Perkembangan Janin Usia 8 Minggu

4.8/5 (44)

Perkembangan janin dalam rahim anda kini sudah memasuki usia ke 8 minggu, yang mana ini artinya anda telah memasuki usia 2 bulan dalam periode 9 bulan kehamilan.

Periode ini pun merupakan serangkaian dari periode yang penting dalam perkembangan bayi anda dalam rahim. Kini organ-organ dalam tubuhnya mulai terbentuk dan ekor mungil yang tadinya muncul pada si bayi, sudah mulai menghilang.

Kini si bayi sudah mulai menunjukan pergerakan dan pergesaran yang cukup stabil. Namun demikian, pergerakan ini masih belum dapat anda rasakan dengan benar selama beberapa minggu.

Lengan-lengannya yang mungil mulai bertumbuh dan kini ia mulai dapat melenturkan pergelangan tanganya dengan perlahan.

Lututnya yang kecil, kini mulai tumbuh dan membesar dan kini kakinya mungkin telah cukup besar untuk bersentuhan dengan bagian depan tubuhnya. Namun demikian, perkembangan yang pesat ini masih belum cukup untuk anda bisa melakukan pemeriksaan guna melihat apakah bayi anda berjenis kelamin laki-laki atau perempuan.

Akan tetapi, tidak ada salahnya jika anda sudah mulai menebak-nebak dan membayangkan tentang betapa lucunya bayi anda saat ini. Selain itu, anda pun akan dapat mencoba menggunakan alat prediksi jenis kelamin untuk membantu anda mengetahui jenis kelamin dari buah hati anda nantinya.

Pada minggu ini, akan ada begitu banyak perubahan yang terjadi dengan si bayi dalam rahim anda. Bila diukur kini panjang embrio sudah mencapai 1.6 cm. Ekor embrionya pun kini sudah mulai menghilang. Sementara beberapa organ yang telah terlebih dahulu terbentuk seperti halnya otot dan sarafnya sudah mulai berfungsi dengan perlahan.

perkembangan janin minggu 8

Didalam otaknya, kini sel-sel syaraf mulai bercabang dan saling terhubung satu dengan yang lainnya membentuk jalur syaraf primitif.

Selain itu, perubahan yang terjadi mulai menyentuh bagian pergelangan tangannya yang sudah mulai bisa menekuk dengan lentur dan selaput pada kaki-kaki mungilnya sudah mulai menghilang dan jari-jari kakinya sudah mulai terlihat.

Kini kelopak matanya sudah mulai menutupi bagian matanya yang kecil. Saat ini, papila lidahnya pun sudah terbentuk dengan perlahan. Pada perkembangan minggu ini, embrio mulai berubah dan memasuki usia janin karena organ-organ tubuhnya sudah mulai terbentuk.

Selain itu, plasentanya pun kini mulai berkembang dan mengembung membentuk struktur bernama korionik vili yang membantu melekatkan plasenta ke dinding rahim.

Pada usia kehamilan 2 bulan ini, tulang-tulang si bayi sudah mulai tumbuh dan begitu pula dengan jari-jari tangan dan kakinya.

Kehamilan ini akan pula memberikan perubahan untuk penampilan fisik anda. Kini payudara anda sudah mulai terbentuk membesar dan mungkin anda pun akan membutuhkan ukuran bra yang lebih besar dibandingkan bra yang saat ini anda gunakan.

Bagian pinggang anda pun mungkin akan terlihat lebih mengembang dan besar dibandingkan ukuran anda sebelumnya. Ukuran celana pun mungkin kini harus mulai berganti dengan ukuran yang lebih besar. Akan tetapi, selama kehamilan sebaiknya anda tidak memaksakan diri untuk menggunakan celana jeans demi keselamatan si buah hati yang ada dalam rahim anda agar tidak tertekan yang akan membuat perkembangannya menjadi terhambat dan terhalang.

Perubahan yang Terjadi dengan Ibu Hamil Usia 8 Minggu

Perubahan hormon serta perkembangan embrio dalam rahim akan dapat mengakibatkan ibu hamil menjadi mudah merasa lelah dan mengalami morning sickness. Bila pada usia kehamilan minggu-minggu sebelumnya, si kecil masih disebut dengan embrio, kini pada kehamilan 8 minggu atau sama artinya dengan 2 bulan, si bayi telah bertansformasi menjadi janin dengan anggota tubuhnya yang mulai terlihat dengan baik.

Sebagian wanita seringkali merasakan beberapa gejala kehamilan termasuk yang paling umum adalah beberapa gejala diatas. Mual dan muntah adalah beberapa perubahan yang paling sering dirasakan wanita hamil pada periode awal masa kehamilannya, hal ini pun pada dasarnya disebabkan oleh adanya perubahan hormon dalam ibu hamil.

Selain itu, pada umumnya perubahan hormon tersebut akan dapat berdampak pada lebih sulitnya si ibu hamil mendapatkan waktu istirahat (tidur) dimalam hari, antara lain adalah karena lebih seringnya ia buang air kecil.

Nah, bila ibu saat ini mengalami mornig sickness, bisa jadi berat tubuh ibu saat ini mengalami penurunan. Namun demikian, tak perlu khawatir sebab pada umumnya wanita hamil akan bertambah berat badannya hingga 1.3-1.8 kg pada trimester pertama masa kehamilannya.

Selain itu, pada masa hamil usia 8 minggu, volume darah ibu akan mengalami peningkatan sampai dengan 40-50 persen.

Sebagian besar wanita hamil pun mengalami kembung dan merasakan nyeri dibagian ulu atinya. Bahkan sebagian lain merasakan perubahan lain seperti percepatan pertumbuhan rambut dan kukunya. Namun demikian, perbedaan perubahan ini biasanya bergantung pada peningkatan sirkulasi hormon dan ini adalah hal yang wajar terjadi.

Sedangkan pada kasus tertentu, sebagian wanita hamil mengalami pendarahan kecil pada masa-masa awal kehamilannya. Akan tetapi, bila kondisi pendarahan ini sifatnya hebat dan terjadi secara tersus-menerus tanpa henti, maka kondisi ini patut segera mendapatkan pertolongan medis. Sebab hal yang paling dikhawatirkan pada kondisi ini adalah dampaknya yang akan dapat membahayakan si ibu dan si janin yang tengah dikandungnya.

Selain itu, dapat pula terjadi perubahan dibagian kulit, seperti halnya areola atau puting payudara yang cenderung terlihat berwarna lebih gelap dan lain sebagainya.

Adapun area-area kulit yang mengalami perubahan ke warna yang lebih gelap tersebut biasanya disebut dengan kloasma. Namun demikian, tak perlu khawatir dengan kondisi ini. Keadaan ini mungkin akan membuat anda kehilangan estetika tubuh dan membuat anda tak percaya diri. Sebab pada akhirnya, seiring dengan tibanya hari kelahiran, kondisi ini akan dapat kembali pada kondisi semula.

Lantas Apa Sajakah yang Perlu Diperhatikan?

Ada bebrapa hal yang bisa menjadi panduan untuk para wanita hamil pada usia kehamilan minggu ini agar aktivitas dan keseharian anda tetap merasa nyaman. Nah, berikut ini kita simak apa sajakah hal yang perlu diperhatikan dalam menghadapi usia kehamilan 8 minggu.

  • Ketika terjadi perubahan bentuk payudara yang lebih signifikan dan membuat anda harus berganti ukuran bra, maka silahkan ganti ukuran ini ke ukuran yang lebih besar yang membuat anda merasa lebih nyaman. Agar demikian, bra yang lebih besar akan dapat menopang ukuran payudara yang membesar. Selain itu, sebaiknya tidak mengaitkan bra dengan telalu kencang selama masa kehamilan agar anda tidak merasa sesak atau kepanasan.
  • Perubahan mood selama masa kehamilan mungkin adalah hal yang akan dapat membuat anda frustasi dan seolah tidak siap menghadapi hal semacam ini. Akan tetapi, sadari kembali bahwa kondisi ini adalah hal yang wajar dan normal. Sebagian besar wanita hamil merasakan kondisi ini. Namun bagaimana anda mengendalikan suasana dan mensiasati perubahan emosi ini adalah hal yang penting yang bisa dilakukan dalam rangka mengendalikan emosi yang tak menentu.
  • Perubahan emosi dan beberapa gejala kehamilan lainnya mungkin membuat anda merasa sulit tidur dan beristirahat dimalam hari. Nah, untuk mengatasi hal ini maka buatlah suasana kamar anda senyaman mungkin. Bila perlu perdengarkanlah musik ringan untuk mengantarkan anda tidur.

Demikian beberapa hal yang dapat anda lakukan ketika mulai muncul perasaan tidak nyaman saat gejala kehamilan anda alami. Semoga bermanfaat dan semoga anda dan sang janin dalam rahim senantiasa sehat selalu.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel