Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil – Saat hamil biasanya ibu akan mengalami berbagai keluhan, salah satunya sakit pinggang. Sakit pinggang saat hamil merupakan kondisi yang umum terjadi. Akan tetapi, jika tidak diatasi akan mengganggu kenyamanan ibu hamil.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit pinggang saat hamil seperti, pusat gravitasi tubuh berubah karena perkembangan kandungan, perubahan hormon, ukuran janin yang semakin bertambah besar dan lain sebagainya. Nah, untuk membantu mengurangi sakit pinggang saat hamil, beberapa cara ini diharapkan dapat membantu.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Ketika hamil banyak ibu yang merasa takut untuk melakukan aktivitas kesehariannya. Padahal ibu hamil tetap dapat beraktivitas normal namun dengan porsi yang ringan. Lantas apa saja yang harus dilakukan untuk membantu mengurangi sakit pinggang ketika hamil? Yuk simak di bawah ini.

Melakukan Olahraga dengan Teratur

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Olahraga akan membantu memperkuat otot, serta meningkatkan kelenturan, dapat membantu melatih otot pinggang, kaki, dan perut bawah. Namun, karena sedang hamil sebaiknya pilih olahraga yang cocok untuk ibu hamil. Olahraga tersebut yaitu olahraga ringan seperti jalan kaki atau yoga. Anda harus melakukan gerakan-gerakan dengan hati-hati pasalnya saat hamil sendi tubuh akan menjadi lebih longgar.

Perhatikan Posisi Tidur

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Ketika tidur anda harus memperhatikan posisi tidur anda. Posisi tidur yang disarankan untuk ibu hamil yaitu posisi miring ke samping dan bukan posisi telentang. Anda bisa menekuk salah satu lutut, lalu di bawahnya tempatkan bantal. Anda juga bisa meletakan bantal di bawah perut, serta belakang punggung. Anda dapat menggunakan bantal penyangga pada punggung saat duduk maupun berbaring dalam waktu yang lama.

Hindari Terlalu Lama Duduk atau Berdiri

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Jika anda menghabiskan sebagian besar waktu untuk duduk ataupun berdiri, anda berisiko akan mengalami sakit pinggang saat hamil. Jika anda duduk ataupun berdiri terlalu lama akan memicu munculnya sakit ini. Selain itu, sebaiknya hindari terlalu cepat berdiri dari posisi anda berbaring atau duduk.

Melakukan Pijat Kehamilan

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Untuk membantu meredakan sakit pinggang yang ibu hamil alami, pijat khusus bagi ibu hamil oleh terapis yang bersertifikat dapat dilakukan. Selain itu, pijat hamil juga akan membuat anda menjadi lebih rileks. Pastikan anda melakukan pijat di tempat dengan terapis yang profesional.

Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Anda harus menjaga berat badan agar tetap ideal. Jika beban badan anda berlebih akan berisiko membuat anda sakit pinggang ketika hamil. Hindari mengangkat benda berat, anda dapat meminta bantuan orang lain untuk mengangkat benda ataupun barang yang berat.

Gunakan Sepatu Nyaman dengan Hak Datar

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Ketika bepergian sebaiknya anda menggunakan sepatu yang nyaman dengan hak datar. Selain itu, hindari juga berdiri dalam waktu yang lama. Hindari menggunakan sepatu hak tinggi, sebab seiring dengan kondisi perut anda yang membesar menggunakan sepatu dengan hak tinggi dapat meningkatkan risiko sakit pinggang.

Baca juga : Cara Menjaga Kehamilan Muda Agar Tetap Sehat

Sakit pinggang ketika hamil biasanya akan mereda dengan perawatan di atas. Akan tetapi, jika sakit pinggang yang anda alami tidak juga hilang atau bahkan semakin parah, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan pada dokter. Selain itu, anda juga harus lebih waspada apabila rasa sakit yang anda alami muncul di bagian pinggang belakang, bawah tulang rusuk.

Leave a Reply