Kandungan Nutrisi Ikan Laut Untuk Kesehatan

2.67/5 (3)

Berikut adalah kandungan nutrisi ikan laut untuk kesehatan :

1.  Protein

Protein yang terkandung pada daging ikan terdiri dari serat protein yang lebih pendek dari protein daging sapi atau ayam sehingga lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh. Hal ini  dapat memperlancar proses pencernaan anda. Sangat cocok untuk dikonsumsi oleh seseorang yang mengalami masalah pencernaan atau yang berada pada program diet atau untuk bayi / balita yang belum mendapatkan proses pencernaan yang sempurna. Selain itu kandungan protein dapat merangsang pertumbuhan sel otak balita. Kandungan protein pada ikan bertindak untuk merangsang pertumbuhan sel-sel otak pada bayi  yang disebut dengan taurine.

2.  Lemak

Asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh. Selain itu juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan asam lemak tak jenuh dapat menyimpan Tingkat Kolesterol di dalam darah dan bantuan dari asam lemak omega 3(EPA dan DHA) dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Hal ini tentu saja juga sangat bermanfaat bagi orang yang menderita penyakit yang berhubungan dengan kolesterol. Selain itu kandungan dari Asam Lemak Omega 3 dapat membantu meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak janin, bayi dan balita dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit. Bagi anda yang berusia produktif bantuan dari omega 3 dapat membantu mencegah berbagai Penyakit Degeneratif (penyakit yang timbul sebagai proses penuaan/usia)

3.  Vitamin

Kandungan vitamin yang terdapat pada ikan laut dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah kebutaan pada anak-anak. Selain itu kandungan vitamin D sangat berperan dalam pertumbuhan dan menjaga kekuatan tulang. Kandungan vitamin yang tidak kalah penting adalah Vitamin B kompleks pada Ikan Laut yang menguntungkan untuk menghasilkan energi, membantu metabolisme karbohidrat, jantung sehat, melindungi terhadap kanker, mencegah migrain, mencegah katarak, menurunkan kolesterol, mengurangi depresi, mengurangi gangguan pada sendi, membantu sistem saraf dan metabolisme, mengurangi alergi dan kelelahan, membantu dalam pembentukan hormon, membantu pembentukan sel darah merah dan mengurangi hipertensi dan asma, untuk membantu perkembangan janin, mencegah anemia, membantu pembentukan hemoglobin dan sel darah merah, serta berbagai manfaat lain dari vitamin B kompleks.

4.  Mineral

Beberapa mineral yang terkandung di dalam ikan laut dapat membantu menjaga kesehatan. Zat besi dapat mencegah anemia sedangkan kandungan yodium dapat mencegah penyakit gondok dan membantu pertumbuhan anak serta meningkatkan kecerdasannya. Kandungan selenium dapat membantu metabolisme tubuh, sebagai anti-oksidan, dan mencegah penyakit degeneratif. Selenium dengan Vitamin E dapat membantu elastisitas jaringan tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya Penuaan Prematur yaitu suatu kondisi di mana seseorang terlihat lebih tua dari usianya. Sedangkan kandungan seng dapat membantu pembentukan enzim dan hormon dalam tubuh. Adapun manfaat Fluor berfungsi untuk memperkuat dan menyehatkan gigi.

Baca juga : Resep Ikan Laut

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel