Anda harus terbiasa dengan berbagai situasi. Namun, anda tentu akan menjalankannya dengan penuh kebahagiaan. Di masa-masa menikmati menjadi seorang ibu baru, anda kemudian dinyatakan hamil lagi. Kondisi ini tentu menjadi tantangan untuk anda, karena di samping mengurus anak pertama, anda harus menjaga agar kondisi kehamilan tetap sehat.

Baca juga : Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

Jarak Kehamilan Terlalu Dekat

Jarak Kehamilan Terlalu Dekat, Jaga Kehamilan Agar Tetap Sehat dengan Tips Ini

Nah, untuk menjaga kehamilan dengan jarak terlalu dekat, anda dapat perhatikan beberapa tips ini.

Istirahat yang Cukup

Jarak Kehamilan Terlalu Dekat

Jarak kehamilan yang terlalu dekat mungkin menjadi tantangan untuk anda. Walaupun anda disibukan dengan mengurus si kecil, namun anda tetap harus mencukupi waktu istirahat agar kehamilan anda yang baru tetap sehat.

  • Ketika anda dinyatakan hamil anak kedua, anda harus bisa menyempatkan waktu lebih banyak untuk beristirahat.
  • Jika khawatir si kecil tidak ada yang menjaga, anda dapat meminta bantuan keluarga. Atau menyempatkan tidur ketika anak tidur. Meskipun sebentar namun tentunya akan bermanfaat untuk anda.

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Jarak Kehamilan Terlalu Dekat

Makanan adalah faktor penting yang mendukung kesehatan ibu hamil, terlebih lagi untuk kehamilan yang jaraknya terlalu dekat. Ditambah lagi anda harus menyusui anak anda yang pertama, maka kebutuhan nutrisi harian anda tentu akan menjadi lebih banyak.

  • Ibu hamil memerlukan aneka zat gizi makro, serta mikro guna menjaga perkembangan si kecil dalam kandungan dan sebagai cadangan saat menyusui. Seperti misalkan protein, karbohidrat, lemak, asam folat, zat besi, kalsium, seng dan  yodium.
  • Saat anda hamil dan harus menyusui anak, maka kebutuhan zat gizi makro serta mikro akan bertambah yang meliputi asam folat, zat besi, vitamin A, vitamin B2, vitamin B1, vitamin B6, vitamin B3, vitamin D, vitamin C, seng, yodium dan selenium.
  • Untuk memenuhi kebutuhan harian tersebut anda dapat mengonsumsi beberapa makanan lebih banyak seperti ikan, susu dan produk olahannya, daging, tahu, kacang-kacangan, tempe, buah dan sayuran, terutama sayuran berwarna hijau.

Melakukan Olahraga Ringan

Jarak Kehamilan Terlalu Dekat

Olahraga ringan dinyatakan aman bagi ibu hamil. Selain itu, juga memiliki manfaat yang bagus untuk ibu hamil. Misalkan dapat membantu melancarkan peredaran darah, meredakan sakit punggung, menguatkan otot, menjadikan kualitas tidur lebih baik dan mengurangi stres. Untuk anda yang hamil dengan jarak terlalu dekat, melakukan olahraga ringan akan menyediakan energi tambahan.

Cara melakukan olahraga ringan yang aman yaitu dengan melakukan jenis olahraga yang tepat sesuai kondisi anda. Tentunya anda harus berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui jenis olahraga yang bisa dilakukan sesuai kondisi anda.

Periksakan Kandungan dengan Rutin

Jarak Kehamilan Terlalu Dekat

Memeriksa kandungan dengan rutin harus anda lakukan dan tidak boleh terlewatkan dalam setiap bulannya. Terlebih lagi jika jarak kehamilan anda terlalu dekat.

Anda harus rutin kontrol sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh dokter. Dokter akan memberikan saran dalam mendukung proses kehamilan. Selain itu, apabila muncul risiko  yang dapat membahayakan kehamilan, maka dokter akan segera memberikan pertolongan untuk mencegah kondisinya semakin memburuk.

Artikel lainnya : 5 Cara Menambah Berat Janin Dalam Kandungan

Itulah tips menjaga kehamilan dengan jarak yang terlalu dekat agar kehamilan tetap sehat. Anda sebaiknya selalu berkonsultasi pada dokter mengenai keluhan atau masalah yang anda alami. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply