data-ad-format="auto"

Batuk Berdahak, Penyebab, Pencegahan dan Cara Mengobatinya

Saat sedang berjalan-jalan atau mengobrol bersama dengan teman, keluarga, orangtua dan orang lain ini tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Bisa berbagi dan bertukar pikiran serta mencurahkan perasaan kita bersama dengan mereka tentu menjadi hal yang akan sangat kita sukai. Betapa tidak, momen-momen seperti ini biasanya menjadi momen yang jarang kita lakukan. Apalagi jika kita adalah seorang pekerja atau manusia karir yang kesehariannya disibukan dengan segudang pekerjaan dan deadline yang menumpuk. Sudah pasti, menjadi barang yang langka untuk kita bisa menyisakan waktu bersama dengan orang-orang yang kita cintai.

Nah, melihat betapa penting dan istimewanya momen ini, maka tidak sebaiknya anda melewatkan atau bahkan menghancurkan momen-momen penting seperti ini. Seperti halnya dengan dengan batuk yang akan sangat mengganggu.

Hadirnya batuk dengan tiba-tiba ini akan tentu saja membuat anda sedikit kepayahan untuk menahan batuk yang sudah tak tertahankan. Belum lagi, ketika batuk ini sudah tak terkontrol, maka hal ini akan membuat anda canggung berada didepan orang-orang yang sedang bersama anda saat ini.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Dengan demikian, maka terpaksa anda harus beranjak dari tempat anda saat ini dan mencari tempat lain agar anda bisa melancarkan batuk yang sudah tak tertahankan tanpa mengganggu orang lain.

Nah, bila sudah begini mungkin anda bisa saja menghancurkan pertemuan atau momen tersebut dan membuat mereka merasa canggung sehingga pada akhirnya kegiatan berkumpul dan bersama dengan orang yang anda sayangi menjadi batal dan berantakan.

Belum lagi, kondisi ini akan tentu saja membuat anda lelah dan kepayahan terus-terusan menahan batuk yang menggelikan.

Batuk berdahak memang bisa sangat menjengkelkan. Tenggorokan yang terasa geli membuat anda serasa tak henti-hentinya batuk. Belum lagi kondisi ini biasanya akan lebih intens saat malam hari. Yang mana jika hal ini terjadi, maka tentu saja kondisi ini akan berpengaruh pada jam istirahat anda dimalam hari. Karena batuk berdahak yang sudah tak tertahankan, waktu tidur anda dimalam hari menjadi terganggu. Efeknya bukan hanya lelah, namun juga anda akan mengalami stres karena tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Lantas apa sih batuk bardahak itu? Nah, pertanyaan inilah yang akan kita kupas kali ini. Dengan mengetahui penjabaran batuk berdahak yang anda alami saat ini dengan jelas dan terperinci, maka diharapkan anda akan paham bagaimana tindakan yang bisa dilakukan guna menangani batuk itu sendiri.

batuk berdahak

Apa Itu Batuk Berdahak?

Batuk sebenarnya bukanlah bagian dari penyakit. Kondisi ini justru merupakan bagian dari mekanisme pertahanan tubuh untuk dapat mengeluarkan zat asing seperti lendir, debu dan partikel-partikel kecil dari luar yang masuk kedalam tubuh, termasuk salah satunya adalah dahak.

Akan tetapi, selain bagian dari pertahanan tubuh, batuk pun bisa merupakan suatu gejala penyakit atau reaksi tubuh saat adanya inflamasi dibagian tenggorokan dikarenakan adanya tumpukan lendir, debu, asap, makanan dan lain sebagainya.

Batuk bisa terjadi karena adanya rangsangan tertentu, seperti halnya adanya debu dibagian reseptor hidung (hidung, saluran pernapasan atas bahkan dibagian telinga). Yang mana selanjutnya, reseptor batuk akan memberikan sinyal kebagian otot-otot didalam tubuh untuk mengeluarkan benda asing tersebut dari dalam tubuh. Nah, proses mengeluarkan zat tersebut disebut dengan batuk.

Ketika anda atau keluarga mengalami batuk berdahak, sebaiknya batuk ini tidak ditekan. Hal ini tentunya dilakukan agar zat asing didalam tubuh bisa dikeluarkan dengan lebih mudah.

Adapun obat batuk berdahak yang biasanya dapat membantu meringankan batuk yang dirasakan adalah ekspektoran. Obat ini akan dapat merangsang dahak keluar. Selain ekspektoran, cara mengatasi batuk berdahak dengan menggunakan obat-obatan adalah dengan mengkonsumsi obat yang disebut dengan mukolitik.

Mengenal Jenis Dahak yang Keluar Ketika Batuk

Nah, sebelum kita bahas lebih dalam seperti apa penyebab dan cara mengatasi penyakit batuk berdahak. Akan lebih baik jika kita kenali terlebih dahulu jenis dan warna dahak yang dikeluarkan ketika batuk.

Pada dasarnya warna dahak adalah putih. Namun, pada beberapa kasus penyakit yang cukup serius, warna dari dahak atau lendir yang dikeluarkan bisa diindikasikan sebagai penyakit yang cukup berbahaya. Beberapa jenis dahak yang banyak dijumpai berwarna putih, kuning dan hijau.

Lendir atau dahak yang keluar dengan warna yang kuning merupakan salah satu gejala awal dari adanya gangguan kesehatan yang sifatnya cukup ringan. Biasanya pada kondisi ini, tubuh sedang mencoba untuk membersihkan penyerbu yang masuk kedalam saluran pernapasan.

Selain itu, pada batuk dengan dahak berwarna kuning biasanya banyak terlihat pada kasus penyakit batuk yang penyebabnya dikarenakan oleh adanya infeksi bakteri, gangguan hidung sinusitis, alergi akibat cuaca dingin, infeksi dibagian saluran pernapasan bawah atau juga karena adanya penyakit flu.

Sementara itu, untuk dahak atau lendir berwarna hijau yang keluar dari dalam tubuh biasanya menandakan kondisi kesehatan yang mengalami gangguan serius. Kondisi seperti ini tentunya tidak bisa diabaikan atau dibiarkan begitu saja. Sebab dikhawatirkan, kondisi ini merujuk pada beberapa penyakit serius semisal, pneumonia, TBC dan penyakit berbahaya lainnya. Segera bawa pasien untuk mendapatkan penanganan medis yang memadai. Diagnosa yang lebih cepat akan dapat menyelamatkan banyak jiwa.

Penyebab Batuk Berdahak

1. Akibat Inflamasi (Peradangan) Bagian Saluran Pernapasan

Penyebab pertama yang dapat membuat seseorang mengalami batuk berdahak adalah karena adanya peradangan atau timbulnya inflamasi dibagian saluran pernapasan. Selain mengakibatkan batuk berdahak, kondisi yang satu ini pun bisa mugkin menyebabkan batuk yang tidak berdahak. Yang mana kondisi yang satu ini akan disertai dengan nyeri atau perih yang terasa pada bagian tenggorokan.

2. Asap Rokok, Asap Kendaraan dan Polusi

Salah satu penyebab lain seseorang bisa menderita penyakit batuk berdahak adalah karena pengaruh dari asap rokok, asap kendaraan dan polusi. Partikel-partikel dari asap ini masuk kebagian saluran pernapasan.Untuk itulah, tubuh mengeluarkan partikel ini dengan jalan batuk.

Nah, dengan demikian, tak perlu khawatir dengan kondisi ini, malah sebaliknya batuk akan membantu tubuh anda untuk dapat mengeluarkan zat-zat asing berbahaya dalam tubuh agar dapat dikeluarkan dengan lebih baik.

3. Infeksi Bagian Saluran Pernapasan

Penyebab lain yang membuat seseorang mengalami batuk berdahak adalah karena adanya infeksi bagian saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Jika kondisi ini terjadi, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar penanganan yang lebih tepat bisa segera anda dapatkan.

4. Alergi Dingin

Biasanya pada kondisi alergi dingin adalah salah satu penyebab yang akan membuat batuk berdahak lebih sering muncul. Jika kondisi ini terjadi, salah satu waktu puncaknya akan terjadi pada pagi hari dan juga dahak pada tenggorokan akan sangat menganggu anda. Nah, untuk menghindari kondisi ini, maka sebaiknya gunakan syal atau selimut yang akan membuat anda merasa lebih hangat. Dengan demikian, alergi akibat udara yang dingin bisa anda hindari.

Cara Mengatasi Batuk Berdahak

Nah, setelah mengetahui bagaimana pengaruh batuk berdahak terhadap aktivitas dan kesehatan anda. Maka penting sekali untuk anda mengetahui bagaimana mengatasi batuk berdahak ini. Nah, untuk mengetahui bagaimana mengatasi penyakit ini, berikut ini kita simak bagaimana mengatasi batuk berdahak yang akan sangat menganggu.

1. Konsumsi Air Sebenyak 8 Gelas Setiap Hari

Cairan memegang peranan penting didalam tubuh. Dengan mengkonsumsi air mineral sebanyak 8 gelas secara rutin setiap hari, disebut-sebut akan dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh setiap harinya. Nah, dengan konsumsi yang cukup dari air mineral ini, hal ini pun akan dapat mengendurkan dahak yang menganggu. Akan tetapi, akan lebih baik jika konsumsi air mineral ini dibuat dalam bentuk air hangat yang akan dapat bekerja dalam mengendurkan dahak dengan lebih cepat.

2. Jangan Konsumsi Susu dan Produk Olahannya

Konsumsi susu, daging dan gorengan adalah salah satu pemicu yang akan membuat batuk berdahak semakin membandel. Untuk itulah, sebiaknya jangan konsumsi makanan ini. Memang sulit jika anda adalah salah satu penggemar berat dari beberapa hidangan diatas. Akan tetapi, demi kesembuhan batuk yang anda rasakan, sebaiknya hentikan atau kurangi kebiasaan menyantap beberapa makanan ini selama batuk berdahak masih membandel.

3. Hiruplah Uap

Menghirup uap dari air hangat bisa dijadikan alternatif untuk meredakan batuk berdahak yang membandel. Hal ini pun bisa dijadikan relaksasi untuk anda agar menjadi lebih tenang. Caranya, bisa dilakukan dengan menyediakan air hangat untuk mandi dan dihirup terlebih dahulu sebelum anda gunakan untuk mandi. Dengan begini, hal yang satu ini bisa digunakan untuk melonggarkan lendir baik yang ada dihidung maupun yang ada ditenggorokan.

Selain dari air mandi, anda pun bisa melakukan hal ini dengan menempatkan air hangat pada botol dan meletakannya dibagian leher. Hal ini akan sama manfaatnya dengan menghirup uap panas yakni untuk melegakan dahak.

5. Gunakan Humidifier atau Vaporizer

Alat ini adalah alat pelembab ruangan. Batuk berdahak bisa diatasi atau dicegah jika suhu ruangan disekitar lembab. Untuk itu, gunakan alat ini untuk membuat udara diruangan seperti kamar menjadi lembab. Caranya, tempatkan terlebih dahulu alat ini agar menguapi seluruh ruangan. Setelah itu, baru gunakan ruangan yang akan anda gunakan.

6. Hindari Kebiasaan Merokok

Seperti yang dijelaskan diatas, salah satu penyebab batuk berdahak bisa muncul adalah salah satunya karena asap rokok. Jika anda adalah seorang perokok, maka sebaiknya hindari atau kurangi kebiasaan buruk ini.

Betapapun, bukan hanya berpengaruh dan memperburuk batuk berdahak, merokok tentunya akan dapat mengancam kesehatan anda yang lainnya. Untuk itu, sebaiknya hentikan kebiasaan ini agar anda bisa terhindar dari segala penyakit dan batuk berdahak yang anda alami bisa menjadi lebih baik.

Batuk berdahak memang seringkali dianggap sebagai kondisi kesehatan yang ringan. Sehingga tak sedikit orang yang mengabaikan pengobatan terhadap penyakit ini. Batuk berdahak memang bukanlah sebuah penyakit, sebaliknya ini adalah mekanisme pertahanan tubuh untuk mengeluarkan zat-zat asing dari dalam tubuh.

Akan tetapi, tetap saja dampak dari penyakit ini bisa sangat menganggu dan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman. Untuk itulah, mencari solusi dengan segera agr batuk berdahak bisa segera diatasi adalah hal penting yang harus anda lakukan.

Semoga artikel diatas bermanfaat dan bisa membantu anda meringankan penyakit yang anda alami dengan mengaplikasikan cara mengatasi batuk berdahak diatas.

Loading...

Follow us