data-ad-format="auto"

Cara Mempercepat Kehamilan

Bagi sebagian pasangan suami istri mendapatkan momongan memerlukan usaha lebih ekstra. Harapan untuk segera memiliki buah hati harus dijalani dengan sabar dan penuh dengan usaha.Anda tidak perlu kecewa,banyak pengalaman yang dialami oleh pasangan suami istri mendapatkan momongan setelah beberapa bulan atau beberapa tahun menikah.

bagi wanita yang sulit hamil dipengaruhi oleh beberapa faktor,salah satunya adalah mengalami kesulitan hamil yang disebabkan karena kesuburan suami atau wanita. Keduanya memiliki prosentase 40%, dimana prosentase ini sama ketika mengalami kesulitan hamil dialami oleh suami atau istri.Sedangkan beberapa faktor lainnya dapat disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat,kebiasaan mengkonsumsi alkohol atau beberapa faktor lainnya.

Berikut adalah tips dan cara mempercepat kehamilan:

cara mempercepat hamil

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Kehamilan

Moment yang paling ditunggu setelah berkeluarga adalah hadirnya sang buah hati. Hanya saja tanda-tanda kehamilan belum juga dapat anda rasakan?Anda tidak pelu khawatir.Waktu kehamilan anda tidak dapat disamakan dengan kehamilan rekan atau teman anda.

Waktu kosong yang dimulai dari awal pernikahan hingga hari ini kadang kala membuat wanita cemas. Perlu anda ketahui kehamilan sangat ditentukan oleh masa subur. Selain itu faktor kesuburan suami, lingkungan, gaya hidup dan kesehatan anda ikut berperan dalam menentukan cepat atau lambatnya kehamilan.

Untuk mempercepat kehamilan anda dapat melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat melalui makanan dan asuapna nutrisi yang dapat membantu mempercepat kehamilan.

Makanan dan Nutrisi Mempercepat Kehamilan

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempecepat kehamilan adalah dengan memberikan asupan gizi yang seimbang sehingga dapat mempercepat pembuahan.

1.Asam Folat

Makanan yang mengandung asam folat diantaranya adalah adalah sayuran hijau,kacang-kacangan, biji-bijian atau hati sapi.Makanan tersebut dapat membantu dalam mempersiapkan kebutuhan asam folat yang dibutuhkan dalam awal pembentukan janin.

Asam folat akan membantu dalam periode pembelahan sel dengan cepat yang dapat berperan penting dalam melengkapi nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.Konsumsi makanan yang mengandung asam folat sehingga membantu dalam mempersiapkan tubuh untuk pembentukan janin yang sehat.

2.Vitamin B dan D

Kedua viatamin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam meningkatkan kesuburan.Terutama adalah vitamin B yang dapat meningkatkan kesuburan reproduksi.Penenelitian yang dilakukan vitamin B12 akan membantu meningkatkan kesuburan pria dan untuk membantu meningkatkan kesuburan wanita yaitu vitamin B6.

Lengkapi juga dengan vitamin D yang dapat menyeimbangkan hormon reproduksi.Anda dapat mengkonsumis makanan dengan olahan susu ,telur,hati dan sereal. Bahkan olahraga dipagi hari dapat membantu untuk memberikan paparan sinar matahari yang kaya akan vitamin D dan baik untuk ovulasi wanita.

3.Zat Besi

Kebutuhan zat besi ketika hamil sangat penting.Selain itu kandungan zat besi yang rendah akan mempengaruhi kesuburan.Anda dapat mempersiapkan kehamilan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Makanan yang mengandung zat besi dapat anda peroleh dari tuna, selai kacang, salmon, daging sapi atau kismis.Bahkan anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi apakah penting mengkonsumsi suplemen yang mengandung zat besi.

4.Omega 3

Kandungan asam lemak omega 3 akan membantu dalam meningkatkan kesuburan.Kandungan omega 3 seringkali dihubungkan dengan kualitas embrio. Sehingga dapat membantu berperan dalam membantu memperlancar aliran darah dan menghasilkan plasenta yang dibutuhkan bayi.

Beberapa sumber makanan yang mengandung omega 3 diantaranya adalah minyak ikan, alpukat, biji-bijian dan kacang-kacangan.Sehingga beberapa makanan inilah dapat anda konsumsi untuk membantu mencukup kebutuhan omega 3.

Gaya Hidup Mempecepat Kehamilan

Peran penting gaya hidup dalam mempercepat kehamilan sangat besar. Sehingga bagi anda yang ingin segera memiliki momongan tidak ada salahnya mengubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat.

1.Mengetahui Masa Subur

Kehamilan dapat terjadi ketika masa subur berlangsung. Sehingga penting sekiranya wanita mengetahui masa subur.Dengan mengetahui masa subur pembuahan memiliki kemungkinan yang lebih besar.Cara mengetahuinya adalah dengan mencatatat tanggal menstruasi, meskipun masa kesuburan berbeda-beda tetapi bagi anda yang memiliki siklus menstruasi normal dapat dengan mudah menentukannya.

2.Managemen Stress

Lingkungan kerja yang terlalu membenani pasangan suami istri akan berpengaruh pada kehamilan. Bagi anda yang ingin cepat hamil sebaiknya melakukan managemen stress.

Stress dapat mempengaruhi mood dan produktivitas kerja bahkan dapat membuat hubungan suami istri anda terganggu. Oleh karena itu maka diperlukan managemen stress dan mengurangi kegiatan yang membosankan.Bagi anda yang tidak dapat berlibur dapat menikmati cara lain seperti melakukan yoga untuk mengurangi stress.

3.Berat Badan  dan Kebiasaan Buruk

Salah satu kendala kehamilan adalah berat badan atau mengalami obesitas. Berat badan wanita akan berpengaruh pada cepat lambatnya kehamilan. Sehingga yang dilakukan untuk menjaga berat badan dengan melakukan olahraga yang rutin dan pola makanan yang sehat.

Selain itu kebiasaan buruk seperti mengkonsumi minuman keras, terbiasa merokok atau wanita karir yang biasa kerja hingga larut malam sebaiknya dikurangi bahkan dihilangkan ketika ingin mempecepat kehamilan.

4. Faktor Reproduksi

Selain dari kesuburan suami istri, hal yang terpenting lainnya adalah mengetahui kesehatan reproduksi. Beberapa gangguan reproduksi seperti menopause dini bagi wanita dan kualitas sperma bagi pria perlu menjadi perhatian dalam mempercepat kehamilan.

Menopause dini pada wanita yaitu berhentinya menstruasi pada usia yang tergolong muda yaitu berhenti sebelum usia 40 tahun. Sehingga tidak ada sel telur yang dapat dibuahi. Sedangkan bagi pria, kualitas sperma yang dikeluarkan atau mengalami ejakulasi dini akan mempengaruhi pembuahan.

Untuk dapat mempercepat kehamilan yang disebabkan oleh faktor reproduksi adalah dengan berkonsultasi dengan dokter kandungana atau bidan untuk dapat menentukan program kehamilan.

Cara Mempercepat Kehamilan dengan Program Kehamilan

Apabila anda ingin mempercepat kehamilan dengan mengikuti program kehamilan maka anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan. Ahli medis akan membantu dalam memeriksa kesehatan reproduksi anda dan juga suami. Setelah dicari tahu penyebabnya maka anda akan mudah mendapatkan program yang sesuai dan mempercepat kehamilan . Program kehamilan pada masing-masing pasangan suami istri akan berbeda mengingat masing-masing memiliki riwayat kesehatan yang berbeda pula.

Dengan demikian mempercepat kehamilan dapat dilakukan dengan berbagai cara, gaya hidup yang sehat sangat menentukan kehamilan. Mulailah mengurangi kebisaan merokok dan meninggalkan kebiasaan minum-minuman beralkohol. Perbanyak olahraga pada pagi hari untuk menjaga berat badan ideal. Konsumsi makanan yang sehat sehingga membantu menjaga dan meningkatkan kualitas kesuburan dan sistem reproduksi. 

Loading...

Follow us