Cara Mewujudkan Kehamilan Sehat

Kehamilan yang Sehat

Perencaan kehamilan untuk mewujudkan kehamilan yang sehat dimaksudkan untuk mendapatkan kondisi fisik dan psikis ibu yang menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Dengan perencanaan kehamilan yang sehat maka diharapkan dapat mengurangi keluhan selama kehamilan dan menghindari resiko abnormal pada janin. Kehamilan yang sehat didukung oleh pemeriksaan kesehatan sebelum kehamilan diantaranya dengan pemeriksaan kesehatan reproduksi ibu dan kesehatan pasangan. Pemeriksaan yang penting akan membantu dalam mengatasi kemungkinan terjadinya kelainan genetik pada bayi di dalam kandungan.

Dengan demikian penting untuk melakukan perencanaan kehamilan untuk mewujudkan kehamilan sehat sebagai berikut :

A.   Perkaya Pengetahuan

Anda dapat memperkaya pengetahuan seputar kehamilan yang berhubungan dengan perencanaan, perawatan selama kehamilan, menjelang persalinan, pasca persalinan dan juga perawatan bayi dari berbagai sumber yang terpercaya. Apabila diperlukan anda langsung dapat bertanya dengan ahlinya sehingga anda dapat mempersiapkan langsung kehamilan anda secara sehat.

B.   Perhatikan pola makan

Anda dapat menjaga pola makan dengan asupan yang mendukung sebagai berikut :

  1. Susu. Anda dapat memilih susu murni dari pada susu yang bebas lemak. Susu sapi yang murni memiliki kesiembangan untuk hormon pria dan wanita. Kandungan estrogen dalam susu murni terikat pada global lemak sedangkan hormon laki-laki akan bersikulasi dengan cairan susu. Riset yang dilakukan di Babyzone.com susu bebas lemak akan menghasilkan penurunan kesuburan anda sedangkan konsumsi susu krim akan meningkatkan kesuburan.
  2. Sayuran Hijau. Sayuran hijau seperti bayam akan memenuhi kebutuhan antioksidan, asam folat, vitamin E dan vitamin B yang memberikan kesehatan untuk sistem reproduksi yang sehat. Selanjutnya brokoli adalah sayuran yang dapat menyeimbangkan level estrogen dan meningkatkan kesuburan wanita. Bagi wanita yang memiliki kelebihan estrogen akan merusak hormon reproduksi sehingga membuatnya sulit untuk mendapatkan kehamilan, sehingga memicu masalah fibroid dan endometriosis.
  3. Minyak Zaitun. Kurangi konsumsi kandungan makanan yang berminyak. Sebaiknya anda menggantinya dengan minyak zaitun. Kandungan asam lemak yang terkandung di dalam minyak zaitun bermanfaat untuk kesehatan jantung, tubuh, serta level kolestrol sehingga menyeimbangkan endokrin yang sehat.
  4. Almond. Makanan yang mengandung vitamin E yang sehat untuk reproduksi adalah Almond. Perawatan dengan menggunakan vitamin E akan mendorong kesuburan laki laki sehingga disarankan mengkonsumsinya sebanyak 45%. Almond juga sangat baik untuk kesuburan dan mendukung perencanaan kehamilan yang sehat.
  5. Kalori Ekstra. Perhatikan pula kebutuhan kalori ekstra yang dapat menunjang kehamilan anda.Anda dapat mempersiapkannya sebelum kehamilan dengan mendapatkannya dari berbagai jenis makanan seperti sereal, nasi, roti dan pasta. Kalori bermanfaat untuk menyokong perubahan tubuh ibu selama kehamilan.

C.   Siap hadapi Berbagai Perubahan Kehamilan

Anda dapat menyiapkan kesiapan secara psikis termasuk perubahan yang akan terjadi pada saat kehamilan anda akan berlangsung. Anda dapat mendapatkan dukungan selama kehamilan dari orang terdekat seperti dari suami dan keluarga besar sehingga kesiapan anda dalam menjadi ibu baru semakin siap.

D.   Lakukan Pemeriksaan kehamilan secara teratur

Memasuki usia kehamilan pertama sebaiknya anda melakukan pemeriksaan secara teratur. Pemeriksaan kehamilan salah satu bagian dari Antenatal Care (ANC) yang akan mencegah masalah yang terjadi selama kehamilan dan menurunkan resiko kematian pada ibu hamil. Dalam melakukan pemeriksaan kehamilan akan berbeda beda sesuai dengan usia kehamilan. Semakin tua usia kehamilan anda maka semakin sering anda harus melakukan pemeriksaan kehamilan.

Sehingga bagi anda yang akan merencanakan kehamilan dan juga sedang dalam masa kehamilan sebaiknya sangat menjaga pola hidup terutama yang sangat bermanfaat untuk kesehatan anda dan janin. Pola hidup sehat seperti menghindari asap rokok, mengurangi makanan cepat saji, menjalani latihan latihan kehamilan dan juga memperhatikan asupan nutrisi selama kehamilan. Semoga dengan cara tersebut akan mewujudkan kehamilan yang sehat dan persalinan yang lancar.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply