6 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Saat Hamil

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Saat Hamil – Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting dilakukan di masa kehamilan. Kondisi mulut dan gigi berpengaruh untuk kesehatan si kecil dalam kandungan.

Berbeda dengan yang lain, perawatan gigi pada ibu hamil harus dilakukan dengan hati-hati. Ibu hamil sebaiknya menghindari melakukan perawatan gigi yang akan berdampak untuk janin dalam kandungan. Meskipun begitu, anda tetap bisa menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan melakukan perawatan berikut ini.

Baca juga : Tips Mudah Meningkatkan Kualitas Tidur Saat Hamil

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Saat Hamil

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Saat Hamil

Berikut ini perawatan sederhana yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut saat hamil.

Menyikat Gigi dengan Rutin

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Saat Hamil

Menyikat gigi adalah perawatan paling mendasar yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi agar tetap bersih. Menyikat gigi akan membantu menghilangkan plak serta membuat risiko penyakit gingivitis berkurang.

  • Sikat gigi dengan rutin dalam setiap harinya. Ibu hamil juga disarankan untuk memakai pasta gigi dengan kandungan fluoride, serta bebas kandungan alkohol untuk membantu menghilangkan plak.
  • Selain itu, anda harus memastikan mengganti sikat gigi dengan rutin atau setiap 3 sampai 4 bulan sekali.

Melakukan Flossing

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Saat Hamil

Flossing merupakan proses membersihkan gigi dengan memanfaatkan dental floss atau benang gigi. Flossing ini dilakukan untuk membersihkan bagian gigi yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi.

Agar gigi bersih secara menyeluruh, cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan melakukan flossing. Anda dapat rutin melakukan flossing sebanyak satu kali dalam sehari. Hal ini bermanfaat agar risiko penyakit gingivitis berkurang. Anda bisa melakukan flossing saat pagi maupun malam hari.

Menggunakan Obat Kumur

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Saat Hamil

Berkumur dengan obat kumur setelah anda menggosok gigi saat pagi atau malam hari dapat membantu mencegah gigi rusak, membuat risiko penyakit gingivitis berkurang serta membunuh bakteri yang menjadi penyebab bau mulut.

  • Pastikan anda memilih obat kumur yang tepat untuk ibu hamil.
  • Obat kumur yang anda gunakan pastikan bebas alkohol, serta mengandung fluoride.
  • Anda juga dapat bertanya pada dokter anda untuk mengetahui jenis obat kumur apa yang tepat untuk anda.

Hindari Mengonsumsi Makanan Manis

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Saat Hamil

Untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi, anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi.

Sebagai cara menjaga kesehatan gigi saat hamil, anda bisa mengurangi konsumsi makanan yang terlalu manis sebab akan membuat risiko kerusakan gigi meningkat. Beberapa makanan yang harus dikurangi seperti:

  • Kecap
  • Kue manis
  • Minuman bersoda
  • Es teh manis

Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Kalsium

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Saat Hamil

Selain ada beberapa makanan yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan gigi, ada juga makanan yang sebaiknya dikonsumsi.

Sebagai cara untuk menjaga kekuatan gigi, anda dapat mengonsumsi makanan dengan kandungan kalsium seperti :

  • Susu
  • Keju
  • Telur
  • Yoghurt
  • Bayam
  • Salmon
  • Sarden

Rutin Melakukan Konsultasi Pada Dokter

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Saat Hamil

Bagi ibu hamil sangat penting untuk melakukan konsultasi pada dokter gigi. Dokter akan membersihkan gigi dengan keseluruhan, serta mengobati penyakit yang kemungkinan dialami.

Untuk membantu menjaga kesehatan gigi saat hamil, maka anda harus tetap konsultasi pada dokter. Anda dapat konsultasi sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan.

Selain beberapa cara di atas, untuk menjaga kesehatan gigi anda juga sebaiknya memenuhi kebutuhan mineral dan menghentikan kebiasaan merokok.

Lihat juga : Cara Mengatasi Migrain Saat Hamil

Itulah cara menjaga kesehatan gigi saat hamil. Jika anda mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut, sebaiknya anda segera melakukan konsultasi pada dokter.

Leave a Reply