Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal Untuk Kehamilan Sehat dan Aman

Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal Untuk Kehamilan Sehat dan Aman – Memiliki berat badan yang ideal selama kehamilan adalah hal penting yang harus anda perhatikan. Berat badan berlebih sebelum kehamilan akan membuat risiko komplikasi meningkat, baik itu tekanan darah tinggi, fungsi jantung terganggu, sampai keguguran. Oleh karena itu, untuk anda yang sedang mempersiapkan kehamilan, anda harus menjaga agar berat badan tetap ideal.

Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal

Baca juga : Tips Mencegah Keputihan Saat Hamil

Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal Untuk Kehamilan Sehat dan Aman

Beberapa langkah bisa anda lakukan sebagai cara mencapai berat badan ideal sebelum kehamilan. Nah, berikut ini tips mendapatkan berat badan ideal untuk kehamilan sehat dan aman.

Memulai dengan Sedini Mungkin

Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal

Mencapai berat badan ideal sebagai langkah untuk mempersiapkan kehamilan sehat dan aman untuk beberapa wanita tidaklah mudah. Apalagi anda tidak dapat memperkirakan kapan akan masuk trimester pertama. Oleh karena itu, anda harus memulainya sedini mungkin, jangan menunda-nundanya demi kehamilan sehat yang anda idamkan.

  • Apabila anda mempunyai berat badan yang berlebih, anda harus segera memperbaiki pola makan serta menerapkan gaya hidup sehat.
  • Anda bisa melakukannya jauh-jauh hari sebelum kehamilan direncanakan. Sehingga anda akan mempunyai waktu lebih banyak untuk menurunkan berat badan supaya mencapai berat badan ideal.

Melakukan Olahraga dengan Rutin

Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal

Ketika anda akan merencanakan kehamilan, maka biasanya anda akan disarankan untuk berolahraga dengan intensitas sedang, sehari selama 30 menit. Ada beberapa jenis olahraga yang dapat anda lakukan untuk mencapai berat badan ideal agar bisa segera hamil, beberapa di antaranya yaitu :

  • Jalan kaki
  • Bersepeda
  • Jogging pada treadmill atau jalur yang memiliki permukaan rata
  • Menaiki tangga
  • Dansa atau senam aerobik
  • Untuk mengetahui panduan yang tepat olahraga sebagai cara mempersiapkan kehamilan, anda juga bisa melakukan konsultasi pada dokter.

Konsumsi Cemilan Sehat

Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal

Mulai dari sekarang anda harus mengganti cemilan yang biasa anda konsumsi dengan cemilan sehat. Mengonsumsi cemilan sehat akan membantu calon ibu mendapatkan berat badan ideal. Sedangkan, cemilan yang tinggi akan lemak jenuh dan gula hanya akan menyumbangkan kalori tambahan yang akan mengagalkan usaha anda untuk mencapai berat badan ideal.

  • Gantilah cemilan anda dengan cemilan sehat. Pilih cemilan rendah kalori atau alami seperti yogurt rendah lemak, buah segar atau kue yang mengandung gula sedikit.
  • Anda harus membatasi cemilan seperti donat, kue kering, permen, kue tart, sirup, keripik, madu kemasan hingga cemilan dengan tambahan pemanis.

Konsumsi Makanan atau Minuman Tinggi Kalori Harus Dibatasi

Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal

Selama anda merencanakan kehamilan, anda harus memperhatikan apa yang anda konsumsi. Perhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Anda harus batasi konsumsi junk food, makanan cepat saji ataupun makanan yang diolah dengan cara digoreng. Pasalnya, makanan ini tinggi akan kandungan kalori dan usaha anda untuk mencapai berat badan ideal akan menjadi sulit.
  • Selain itu, anda juga harus mengurangi konsumsi minuman manis seperti es teh, minuman bersoda, fruit punch dan minuman penambah energi. Anda dapat mengganti minuman tersebut dengan minuman yang lebih sehat seperti air mineral, teh hangat dengan tambahan sedikit madu dan jus buah tanpa tambahan gula.

Pantau Kenaikan Berat Badan

Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal

Saat hamil kenaikan berat badan adalah hal yang wajar untuk mendukung si kecil berkembang dalam kandungan. Namun, bukan berarti kenaikan berat badan tidak terkontrol. Kenaikan berat badan itu sendiri tergantung dari berat badan anda sebelum hamil.

Oleh karena itu, sebagai cara untuk memantau kenaikan berat badan, anda harus mencatat berat badan anda sebelum hamil dan kenaikannya saat anda hamil. Anda harus berkonsultasi pada dokter mengenai kenaikan berat badan ini.

Lihat juga : Cara Mengatasi Nyeri Payudara Saat Hamil

Itulah tips mendapatkan berat badan ideal untuk kehamilan sehat dan aman. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply