5 Cara Mengatasi Nyeri Payudara Saat Hamil

Cara Mengatasi Nyeri Payudara Saat Hamil – Salah satu perubahan yang dapat dialami wanita hamil yaitu dada yang membesar dan menjadi lebih sensitif, tidak jarang payudara terasa sakit dan tidak nyaman. Rasa sakit yang muncul pada payudara akan mengganggu kenyamanan ibu hamil. Kondisi payudara sakit saat hamil merupakan hal yang biasa terjadi.  Pada umumnya kondisi ini akan dimulai  saat minggu keempat atau ketujuh dan akan berlangsung sepanjang trimester pertama.

Cara Mengatasi Nyeri Payudara Saat Hamil

Baca juga : Cara Mengatasi Payudara Gatal Saat Hamil

Cara Mengatasi Nyeri Payudara Saat Hamil

Adapun cara yang dapat anda lakukan untuk mengurangi rasa nyeri pada payudara saat hamil yaitu seperti berikut ini.

Kompres Menggunakan Air Dingin

Cara Mengatasi Nyeri Payudara Saat Hamil

Mengompres bagian tubuh tertentu yang terasa sakit menjadi cara efektif untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang ditimbulkan. Nah, cara ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi rasa sakit pada payudara ketika hamil.

  • Pertama-tama, ambil handuk bersih. Kemudian letakan pada bagian dada serta area payudara anda yang terasa sakit.
  • Setelah itu, silakan tempelkan es batu di bagian atasnya dan tunggu selama beberapa saat.
  • Anda bisa merasakan sensasi dingin yang ditimbulkan dan pastikan tetap rileks. Dengan perlahan-lahan, rasa sakit yang anda alami pada payudara akan berkurang.

Mandi Menggunakan Air Hangat

Cara Mengatasi Nyeri Payudara Saat Hamil

Jika anda tidak kuat dengan kompres dingin, anda bisa melakukan cara lainnya yaitu mandi menggunakan air hangat. Dengan suhu hangat otot tegang di sekitar payudara akan mengendur. Akan tetapi, ada beberapa ibu yang tetap merasa nyeri dan tidak nyaman meskipun sudah mandi menggunakan air hangat.

Oleh karena itu, cara yang bisa anda lakukan yaitu membasuhkan air hangat perlahan-lahan pada area payudara anda yang terasa sakit. Kemudian berikan jeda sebelum anda melakukan lagi.

Hindari Menyentuh Payudara

Cara Mengatasi Nyeri Payudara Saat Hamil

Rasa sakit yang tidak nyaman pada payudara mungkin membuat anda sering menyentuh payudara tanpa disadari.

Namun, sebagai cara mengurangi rasa sakit pada payudara, anda sebaiknya hindari kebiasaan menyentuh payudara.

Menggunakan Bra yang Tepat

Cara Mengatasi Nyeri Payudara Saat Hamil

Pemilihan bra ketika payudara sakit saat hamil juga harus anda perhatikan. Nah, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan.

  • Sebaiknya anda menggunakan bra yang terbuat dari bahan lentur dan melar.
  • Hindari menggunakan bra yang memiliki kawat.
  • Anda dapat mencoba menggunakan bra khusus untuk ibu hamil ataupun bra khusus olahraga. Hal ini akan membantu anda mengurangi sakit.

Gunakan Bra Saat Tidur

Cara Mengatasi Nyeri Payudara Saat Hamil

Melepas bra saat tidur diketahui dapat menjaga kesehatan payudara. Hanya saja, untuk ibu hamil yang mengalami rasa nyeri pada payudara, justru lebih disarankan untuk menggunakan bra pada saat tidur. Menggunakan bra ketika tidur akan membantu rasa nyeri payudara berkurang. Karena payudara ditopang bra sehingga rasa sakit dan tekanan yang timbul akan berkurang.

  • Pastikan anda menggunakan bra yang nyaman saat tidur.
  • Anda dapat menggunakan bra yang ukurannya lebih besar supaya bisa tidur dengan nyenyak tanpa terganggu rasa sakit.

Lihat juga : 8 Cara Mengatasi Varises Pada Ibu Hamil

Perlu diketahui, walaupun rasa sakit pada payudara merupakan hal yang wajar, namun ada beberapa kondisi yang harus anda waspadai seperti muncul benjolan pada ketiak, muncul cairan dari puting dan terdapat benjolan pada payudara. Sebaiknya segera periksakan pada dokter jika anda mengalami nyeri payudara yang semakin parah atau disertai dengan beberapa gejala di atas.

Leave a Reply