4 Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Muda

Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil – Selain kondisi perut yang membesar, saat hamil banyak perubahan lainnya yang ibu hamil alami. Selain itu, beberapa keluhan tak jarang dialami oleh ibu yang sedang mengandung, salah satunya sulit tidur. Banyak ibu hamil yang mengeluh susah tidur di awal kehamilannya. Padahal waktu tidur yang cukup dibutuhkan oleh ibu yang sedang hamil.

Ketika hamil, tubuh seorang wanita akan mengalami perubahan hormon progesteron yang meningkat saat awal kehamilan. Selain itu, beberapa penyebab lainnya di antaranya, kebiasaan insomnia saat sebelum hamil, mual, lapar saat malam hari, gelisah, tidak nyaman pada tubuh, depresi dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Muda

Nah, untuk membantu mengatasi sulit tidur saat trimester awal kehamilan, beberapa cara di bawah ini bisa anda coba.

Menerapkan Kebiasaan Tidur yang Baik

Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Cara mengatasi susah tidur yang pertama yaitu anda bisa menerapkan kebiasaan tidur yang baik. Anda dapat melakukan rangkaian kebiasaan yang sama sebelum anda tidur malam. Dengan melakukan kebiasaan atau rutinitas ini akan membantu tubuh menjadi lebih santai, tenang dan rileks, sehingga anda akan mudah terlelap.

  • Anda bisa memulai dengan tidur dan bangun pada jam yang sama dalam setiap harinya.
  • Sebaiknya jangan menggunakan gadget setidaknya 1 jam sebelum anda tidur, serta jauhkan mata anda dari blue light.
  • Selain itu, anda juga dapat mandi dengan menggunakan air hangat sebelum anda tidur. Pastikan anda melakukan kebiasaan-kebiasaan ini dengan rutin setiap malam sebelum anda tidur.

Menciptakan Suasana Tidur yang Nyaman

Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Setelah anda melakukan kebiasaan yang baik sebelum tidur, selanjutnya anda harus membuat lingkungan tidur suasananya nyaman. Anda bisa melakukan hal-hal apapun yang dapat membuat tidur anda lebih nyaman. Misalkan anda dapat melakukan beberapa hal seperti berikut:

  • Saat tidur anda dapat menyelipkan bantal antara kedua lutut anda, meletakan bantal di bawah perut anda agar lebih nyaman, ataupun tidur dengan menggunakan bantal yang sedikit rendah ataupun tinggi sesuai dengan kenyamanan anda.
  • Selain itu, apabila memungkinkan anda bisa meredupkan lampu kamar tidur, serta mendinginkan ruangan. Kondisi penerangan yang minim, serta kondisi udara yang sejuk akan membantu anda menciptakan suasana tidur yang baik dan nyaman sehingga anda bisa tidur nyenyak.

Menerapkan Pola Makan yang Baik

Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Menerapkan pola makan yang baik sangat penting untuk dilakukan. Beberapa makanan dan minuman dapat menyebabkan ibu hamil mengalami insomnia saat awal kehamilan. Oleh karena itu, anda harus mengatur pola makan dengan baik, seperti :

  • Dianjurkan untuk makan malam lebih awal, kemudian mengunyah makanan dengan perlahan, serta mengonsumsi camilan ringan dan sehat beberapa jam sebelum waktunya tidur.
  • Untuk membantu anda cepat mengantuk, minum susu hangat saat malam hari bisa menjadi solusi.
  • Sebaiknya hindari atau batasi minuman berkafein, serta hindari juga terlalu banyak minum cairan sebelum anda tidur.
  • Selain itu, di sisi lain anda dapat membuat tubuh tetap aktif  saat pagi, siang ataupun sore hari. Anda bisa melakukan olahraga ringan yang dianjurkan untuk ibu hamil untuk membantu anda tidur nyenyak ketika malam hari. Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui olahraga apa yang bisa dilakukan oleh ibu hamil.

Melakukan Relaksasi

Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Di awal kehamilan meditasi dapat membantu mengelola insomnia, pernyataan tersebut berdasarkan penelitian yang diterbitkan jurnal Obstetric Medicine.

Lihat juga : Cara Menjaga Kehamilan Muda Agar Tetap Sehat

Untuk membantu mengatasi sulit tidur dengan relaksasi caranya yaitu rutin latihan relaksasi, serta meditasi. Kegiatan ini akan membantu menenangkan pikiran stres, cemas ataupun depresi saat trimester pertama kehamilan. Pasalnya kegiatan ini akan membuat otot tubuh anda menjadi rileks.

 

Leave a Reply