4 Tips Menyiasati Ngidam Saat Hamil dengan Aman

Tips Menyiasati Ngidam Saat Hamil dengan Aman – Ngidam merupakan kondisi yang biasanya dialami oleh ibu hamil. Ketika ngidam ibu hamil memiliki hasrat ingin mengonsumsi makanan tertentu. Meskipun terbilang hal yang normal, namun jika ibu hamil terus menerus ingin mengonsumsi makanan yang kurang sehat, maka akan dapat mempengaruhi kesehatan. Berikut ini tips menyiasati ngidam saat hamil dengan aman.

Tips Menyiasati Ngidam Saat Hamil

Tips Menyiasati Ngidam Saat Hamil dengan Aman

Ngidam ketika hamil tidak selamanya baik. Ngidam tidak berbahaya selagi ibu hamil dapat mengelolanya dengan baik. Hanya saja, hal ini akan menjadi masalah apabila ibu hamil ngidam makanan yang mengandung kalori tinggi namun tidak mengandung nutrsi yang dibutuhkan tubuh selama masa kehamilan. Dimana konsumsi makanan tersebut akan dapat menyebabkan kenaikan berat badan berlebih, bahkan dapat menyebabkan kegemukan. Hal ini tentu akan dapat menimbulkan masalah kesehatan. Nah, untuk membantu menyiasati ngidam saat hamil dengan aman, beberapa tips ini dapat anda coba.

Sarapan

Tips Menyiasati Ngidam Saat Hamil

Sarapan merupakan waktu penting yang tidak boleh dilewatkan. Dengan sarapan tubuh akan mendapatkan energi untuk beraktivitas. Selain itu, dengan membiasakan sarapan akan membantu mengurangi ngidam berlebihan pada ibu hamil.

  • Oleh karena itu, sangat penting untuk sarapan sebelum memulai aktivitas.
  • Pastikan anda mengonsumsi menu sarapan sehat.
  • Hindari makanan-makanan yang tidak sehat, yang justru akan berdampak untuk kesehatan ibu hamil.

Batasi Makanan dan Minuman Manis

Tips Menyiasati Ngidam Saat Hamil

Saat hamil anda tentu harus dapat memilih makanan dengan tepat. Sebisa mungkin batasi mengonsumsi makanan maupun minuman manis, apalagi jika anda memiliki risiko mengalami diabetes gestasional.

Ketika anda ngidam makanan yang tidak sehat, keinginan tersebut bisa dialihkan dengan makanan yang lebih sehat. Misalkan saat anda ngidam makan es krim stroberi yang tinggi akan kandungan lemak, anda bisa mengalihkannya pada alternatif lainnya yang lebih sehat, seperti buah stroberi dan makanan sehat lainnya.

Olahraga dengan Rutin

Tips Menyiasati Ngidam Saat Hamil

Melakukan olahraga dengan rutin akan dapat memberikan dampak yang baik untuk emosi dan suasana hati ibu hamil. Jika emosi stabil maka keinginan untuk menngonsumsi makanan enak secara implusif akan menurun.

  • Pilihlah jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil, seperti yoga ibu hamil dan lain sebagainya.
  • Namun, sebelum memutuskan untuk berolahraga, alangkah lebih baik jika anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter, sebab kondisi setiap ibu berbeda-beda.
  • Selain itu, anda juga dapat meminta saran jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil pada dokter.

Perhatikan Berat Badan

Tips Menyiasati Ngidam Saat Hamil

Ngidam saat hamil memang tidak dilarang, namun harus dibatasi. Untuk mengetahui ngidam yang ibu hamil alami masih aman, maka dapat memperhatikan pertambahan berat badan. Menurut penelitian menyatakan, bahwa berlebihnya berat badan ketika hamil akan dapat membuat risiko mengalami komplikasi kehamilan meningkat, contohnya preeklamsia.

  • Untuk membantu mengontrol berat badan saat hamil maka penting untuk mengendalikan nafsu makan anda ketika ngidam.
  • Konsumsi makanan yang sehat.
  • Menjalankan pola hidup sehat, dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara Mengatasi Mata Kering Saat Hamil

Ketika ngidam biasanya ibu hamil memiliki hasrat untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu. Namun, terkadang hasrat ngidam tidak dapat tertahankan dan bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang drastis. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengelola hasrat ngidam saat hamil.

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons