Batuk Kering, Penyebab dan Cara Penangananya

5/5 (1)

Batuk adalah hal yang mungkin tak lagi asing ditelinga anda.

Atau bahkan, anda pernah menjadi salah seorang penderita yang mengalami batuk atau mungkin saat ini anda tengah menderita batuk. Ya, kondisi kesehatan ini mungkin hampir sudah pernah dirasakan oleh semua manusia yang hidup di bumi ini.

Ketika berjalan-jalan, mengobrol, duduk, membaca, berlari atau bahkan saat makan dan minum seseorang tentu pernah mengalami batuk. Baik batuk yang keras, batuk perlahan atau batuk yang lama yang akan sangat menganggu.

Nah, ketika batuk yang dirasakan berlangsung dengan begitu lama dan kondisinya malah semakin memburuk. Hal ini mungkin akan membuat anda merasa kewalahan dan kepayahan menahan batuk yang begitu menggelitik bagian tenggorokan. Dengan kondisi ini, anda mungkin akan dibuat canggung saat sedang bersama dengan orang lain atau saat berkumpul dengan keluarga besar.

Tak heran bila saat kondisi ini menyerang, anda akan segera pergi ke dapur atau ke ruangan lain dalam rumah agar anda bisa menjauh dari orang lain sehingga batuk yang anda rasakan bisa dengan bebas anda hembuskan.

Nah, melihat efeknya yang akan sangat mengganggu dan menimbulkan kondisi yang tidak nyaman. Anda mungkin mengira jika ini adalah penyakit yang menjengkelkan yang ingin segera anda obati. Namun demikian, tidak semua orang menganggap batuk sebagai suatu penyakit yang kompleks yang harus segera dicari solusinya. Sebagian bahkan menganggap bahwa batuk adalah hal yang wajar dan dengan seiring berjalannya waktu, kondisi ini akan dapat sembuh dengan sendirnya.

batuk kering

Lantas benarkan demikian? Batuk rupanya bukanlah bagian dari penyakit. Kondisi ini bahkan sebaliknya merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan benda atau zat asing yang masuk kedalam tubuh. Adapun bentuk dari pengeluaran zat asing ini dikeluarkan dalam bentuk dahak yang keluar dari saluran pernapasan dibagian atas dan paru-paru. Selain itu, batuk pun bisa merupakan gejala dari suatu penyakit dan biasanya gejala batuk itu ada gejala lain yang menyertainya.

Dengan demikian, batuk berdahak merupakan batuk yang keluar sebagai dari bentuk pertahanan tubuh. Sedangkan bila yang keluar adalah batuk kering. Batuk jenis ini bukanlah merupakan mekanisme pengeluaran zat asing sebab kondisi ini bisa jadi merupakan tanda adanya penyakit lain dalam tubuh anda.

Batuk jenis ini tidaklah berguna dalam mengeluarkan zat asing yang masuk kedalam tubuh, sehingga demikian batuk ini harus segera dihentikan.

Biasanya, untuk mengobati batuk jenis ini, ada obat-obatan yang bisa menekan atau merangsang batuk jenis ini yakni dikenal dengan antiusif.

Beberapa obat yang termasuk kedalam jenis ini dan sering digunakan adalah jenis dekstrometorfan, kodein dan noskapin. Akan tetapi obat noskapin dan kodein pada umumnya harus didapatkan dari resep dokter karena dosis yang tepat akan dapat mengobati sakit batuk jenis ini dengan lebih baik. Dengan demikian, bila anda mengalami batuk kering yang menganggu dan hendak menggunakan obat-obatan, maka carilah obat yang memiliki kandungan dekstrometorfan atau yang berlabel antitusif.

Nah, batuk jenis kering sebenarnya merupakan bagian dari jenis batuk yang berbeda. Untuk mengetahui jenis-jenis batuk berdasaran pembagiannya. Maka mari kita simak jenis-jenis batuk dibawah ini.

Jenis-Jenis Batuk

Batuk Produktif

Batuk jenis ini adalah batuk yang disertai dengan dahak. Dahak yang keluar bersama dengan hembusan batuk ini, pada umumnya bisa datang dari hidung dan sinus dan bisa juga dari bagian paru atau kerongkongan.

Batuk jenis ini boleh ditekan sebagai bagian dari bentuk pertahanan tubuh terhadap masuknya benda asing kedalam tubuh dan fungsinya yakni membersihkan bagian saluran pernapasan dari dahak. Akan tetapi demikian ada pula beberapa hal yang membuat batuk berdahak bisa menyerang seseorang, diantaranya adalah:

  • Adanya Infeksi yang Disebabkan Oleh Virus

Batuk jenis ini biasanya muncul sebagai gejala dari penyakit lain yang disebabkan oleh virus seperti halnya penyakit pilek atau yang akrab disebut dengan common cold. Ya, penyakit jenis ini penyebab utamanya adalah paparan virus yang masuk kedalam tubuh, yang mana gejala yang datang dari penyakit ini disertai dengan batuk berdahak. Untuk itulah batuk ini bisa menyerang dan timbul pada si penderita. Adapun biasanya batuk ini dicetuskan oleh dahak yang ada dibagian tenggorokan.

  • Adanya Infeksi

Adanya infeksi yang menyerang bagian saluran pernapasan bagian atau pada bagian paru akan dapat menyebabkan batuk timbul. Batuk berdahak bisa jadi mengindikasikan adanya tanda penyakit serius yang berbahaya dalam tubuh anda semisal dengan penyakit pneumonia, sinusitis, bronkitis atau penyakit TBC.

  • Adanya Pilek

Penyakit pilek adalah salah satu penyakit yang bisa menimbulkan batuk. Hal ini dikarenakan adanya cairan yang berasal dari hidung kemudian turun ke bagian tenggorokan akan dapat menimbulkan batuk.

  • GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang banyak dialami oleh hampir seluruh orang di dunia. Penyakit ini terjadi ketika asam lambung naik hingga kebagian tenggorkan dan akan dapat menimbulkan batuk terutama ketika si pasien tengah terlelap tidur dimalam hari.

  • Penyakit Paru Menahun

Adanya penyakit paru-paru yang terjadi dalam jangka waktu yang lama sampai bertahun-tahun bisa jadi membuat seseorang mengalami batuk berdahak. Dengan demikian tak heran jika seseorang yang mengidap penyakit paru akan lebih sering terbatuk-batuk.

  • Kepulan Asap Rokok

Kepulan asap rokok yang masuk kebagian saluran pernapasan akan dapat merangsang produksi lendir didalam saluran pernapasan. Untuk itulah, guna mengeluarkan cairan lendir ini, tubuh mengeluarkannya dengan jalan batuk yang disertai dengan dahak.

Nah, diatas adalah penjelasan mengenai jenis batuk produktif atau yang sifatnya merupakan batuk berdahak. Kondisi seperti ini pada umumnya merupakan bagian dari mekanisme tubuh untuk dapat mengeluarkan kotoran dan zat asing yang masuk kedalam tubuh. Akan tetapi, selain hal tersebut batuk jenis ini pun bisa mengindikasikan adanya beberapa keluhan kesehatan dalam tubuh anda.

Untuk itulah, mewaspadai dengan siaga penyakit ini adalah hal yang penting. Ketika seseorang mengalami batuk berdahak yang cukup lama dan disertai dengan keluhan lainnya, maka sebaiknya segera bawa ia ke dokter untuk segera mendapatkan penangan medis. Agar demikian, pengobatan yang lebih dini bisa segera dilakukan.

Batuk Non Produktif

Batuk jenis ini sifatnya kering dan tidak mengeluarkan dahak. Untuk itulah, batuk jenis ini biasanya disebut dengan batuk kering. Batuk kering pada umumnya sering muncul menjelang akhir dari gejala flu yang terjadi akibat dari iritasi asap rokok dan juga debu.

Selain itu, biasanya batuk kering lebih sering terjadi pada saat malam hari atau pagi hari dan biasanya akan disertai dengan kelaurnya ingus. Sebagian batuk kering tidak dilatabelakangi oleh adanya infeksi yang terjadi dalam tubuh.

Akan tetapi, batuk jenis ini umumnya akan datang dengan disertai dengan demam, turunnya nafsu makan atau turunnya berat badan dengan ukuran yang relatif signifikan. Kondisi seperti ini tentunya patut diwaspadai karena merupakan bagian dari kondisi yang cukup serius.

Pada batuk jenis ini, selaput lendir dibagian paru-paru menjadi tertutup dengan bulu getar yang menyapu lendir dengan debu keluar (ke bagian mulut). Merokok akan dapat membuat bulu getar ini menjadi rusak, lendir tidaka akan lagi dapat bergerat dan membuatnya menjadi teriritasi. Dengan demikianlah, para perokok pada umumnya akan sering mengalami batuk jenis ini.

Selain itu, batuk kering biasanya merupakan akibat dari kepekaan berlebihan terhadap sebuah zat alergen misalnya pada penderita asma. Ketika zat alergen beterbangan diudara dan terhirup oleh pasien dengan riwayat penyakit asma, maka batuk jenis ini akan dapat terjadi dan cukup menyiksa dampaknya. Batuk jenis ini dikenal juga dengan batuk rejan atau batuk pertusis yang mana batuk jenis ini lebih sering menyerang anak-anak yang tidak mendapatkan stimulasi DPT.

Adapun penyebab yang dapat menimbulkan kondisi batuk kering ini terjadi diantaranya adalah:

  • Penutupan Bagian Saluran Napas

Kondisi seperti ini bisa terjadi akibat benda asing yang masuk kebagian saluran ini seperti halnya makanan, obat-obatan atau pil yang membuat bagian saluran pernapasan menjadi tertutup. Alhasil kondisi yang terjadi adalah munculnya batuk kering.

  • Adanya Alergi

Sebagaimana dijelaskan diatas, batuk kering bisa pula menjadi salah satu bentuk respon terhadap alergen yang masuk kedalam tubuh si pasin yang menderita alergi. Hal inilah yang membuat batuk akan dialami oeh si penderita.

  • Adanya Infeksi Virus

Kondisi seperti ini biasanya dikaitkan dengan penyakit lain yang membuat batuk bisa muncul, salah satunya adalah penyakit common cold atau pilek. Setelah sembuh dari pilek, batuk jenis ini biasanya akan muncul dan berlangsung selama beberapa minggu. Kondisi ini umumnya akan menjadi lebih buruk saat malam hari.

  • Adanya Bronchospasme

Batuk kering ayng etrjaid dimalam hari, biasanya disulut akibat adanya spasme atau penyempitan dbagian saluran bronchus (bronchospasme) yang mana kondisi ini biasanya disebabkan karena adanya infeksi.

Penanganan Batuk Kering

Batuk kering adalah kondisi yang cukup menganggu dan akan dapat membuat si penderita merasa tidak nyaman. Selain itu, batuk jenis ini sifatnya bukanlah batuk yang berguna dalam mengeluarkan zat asing dari dalam tubuh. Untuk itulah, batuk jenis ini haruslah segera diobati dan diatasi.

Nah, dibawah ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi batuk kering.

Gunakan Terapi Uap

Terapi yang satu ini digunakan untuk membuat bagian hidung dan juga bagian tenggorokan tetap dalam keadaan yang lembab. Untuk menggunakan terapi jenis ini anda bisa menggunakannya dengan bentuk uap inhalasi.

Nah, untuk melakukan pengobatan jenis ini anda bisa melakukannya dengan mengisi sebuah panci dengan air kemudian tutupi dengan penutupnya secara merata. Setelah itu, tempatkan diatas kompor dan rebus sampai mendidih. Setelah mendidih, angkat dan gunakan uapnya untuk anda hirup sambil tutupi bagian kepala anda dengan menggunakan lap agar si uap tidak berhamburan kemana saja.

Konsumsi Banyak Air

Mengkonsumsi banyak air putih bertujuan untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh anda. Dan rupanya, peranan cairan dalam tubuh ini mengambil peranan yang amat penting dalam memerangi penyakit yang terjadi dalam tubuh, termasuk dengan masalah batuk kering yang anda alami saat ini.

Untuk itu, usahakan konsumsi air minum sebanyak 8 gelas perhari dan lakukan secara rutin. Air bisa menjadi media yang baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel