5 Cara Mengatasi Bau Badan Saat Hamil

 

Cara Mengatasi Bau Badan Saat Hamil – Salah satu keluhan yang cukup sering dialami oleh ibu hamil yaitu bau badan. Bau badan akan membuat ibu hamil tidak nyaman. Meskipun tidak berbahaya, namun anda bisa mengatasinya agar kembali percaya diri.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan bau badan saat hamil di antaranya yaitu karena mengalami perubahan hormonal, mengalami peningkatan keringat, mengonsumsi jenis makanan tertentu. Nah, untuk dapat membantu mengatasi bau badan saat hamil, beberapa tips ini bisa anda coba.

Cara Mengatasi Bau Badan Saat Hamil

Artikel lainnya : Cara Mengatasi Pilek Saat Hamil

Cara Mengatasi Bau Badan Saat Hamil

Bau badan akan mengganggu aktivitas dan membuat anda tidak percaya diri. Nah, untuk membantu mengatasi bau badan saat hamil, beberapa langkah ini bisa anda lakukan.

Mandi dengan Rutin

Cara Mengatasi Bau Badan Saat Hamil

Mandi dengan rutin akan menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Selain itu, juga akan membantu mengatasi bau badan.

  • Mandi 2 kali sehari dengan menggunakan sabun antibakteri yang ringan akan dapat membantu mengatasi bau badan saat hamil.
  • Semua bagian tubuh pastikan benar-benar bersih, terutama pada bagian lipatan.
  • Jika rambut anda berminyak, anda juga harus keramas memakai sampo yang tepat.
  • Setelah selesai mandi, pastikan tubuh dikeringkan dengan baik dan benar menggunakan handuk bersih.

Memakai Pakaian yang Tepat

Cara Mengatasi Bau Badan Saat Hamil

Saat hamil sebisa mungkin anda menggunakan pakaian yang tepat. Selain membuat anda lebih nyaman juga akan membantu mencegah bau badan.

  • Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan katun sebab dapat menyerap keringat dan suhu tubuh akan cenderung normal. Pengendapan keringat pada tubuh akan menurun yang merupakan penyebab bau badan ketika hamil.
  • Hindari menggunakan pakaian yang sama setelah anda selesai mandi. Walaupun pakaian tersebut terlihat masih bersih, namun pakaian yang sudah anda gunakan selama seharian akan dapat menjadi tempat pertumbuhan kuman yang menyebabkan bau badan.
  • Hindari pakaian yang berbahan polyester untuk membantu menurunkan risiko bau badan.

Mengonsumsi Menu Makanan yang Tepat

Cara Mengatasi Bau Badan Saat Hamil

Saat hamil sangat penting memperhatikan menu makanan yang anda konsumsi. Nah, untuk membantu mengatasi bau badan yang tidak sedap saat hamil, anda harus memilih menu makan yang tepat.

  • Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang akan dapat menyebabkan bau badan.
  • Anda dapat memperbanyak konsumsi buah-buahan. Tidak hanya menurunkan risiko bau badan, namun mengonsumsi buah-buahan juga akan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Cara Mengatasi Bau Badan Saat Hamil

Mencukupi kebutuhan cairan akan mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Selain itu, minum air lebih banyak juga akan dapat mengendalikan bau badan. Bahkan dengan minum air putih yang cukup akan dapat membuat fungsi tubuh menjadi optimal untuk membuang racun melalui urine.

  • Pastikan anda mencukupi kebutuhan cairan dalam setiap harinya. Anda harus minum air putih dengan jumlah yang disarankan.
  • Hindari minum minuman tidak sehat yang justru akan mempengaruhi kesehatan tubuh.

Memangkas Rambut Ketiak

Cara Mengatasi Bau Badan Saat Hamil

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi bau badan yaitu memangkas rambut ketiak. Mencukur rambut di area ketiak akan membantu mencegah pertumbuhan bakteri.

Pangkas rambut ketiak anda dengan hati-hati supaya tidak terluka atau teriritasi.

Itulah beberapa cara mengatasi bau badan saat hamil. Selain itu, anda juga dapat menggunakan deodoran yang aman untuk mengurangi bau badan. Mengaplikasikan bedak tabur pada bagian tubuh tertentu juga akan mengurangi pengendapan keringat.

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons