Faktor Gaya Hidup Mempengaruhi Kesehatan Mata

3/5 (1)

1.  Kelebihan berat badan

Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dengan kandungan lemak jenuh tinggi dan juga beberapa makanan yang dikemas dengan kandungan zat kimia yang berbahaya akan membuat anda mengalami gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan dari mengkonsumsi makanan berlebih sering dialami adalah kelebihan berat badan sehingga mengakibatkan indeks massa tubuh lebih dari 25. Kelebihan berat badan akan mengakibatkan beberapa hal diantaranya adalah diabetes tipe 2. Perkembangan dari penyakit diabetes tipe 2 ini akan berhubungan dengan kesehatan mata, saraf, ginjal dan jantung. Pada mata khususnya sering mengakibatkan munculnya katarak dan diabetes retinopati diabetik. Membiasakan mengkonsumsi makanan hasil dari rumah sendiri lebih baik karena lebih dapat mengontrol kebutuhan gizi dalam menu setiap hari meskipun tidak selamanya mungkin makan hasil masakan sendiri, anda dan keluarga yang menghabiskan makan di resto atau tempat lainnya dapat mengontrol kebutuhan gizi yang anda pilih. Sehingga disarankan untuk anda memilih konsumsi makanan yang sehat dan menjaga pola makan untuk hasil yang maksimal bagi kesehatan mata anda.

2.  Kebiasaan buruk merokok

Pilihan gaya hidup sehat selanjutnya adalah menghentikan kebiasaan buruk anda untuk merokok. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa mereka yang merokok memiliki harapan hidup yang pendek ketimbang mereka yang tidak merokok, hal ini berhubungan memicu berkembangnya penyait kanker dan jantung pada tubuh yang merokok. Penelitian selanjutnya menghubungkan adanya hubungan antara perokok dengan kesehatan mata, dimana untuk anda yang merokok lebih rentan terhadap katarak dan degenerasi makula terkait dengan usia (AMD). Kandunga yang terdapat dari sebatang rokok merupakan bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan yang membuat penglihatan anda memudar di usia senja. Oleh karena itu biasakan hidup sehat dengan menghindari rokok, usahakan di lingkungan keluarga terlebih dahulu. Dengan kata lain anda telah memberikan contoh pada anggota keluarga untuk hidup sehat.

3.  Mengkonsumsi makanan tidak sehat

Mengkonsumsi makanan tidak sehat banyak macamnya terkadang anda tidak menyadari bahwa konsumsi makanan anda akan berefek negatif pada kesehatan anda. Makanan yang sehat berhubungan dengan kecukupan gizi harian anda. Dengan memilih menu yang seimbang akan membantu anda untuk melindungi kesehatan terutama kesehatan jantung dan perkembangan penelitian yang dilakukan menghubungkan adanya keterkaitan antara konsumsi makanan yang memiliki kandungan karetonoid untuk melindungi anda dari katarak dan AMD. Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat dengan melengkapi porsi harian kebutuhan nutrisi dari sayur dan buah. Mengkonsumsi makanan yang sehat, zeaxanthin dan dua karotenoid lutein akan membantu anda untuk menghindari kerusakan yang ringan dan juga oksidatif induced yang mengarah pada katarak. Sehingga mengkonsumsi makanan dengan daun gelap dan beberapa buah-buahan akan menjaga kesehatan mata anda.

4.  Menghindari sinar matahari berlebihan

Sinar matahari mempunyai ketersedian vitamin untuk tulang anda akan tetapi jika berlebih tidak baik untuk kesehatan mata anda. Paparan dari sinar matahari yang kuat untuk waktu yang lama beresiko memicu katara sehingga untuk anda yang aktif di luar ruangan sebaiknya menggunakan kacamata hitam ketika berhadapan lama di bawah sinar matahari apalagi ketika siang dan sore hari. Begitupula dengan anak anda, kerusakan  mata akan meningkat dua kali lipat, menyebabkan adanya kerusakan jangka panjang.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply