Sakit Punggung Saat Hamil? Atasi dengan 4 Cara Mudah Ini

Sakit Punggung Saat Hamil – Saat hamil tubuh seorang wanita akan mengalami perubahan, di antaranya yaitu perubahan hormon, serta otot panggul. Dimana karena perubahan tersebut dapat membuat ibu hamil mengalami sakit punggung. Biasanya kondisi ini dapat dialami saat trimester kedua kehamilan.

Sakit Punggung Saat Hamil

Lihat juga : Cara Mencegah Stretch Mark Saat Hamil

Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

Untuk membantu meredakan rasa tidak nyaman yang disebabkan karena sakit punggung saat hamil, beberapa cara berikut ini bisa anda coba.

Kompres Punggung

Sakit Punggung Saat Hamil

Sakit punggung yang anda alami ketika hamil tentu akan terasa tidak nyaman. Terlebih lagi, sakit yang dirasakan akan mengganggu aktivitas sehari-hari anda. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan kompres punggung.

  • Anda bisa mengompres punggung dengan menggunakan handuk yang sudah diisi es batu. Kompres dingin ini bisa anda lakukan selama kurang lebih 20 menit. Dalam sehari anda bisa mengulanginya beberapa kali.
  • Setelah melakukannya selama tiga hari, anda bisa menggantinya dengan mengompres hangat. Caranya yaitu, isi botol dengan menggunakan air hangat. Lalu tempelkan botol air hangat tersebut pada punggung anda.
  • Selain itu, ketika mandi air hangat anda juga dapat menambahkan minyak esensial atau garam epsom. Dengan cara ini mungkin akan membantu meredakan sakit punggung yang anda alami.

Perbaiki Postur Tubuh

Sakit Punggung Saat Hamil

Memperbaiki postur tubuh akan membantu mengurangi rasa tidak nyaman karena sakit punggung saat hamil. Nah, beberapa hal berikut ini harus anda perhatikan.

  • Anda sebaiknya tidak memutar badan ataupun membungkuk ketika duduk atau berdiri.
  • Selain itu, ibu hamil disarankan agar tidak lama pada satu posisi tertentu.
  • Untuk menghindari nyeri, berdiri atau duduk dengan tegak, regangkan punggung berkala.
  • Sakit punggung yang dialami ibu hamil juga bisa diredakan dengan posisi tidur yang tepat. Pilihlah posisi tidur menyamping dengan meletakan bantal di antara lutut, pada punggung serta bawah perut. Selain itu, penggunaan penyangga perut juga akan membantu mengurangi sakit punggung ketika hamil.

Melakukan Pijat

Sakit Punggung Saat Hamil

Pijat menjadi salah satu cara yang sering dilakukan untuk mengatasi sakit pada bagian tubuh tertentu. Hanya saja, saat hamil ibu tidak boleh melakukan pijat dengan sembarangan.

  • Sebelum memutuskan untuk melakukan pijat, anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Apakah kondisi anda memungkinkan untuk dilakukan pijat atau tidak.
  • Kemudian saat melakukan pijat, anda bisa melakukan pemijatan pada punggung bawah dan seluruh bagian punggung.
  • Anda dapat meminta pasangan atau terapis profesional untuk memberikan pijatan yang lembut. Pijatan yang dilakukan akan membantu meredakan lelah, serta sakit otot.

Olahraga

Sakit Punggung Saat Hamil

Seperti yang kita ketahui, olahraga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Ketika hamil anda tidak bisa melakukan olahraga seperti biasanya. Anda harus melakukan olahraga ringan dan aman untuk ibu hamil. Ada beberapa olahraga yang dirancang khusus untuk ibu hamil.

  • Olahraga yang aman dilakukan saat hamil yaitu prenatal yoga, senam kegel, jalan kaki, pilates dan berenang.
  • Namun, sebelum melakukan olahraga alangkah lebih baiknya jika anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Anda dapat meminta rekomendasi olahraga apa yang sesuai dengan kondisi kehamilan anda karena kondisi kehamilan setiap ibu berbeda-beda.

Baca juga : Cara Mengatasi Sakit Maag Saat Hamil

Itulah beberapa cara mudah dan sederhana mengatasi sakit punggung saat hamil. Saat hamil, tidak disarankan untuk memakai sepatu tinggi. Selain itu, ketika akan mengambil sesuatu di lantai, hindari langsung membungkukan tubuh, anda bisa menekuk lutut kaki terlebih dahulu. Apabila rasa sakit tidak kunjung hilang atau bertambah parah, anda harus melakukan konsultasi pada dokter.

Leave a Reply