5 Cara Menambah Berat Janin Dalam Kandungan

Cara Menambah Berat Janin  – Setiap ibu memiliki kondisi kehamilan yang berbeda-beda. Ibu hamil yang mengandung janin dengan berat di bawah seharusnya sangat penting untuk menambah berat janin supaya si kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat saat dalam kandungan. Jika bayi lahir dengan berat badan rendah maka mempunyai risiko tinggi mengalami masalah kesehatan. Nah, berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat anda lakukan sebagai cara menambah berat janin dalam kandungan.

Cara Menambah Berat Janin

Artikel lainnya : 6 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Saat Hamil

Cara Menambah Berat Janin Dalam Kandungan

Menjaga kesehatan kehamilan sangat penting untuk dilakukan. Berbagai upaya akan orangtua lakukan, termasuk bagaimana cara menambah berat janin. Untuk anda yang sedang berusaha menaikan berat badan janin dalam kandungan, beberapa cara berikut ini bisa anda lakukan.

Mengonsumsi Asupan Gizi Seimbang

Cara Menambah Berat Janin

Mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang sangat disarankan untuk ibu hamil. Untuk menambah berat badan janin, asupan gizi yang seimbang adalah hal yang vital.

  • Anda jangan melewatkan untuk mengonsumsi protein, karbohidrat, lemak, sayur dan buah-buahan.
  • Menurut sebuah penelitian Journal List Nutrients v.7, cara untuk menambah berat janin yang paling baik yaitu dengan mengonsumsi makanan utuh termasuk sayuran, buah, susu rendah lemak, biji-bijian, serta daging tanpa lemak.
  • Secara spesifik, makanan yang direkomendasikan di antaranya yaitu yogurt, susu, ayam, kedelai, ikan, wortel, brokoli, jeruk, aprikot, sereal almond, kenari, ara dan aneka kacang lainnya.

Minum yang Cukup Agar Tubuh Tetap Terhidrasi

Cara Menambah Berat Janin

Saat hamil anda jangan menyepelekan asupan cairan. Pasalnya, kekurangan cairan akan berdampak buruk untuk tubuh. Dimana tubuh anda akan mengalami dehidrasi dan menyebabkan sedikitnya air ketuban.

  • Sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan. Anda harus minum dalam jumlah cukup untuk mencegah dehidrasi saat hamil. Perlu anda ketahui, dehidrasi yang anda alami saat hamil akan dapat menyebabkan komplikasi yang serius.
  • Anda juga bisa mengonsumsi susu, jus buah. Namun, pastikan anda tidak meninggalkan air putih.

Mencukupi Waktu Istirahat

Cara Menambah Berat Janin

Mencukupi waktu istirahat juga penting untuk dilakukan. Sebagai cara menambah berat badan janin, istirahat yang cukup harus dilakukan. Terlalu banyak mengeluarkan tenaga atau tekanan akan dapat menyebabkan terpengaruhnya pertumbuhan dan perkembangan janin.

Sebagai cara untuk mencukupi waktu istirahat, anda harus konsisten terhadap waktu tidur. Anda harus tidur minimal 8 jam supaya mendapatkan energi yang cukup.

Selalu Berpikir Positif

Cara Menambah Berat Janin

Selain penting memperhatikan kesehatan fisik, saat hamil anda juga harus memperhatikan kesehatan psikis. Stres yang anda alami, serta cemas yang berlebih akan dapat mempengaruhi kesehatan janin dan anda sendiri.

Oleh karena itu, anda harus selalu berpikir positif. Hindari hal-hal yang membuat anda cemas berlebih. Selain itu, anda juga bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan untuk membantu meredakan stres yang anda alami.

Mengonsumsi Vitamin Prenatal

Cara Menambah Berat Janin

Anda harus melakukan konsultasi dengan dokter mengenai kondisi kehamilan anda, termasuk terkait berat janin dalam kandungan. Anda bisa meminta rekomendasi vitamin prenatal yang mungkin diperlukan.

Untuk membantu menjaga kesehatan kehamilan dan menaikan berat janin, anda harus mengonsumsi vitamin yang dokter anjurkan. Selain itu, anda juga dapat mengikuti saran dokter sebagai langkah menaikan berat janin dalam kandungan.

Lihat juga : Cara Mengatasi Migrain Saat Hamil dengan Aman

Itulah beberapa cara menaikan berat janin dalam kandungan. Anda jangan ragu untuk selalu berkonsultasi pada dokter mengenai keluhan kehamilan yang anda rasakan. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply