7 Tips Mengatasi Pusing Saat Hamil dengan Mudah

Tips Mengatasi Pusing Saat Hamil – Salah satu keluhan kehamilan yang sering dialami ibu hamil yaitu pusing. Pusing biasanya dialami saat trimester awal kehamilan. Walaupun kondisi ini lumrah, namun sangat penting untuk mengatasinya agar aktivitas anda tidak terganggu.

Baca juga : Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Muda

Selain saat trimester pertama, pusing juga dapat terjadi saat trimester kedua atau akhir kehamilan. Beberapa hal dapat menyebabkan pusing saat hamil seperti, tekanan darah rendah, kadar gula darah rendah, berbaring dalam waktu yang lama, anemia, temperatur tubuh yang meningkat dan lain sebagainya.

Tips Mengatasi Pusing Saat Hamil

Tips Mengatasi Pusing Saat Hamil dengan Mudah

Berikut ini beberapa tips mengatasi pusing saat hamil yang bisa anda lakukan.

Makan dengan Teratur

Tips Mengatasi Pusing Saat Hamil

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau mengurangi pusing saat hamil yaitu makan dengan teratur. Makan dengan teratur akan membantu gula darah kadarnya tetap stabil.  Nah, anda bisa memperhatikan tips berikut ini.

  • Ibu hamil sebaiknya makan dengan porsi yang sedikit, tapi sering.
  • Hindari mengonsumsi makanan manis yang akan dapat menyebabkan naiknya kadar gula darah dengan seketika, tapi dalam waktu singkat, setelah itu akan turun drastis.
  • Untuk menjaga asupan makanan yang teratur, serta kadar gula agar tetap stabil anda dapat membawa makanan seperti pisang, kacang almond dan biskuit gurih.

Mencukupi Kebutuhan Cairan

Tips Mengatasi Pusing Saat Hamil

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh sangat penting untuk dilakukan. Anda bisa mencukupi cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Kemudian hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, serta minuman yang berkarbonasi yang dapat merangsang ibu hamil terus buang air kecil.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Kaya Zat Besi

Tips Mengatasi Pusing Saat Hamil

Anda dapat mencukupi kebutuhan zat besi yang dapat membantu ibu hamil terhindari dari masalah anemia. Untuk mencukupi zat besi caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang kaya zat besi, misalkan daging unggas, daging merah yang tidak mengandung lemak, kubis dan kacang-kacangan. Selain itu, apabila anda mengonsumsi suplemen zat besi, pastikan anda mendapatkannya sesuai resep dari dokter.

Aktif Bergerak

Tips Mengatasi Pusing Saat Hamil

Aktif bergerak akan dapat membantu melancarkan sistem sirkulasi. Namun, karena sedang hamil hindari melakukan pekerjaan yang berat.

  • Apabila pekerjaan anda mengharuskan untuk berdiri lama, anda harus sering menggeser posisi ataupun bergantian untuk menggunakan kaki yang anda jadikan penopang.
  • Sedangkan apabila pekerjaan anda dilakukan lebih lama duduk, untuk melancarkan sirkulasi darah berjalan sekali-kali dapat dilakukan. Hindari duduk dengan posisi kaki disilangkan karena akan membuat risiko bekuan darah pada kaki meningkat.

Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Tips Mengatasi Pusing Saat Hamil

Ibu hamil harus menggunakan pakaian yang nyaman dan longgar. Ini dilakukan untuk mencegah kegerahan, serta naiknya temperatur tubuh yang berlebihan. Oleh karena itu, pakailah pakaian yang longgar dan nyaman untuk dikenakan sehari-hari. Apabila menggunakan pakaian longgar dirasa kurang, anda dapat minum air putih, serta memakai kipas angin agar tubuh terasa lebih sejuk.

Hindari Mandi Menggunakan Air Panas

Tips Mengatasi Pusing Saat Hamil

Mandi dengan menggunakan air panas mungkin sering anda lakukan. Namun, untuk saat ini sebaiknya anda jangan mandi dengan air panas.

  • Mandilah dengan menggunakan air bersuhu ruangan.
  • Apabila ketika mandi anda merasa pusing, anda dapat bergerak dengan perlahan, atau segeralah meminta bantuan keluarga.
  • Hindari menggunakan spa maupun jacuzzi karena akan dapat membuat suhu tubuh meningkat, hal ini tentu tidak aman untuk ibu hamil.

Hindari Berbaring Terlalu Lama

Tips Mengatasi Pusing Saat Hamil

Berbaring telentang terlalu lama akan membuat pembuluh darah utama yang membawa darah kembali ke jantung mengalami tekanan. Akibatnya sistem sirkulasi akan terhambat. Selain itu, posisi telentang akan membuat suplai oksigen bagi bayi menjadi berkurang.

Jika ingin berbaring, sebaiknya anda berbaring ke kiri karena aman dilakukan. Kemudian saat hendak bangun pastikan anda duduk dengan perlahan. Hindari langsung berdiri dengan cepat.

Lihat juga : Tips Cepat Hamil Setelah Haid

Hal lainnya yang harus diperhatikan yaitu anda harus berhenti merokok. Asap rokok berbahaya bagi janin, serta dapat menyebabkan anda pusing ketika hamil. Nah, apabila beberapa tips ini belum mampu membantu mengatasi atau mengurangi pusing ketika hamil, anda sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter. Segera pergi ke dokter apabila mengalami pusing disertai dengan gejala lainnya.

Leave a Reply