4 Cara Alami Merangsang Persalinan

Cara Alami Merangsang Persalinan – Menunggu kelahiran buah hati merupakan waktu yang sangat dinantikan dan juga sangat menegangkan. Ketika waktu persalinan sudah dekat, tak sedikit ibu yang belum juga merasakan kontraksi. Hal ini tentu akan membuat ibu hamil sangat khawatir mengenai proses persalinannya. Tak sedikit ibu hamil yang ingin persalinannya dipercepat. Nah, salah satu pertimbangan yaitu dengan merangsang persalinan.

Cara alami merangsang persalinan dapat dilakukan sendiri di rumah atau dengan pasangan . Nah, berikut ini beberapa cara alami merangsang persalinan.

Cara Alami Merangsang Persalinan

Cara Alami Merangsang Persalinan

Ketika usia kehamilan sudah melewati 42 minggu namun belum ada tanda-tanda, anda dapat melakukan beberapa cara merangsang persalinan seperti berikut ini.

Stimulasi Puting

Cara Alami Merangsang Persalinan

Cara alami yang bisa anda lakukan untuk merangsang kelahiran buah hati salah satunya dengan stimulasi puting. Ini merupakan induksi alami supaya kontraksi dapat segera datang dan merupakan cara yang cukup efektif.

  • Melakukan stimulasi puting dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Diketahui stimulasi puting ini akan dapat menyebabkan kontraksi di rahim sebab dapat melepaskan oksitosin, yakni hormon yang akan dapat menyebabkan kontraksi.
  • Apabila anda tidak dapat melakukannya sendiri, anda dapat meminta bantuan suami atau bisa juga dengan memakai pompa ASI.
  • Sebelum melakukan induksi alami ini pastikan anda telah berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk mengetahui apakah kondisi janin sudah ada perubahan atau belum.
  • Ketika melakukan stimulasi puting anda harus fokus pada bagian areola, serta dapat langsung dilakukan pada salah satunya masing-masing 5 menit.

Baca juga : Cara Mengatasi Bau Badan Saat Hamil

Jalan-Jalan

Cara Alami Merangsang Persalinan

Usia kehamilan yang sudah semakin membesar mungkin membuat anda malas untuk bergerak. Namun, jika bayi sudah waktunya lahir namun belum ada tanda-tanda kontraksi, sebaiknya anda sering jalan kaki santai. Ini dilakukan untuk merangsang si kecil dalam kandungan untuk menuju ke jalan lahir. Selain itu, berjalan santai juga akan membantu meningkatkan detak jantung. Jalan kaki santai saat usia kehamilan trimester ketiga akan dapat membantu menghilangkan stres, menjaga kondisi ibu hamil tetap sehat dan kuat menjelang proses persalinan.

  • Anda dapat berjalan-jalan santai di sekitaran rumah.
  • Agar kegiatan ini menjadi lebih menyenangkan, tidak ada salahnya anda meminta suami untuk menemani.

Senam Hamil

Cara Alami Merangsang Persalinan

Senam hamil juga termasuk salah satu cara alami untuk merangsang persalinan. Gerakan yang dilakukan saat senam hamil bermanfaat untuk melemaskan area yang menjadi jalur lahir. Selain itu, juga bisa melancarkan penurunan posisi janin sampai menuju jalan lahir.

  • Untuk melakukan senam hamil anda bisa mengikuti kelas hamil. Kelas hamil bisa kita temui dengan mudah. Bahkan saat ini sudah disediakan oleh beberapa rumah sakit.
  • Ketika proses senam tentu anda akan didampingi instruktur berpengalaman.

Melakukan Hubungan Intim

Cara Alami Merangsang Persalinan

Berhubungan intim merupakan salah satu cara induksi alami yang akan mendorong pelepasan hormon oksitosin. Hormon ini berperan untuk memulai persalinan serta kontraksi.

Hubungan intim saat hamil tentu harus dilakukan dengan hati-hati. Meskipun terbilang aman, namun tidak dianjurkan apabila air ketuban telah pecah sebab akan dapat memicu terjadinya infeksi.

Itulah beberapa cara alami merangsang persalinan. Konsultasikan terlebih dahulu mengenai apapun tentang kehamilan anda pada dokter. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply