data-ad-format="auto"

Cara Mengetahui Kehamilan Sejak Dini

Kehamilan merupakan moment yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri terlebih bagi anda yang baru saja menikah.

 

Kehamilan merupakan proses alami yang terkadang baru dikenali setelah beberapa bulan anda telat menstruasi.Padahal mengetahui tanda kehamilan sangat penting untuk menjaga hamil muda yang rentan mengalami keguguran. (Artikel menarik lainnya: tanda-tanda hamil muda)

Selain itu hamil muda membutuhkan banyak asupan nutrisi dalam membentuk janin. Salah satu diantaranya adalah asupan asam folat diminggu pertama kehamilan.Untuk membantu anda dalam memberikan pengetahuan kehamilan sejak dini,berikut adalah cara mengetahui kehamilan sejak dini.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

cara mengetahui kehamilan

Mendeteksi Pembuahan

Kehamilan terjadi karena adanya pembuahan setelah berhubungan suami istri.Hanya saja terjadinya pembuahan kurang disadari oleh sebagian besar wanita. Untuk mengetahui pembuahan yang terjadi maka dilakukan deteksi dini. Deteksi dini dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Cara pertama adalah dengan mengukur suhu tubuh ketika bangun di pagi hari. Ketika akan beranjak dari tempat tidur anda dapat mengukur temperatur. Pada saat terjadi pembuahan maka suhu tubuh akan sedikit turun kemudian naik lagi.Bahkan suhu tubuh akan terus meningkat di dua hari berikutnya,yaitu berkisar 0,4-0,6 yang lebih tinggi dari kondisi normal.

Kondisi kedua yang dialami oleh wanita yang mengalami pembuahan adalah ketidaknyamanan yang terjadi pada bagian perut bawah.Mengalami rasa nyeri di bagian perut karena terjadi pembuahan.Bahkan dapat pula mengalami rasa sakit di punggung bawah,hanya saja rasa nyeri dan sakit tidak akan berlangsung lama dan hanya terjadi sebentar saja.

Selanjutnya ditandai dengan keluarnya cairan dari mulut alat kelamin wanita. Cervical mucus yang tipis ketika mendekati pembuahan.Bahkan apabila dicermati terjadi perubahan pada warna bibir alat kelamin wanita. Hal ini dikarenakan indikasi terjadinya ovum, bahkan warnanya berubah menjadi pucat.

Cara Mengetahui Kehamilan

Sedangkan untuk mengetahui kehamilan sejak dini anda dapat mengetahui melalui perubahan fisik dan psikis. Berikut adalah cara mengetahuinya dilihat dari perubahan yang terjadi pada wanita.

1.Telat Menstruasi

Wanita dengan siklus menstruasi yang normal ketika hamil ditandai dengan terlambatnya menstruasi.Hanya saja terlambat haid dapat juga disebabkan karena faktor lain yang merupakan bukan gejala hamil.Untuk dapat memastikannya anda dapat memeriksakan diri ke dokter kandungan atau menggunakan alat test kehamilan yang dijual bebas di apotek.

2.Flek dan Kram

Cara selanjutnya yang dapat mengetahui kehamilan  adalah dengan munculnya flek dan kram. Pada saat awal pembuahan, wanita mengalami implantasi dimana embrio menempel pada dinding uterus .Kondisi ini dapat berlangsung selama 8-10 hari dibandingkan datangnya haid. Kemudian ditambah dengan kondisi kram seperti gejala PMS, hanya saja waktunya lebih pendek dibandingkan dengan menstruasi normal.

3.Mual dan Muntah

Perubahan kondisi tubuh ketika hamil muda yang dapat diketahui adalah mual dan muntah. Mial dan mintah atau dikenal juga dnegna istilah morning sickness. terjadi pada pagi, siang atau malam. Hanya saja akan terasa sangat parah ketika pagi dan malam hari.Morning sickness terjadi pada 2-8 minggu setelah pembuahan dan berhenti dengan sendirinya pada bulan ke empat kehamilan.

Mual dan muntah yang dialami oleh wanita hamil dikarenakan terjadi perubahan hormon di dalam tubuh selama awal kehamilan,meskipun demikian setiap ibu hamil mengalami kondisi yang berbeda.Ada yang mengalami mual dan muntah yang ringan bahkan hingga berat.

4.Lelah berlebihan

Ibu hamil akan mengalami kelelahan yang berlebihan, tubuh mengalami perubahan yaitu ditandai dengan metabolisme yang  signifikan sehingga ibu hamil mengalami rasa lelah yang berlebihan meskipun hanya melakukan aktivitas yang ringan.Kondisi tubuh ini perlu melakukan penyesuaian terhadap proses tumbuh janin bagi sebagian besar wanita di kehamilan muda.

Sehingga bagi anda yang mengalami rasa lelah berlebihan, anda tidak perlu khawatir karena kondisi ini akan berakhir di minggu ke 12 kehamilan.

5.Perubahan Buah Dada

Perubahan yang terjadi pada awal kehamilan yaitu ketika buah dada dan aerola berubah warna dan ukuran.Pada saat hamil wanita mengalami perubahan payudara dimana bagian aerola lebih lembut setelah tiga minggu mengalami pembuahan.

Bahkan ukuran buah dada semakin besar dan terasa bengkak sama halnya ketika anda mengalami PMS. Warna dari aerola berubah menjadi gelap, kondisi ini merupakan adanya adaptasi dari tubuh wanita untuk membantu dalam proses menyusui.Aerola yang gelap akan membantu bayi yang lahir untuk menemukan puting untuk menyusui.

6.Sering Buang Air Kecil

Cara mengetahui tanda kehamilan sejak dini adalah ketika wanita sering mengalami buang air kecil.Kebiasaan buang air kecil dikarenakan rahim yang semakin membesar dan menekan kandung kemih. Hal ini dapat terjadi sekitar 6-8 minggu setelah terjadi pembuahan.Ketika rahim keluar dari rongga panggul maka keluhan ini akan berkurang, hanya saja ketika memasuki trimester akhir. Keluhan ini akan mulai terasa kembali karena janin sudah mulai masuk ke rongga panggul.

7.Terjadi perubahan psikis dan fisik

Ketika wanita hamil mengalami perubahan dimana terjadinya rahim dan dinding rahim yang lunak sekitar 2-8 minggu. Kemudian ditandai dengan nafsu makan yang berkurang.Bahkan beberapa ibu hamil yang mengalami morning sickness berat harus membutuhkan bantuan ahli medis.

Adapula perubahan pola tidur yang berubah karena wanita lebih sering mengalami insomnia. Bahkan seringkali ditandai dengan kondisi psikis ibu yang berubah. Kondisi ini ditandai dengan ibu yang seringkali lebih sensitif.

8. Test Kehamilan

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengetahui kehamilan dini adalah melakukan test kehamilan. Test kehamilan yang dapat dilakukan adalah dengan berbagai cara. Ada yang menggunakan test kehamilan yang dapat dibeli di apotek, testpack. Sedangkan test kehamilan yang memiliki hasil yang akurat adalah dengan menggunakan pemeriksaan USG, Office pregnancy test, pregnancy blood test dan internal exam.

Pada pemeriksaan kehamilan melalui alat medis bertujuan untuk melacak hormon kehamilan atau Chorionic Gonadotropin (HCG) yang ditemukan di dalam darah atau urin wanita. Saat hamil , terjadi peningkatan hormon HCG di dalam tubuh, bahkan mulai mengalami peningkatan yang lebih besar setelah seminggu mengalami ovulasi.

Sehingga sangat disarankan untuk wanita yang terlambat datang haid satu sampai dua minggu dari tanggal yang umum terjadi menstruasi. Berbeda bagi wanita yang mengalami menstruasi yang tidak teratur, pemeriksaan kehamilan  medis umumnya sangat diperlukan untuk mengetahui dini kehamilan yang terjadi.

Dengan demikian cara mengetahui kehamilan sangat penting untuk dilakukan karena dapat membantu anda untuk menjaga kehamilan sejak dini. Kehamilan muda sangat rentan terkena keguguran dan juga bagi sebagian wanita yang memiliki riwayat kesehatan tertentu harus menjaga kehamilan ekstra membutuhkan konsultasi dengan dokter.

Dengan mengetahui kehamilan sejak dini maka dapat mengurangi resiko keguguran, melengkapi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan sesuai dengan usia kehamilan dan menjaga kehamilan .Cara mengetahui kehamilan dapat diperhatikan dari perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada wanita ataupun dengan melakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan kehamilan dapat dilakukan sejak anda terlambat datang bulan, sedangkan waktu yang terbaik melakukan pemeriksaan yaitu 2 minggu setelah terlambat datang bulan. Dokter kandungan atau bidan akan melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui kehamilan anda secara pasti.

Loading...

Follow us