data-ad-format="auto"

5 Buah Untuk Obat Maag Yang Paling Ampuh

Penyakit maag memang menjadi penyakit yang rentan menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan juga jenis kelamin. Maag dikenal sebagai penyakit yang banyak ditemukan dimasyarakat. Bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat setidaknya pada tahun 2012, tingkat kasus penyakit maag di Indonesia mencapai sekitar 40.8%. Namun sayangnya, banyak orang yang belum memahami sepenuhnya akan kasus penyakit maag yang banyak terjadi di masyarakat. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang belum tahu dan memahami sepenuhnya akan penyakit maag.

Banyak orang yang menganggap maag merupakan suatu penyakit yang akan kambuh karena setiap orang memiliki yang namanya maag. Namun, sebenarnya di dalam dunia medis tidak mengenal yang namanya istilah  penyakit maag. Penyakit ini hanyalah digunakan oleh masyarakat awam untuk menggambarkan berbagai keluhan yang disebabkan oleh adanya gangguan pencernaan. Berbagai masalah kesehatan tersebut seperti mual, muntah, sakit perut, dada terasa nyeri dan terbakar, begah serta rasa yang sulit diungkapkan yang terjadi pada perut.

Terlepas dari mitos masyarakat mengenai penyakit maag, apakah suatu penyakit ataukah bukan. Hanya saja maag sendiri bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu gejala yang menjadi tanda adanya suatu penyakit tertentu di dalam tubuh, terlebih pada sistem pencernaan. Maag yang kambuh sebenarnya berhubungan dengan pola makan yang Anda jalankan. Bisa saja maag kambuh dikarenakan pola makan yang tidak teratur serta sering telat makan. Maag yang kambuh ternyata tidak hanya bisa diobati oleh obat-obatan saja, namun juga oleh beberapa jenis buah yang telah terbukti ampuh dalam mengatasi maag yang kambuh. Lantas, buah apa saja yang dipercaya dapat mengobati maag yang sedang kambung? Yuk kita langsung simak saja pemaparannya di bawah ini!

Buah Untuk Obat Maag

Tentunya tidak semua buah dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati penyakit maag. Hanya ada beberapa buah saja yang dipercaya dapat menyembuhkan maag yang sedang kambuh. Bagi Anda yang sering mengalami maag kambuh, alangkah baiknya Anda mengobatinya terlebih dahulu dengan bahan alami seperti buah-buahan. Hal ini untuk meminimalisir ketergantungan Anda pada obat-obatan yang belum tentu aman bagi tubuh Anda.

Selain menyehatkan bagi tubuh, buah-buahan tentunya tidak mengandung bahan kimia sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Beberapa jenis buah tentnya memiliki kandungan yang dipercaya dapat mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Berikut ini beberapa jenis buah-buahan yang dipercaya dapat mengobati maag yang kambuh, diantaranya:

Pepaya

Buah yang terkenal dengan khasiatnya yang baik untuk sistem pencernaan ini tentu dipercaya pula sebagai obat untuk mengatasi maag yang kambuh. Tumbuhan yang kaya akan serat ini tentunya menjadi buah yang sangat baik untuk mengobati saat maag Anda kambuh. Selain itu, buah pepaya memang menjadi jenis buah yang sangat mudah untuk dicerna. Kandungan yang terdapat di dalam buah pepaya yakni vitamin B1, B2, vitamin A dan juga vitamin C. Selain itu, buah pepaya juga mengandung mineral seperti sulfur, magnesium, kalium, dan juga zat besi. Kandungan mineral yang ada di dalam buah pepaya ini tentunya sangat membantu Anda untuk melancarkan pencernaan termasuk meredakan maag Anda yang sedang kambung.

Pepaya memang dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat. Selain untuk kesehatan tubuh, buah pepaya juga kerap digunakan untuk produk kecantikan. Seperti manfaat buah pepaya untuk kesehatan kulit, rambut dan juga tulang serta kerap digunakan untuk menambah sistem kekebalan tubuh manusia. Selain itu, Anda juga bisa menghaluskan seperempat buah pepaya setiap harinya dengan menambahkan 2 sendok yogurt tanpa campuran bahan lainnya. Anda tentunya dapat mengonsumsi buah pepaya ini saat makan siang dan juga makan malam untuk meredakan maag Anda yang sedang kambuh. Bagi Anda yang ingin mengobati maag yang kambuh tentu jangan langsung dengan obat, alangkah lebih baik untuk mengobatinya dengan makan buah pepaya karena dapat kita temukan dengan sangat mudah.

Buah peach

Buah selanjutnya yang dipercaya dapat mengobati penyakit maag yakni buah peach atau yang dikenal dengan buah persik. Buah yang memiliki rasa manis ini ternyata memiliki kandungan yang cukup baik untuk kesehatan tubuh khususnya sistem pencernaan. Selain itu, buah peach juga memiliki peran sebagai obat diuretik sekaligus obat pencahar. Di dalam buah peach tentunya mengandung vitamin A, C, dan juga E yang berperan baik dalam mencegah timbulnya penyakit kanker di dalam sistem pencernaan Anda. Kandungan mineral yang terdapat di dalam buah peach seperti fosfor, magnesium dan juga kalium memiliki peran sebaagi pelindung untuk menjaga sistem kekebalan tubuh manusia agar lebih baik.

Buah peach memang terkenal dengan tekstur yang lembut dan juga mudah dicerna. Selain itu, buah peaach juga dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan bagi Anda yang sering mengeluhkan maag kambuh. Selain itu, Anda juga bisa membuat obat maag alami yang terbuat dari dari rebusan daun peach dan juga daging buah peach. Anda tentunya dapat minum setiap hari sebanyak 2-3 cangkir perharinya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Buah pisang

Buah yang satu ini memang memiliki manfaat yang tidak kalah dengan buah lainnya seperti pepaya dan juga buah persik. Seperti yang kita tahu bahwa pisang menjadi salah satu jenis buah yang tinggi akan serat dan juga dipercaya sebagai buah untuk mengatasi masalah pada sistem pencernaan tubuh manusia. Selain itu, kandungan lemak dan juga protein yang ada di dalam buah pisang sangat rendah sehingga dipercaya memiliki kandungan efek pencahar untuk pencernaan manusia.

Mengapa buah pisang dipercaya sebagai obat untuk mengatasi maag kambuh? Hal ini dikarenakan di dalam buah mengandung senyawa yang dapat menetralkan cairan asam lambung sehingga mengurangi rasa sakit akibat iritasi asam lambung. Selain itu, senyawa yang ada di dalam buah pisang dipercaya dapat melapisi permukaan lambung sehingga dapat terhindar dari rasa sakit saat maag Anda kambuh. Inilah mengapa buah pisang dipercaya dapat mengobati penyakit maag yang sedang kambuh. Namun, ada hal yang mesti Anda perhatikan saat hendak mengonsumsi buah pisang. Bagi Anda yang berniat mengonsumsi buah pisang untuk obat maag, tentu Anda diharuskan untuk mengonsumsi buah yang sudah matang  serta berwarna kuning terang. Selain itu, Anda dapat mengonsumsi pisang sebagai menu sarapan sehat bagi Anda untuk mengurangi kambuhnya serta terjadinya gejala maag sehari-hari.

Buah kelapa

Buah yang memiliki rasa yang cukup segar ini tentunya memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan Anda. Ternyata air buah kelapa mengandung banyak senyawa dan juga mineral penting yang berperan dalam menenangkan sistem pencernaan tubuh manusia. Selain itu, buah kelapa juga memiliki manfaat yang sangat pentingn dalam menghilangkan racun akibat radikal bebas yang menyerang tubuh kita. Buah kepala juga dikenal sebagai jenis cemilan sehat untuk mengobati penyakit maag yang kambuh.

Air kelapa tentunya memiliki banyak sekali kandungan vitamin seperti fosfor, zinc, natrium, kalsium, magnesium serta berbagai vitamin seperti vitamin B3, B5, B6 dan juga vitamin C. Tidak hanya itu, air buah kelapa juga memiliki sifat antibakteri yang bermanfaat untuk menghambat tumbuhnya bakteri Helicobacter pylory sebagai penyebab timbulnya maag Anda kambuh. Selain itu, air buah kepala juga dapat membantu mempertahankan suhu tubuh agar tetap normal serta menghambat timbulnya peradangan di dalam lambung.

Bagi Anda yang menderita penyakit lambung dan juga sering maag Anda kambuh. Alangkah baiknya bagi Anda untuk mengonsumsi air kelapa secara rutin minimal 1 hari sekali sebanyak 1 gelas setiap harinya 30 menit setelah makan. Anda dapat melakukan cara rutin ini setidaknya  2-3 bulan untuk merasakan khasiat dan juga manfaatnya. Anda juga dapat menyertakan makanan dan juga minuman lain yang sehat dan juga bergizi. Dengan catatan, Anda jangan sampai berlebihan saat mengonsumsi air kelapa karena akan menimbulkan efek samping seperti diare, kekurangan nutrisi, rasa lelah berlebih dan juga mudah terserang penyakit.

Buah apel

Buah yang dikenal akan rasanya yang manis dan juga lezat ini ternyata memiliki manfaat yang kaya akan gizi dan juga nutrisi. Kandungan yang ada di dalam apel ini yakni kandungan glisin dan juga kandungan pektin dipercaya ampuh dalam mengobati penyakit maag yang kambuh. Kedua kombinasi ini tersebut tentunya mengandung antasid yang menjadikan apel sebagai salah satu jenis buah yang dapat mengobati penyakit maag. Selain itu, apel juga mampu mengurangi rasa mual, muntah dan juga rasa mulas serta mengurangi naiknya asam lambung pada sistem pencernaan Anda.

Meskipun memiliki rasa asam, namun kandungan asam dan juga enzim yang ada di dalam buah apel dipercaya dapat menetralkan asam lambung di dalam tubuh kita. Buah apel ini tentunya mengandung enzim alami yang berperan dalam membantu memproduksi asam lambung di dalam pencernaan. Jika apel dibuat jus tentunya dapat memberikan sifat menenangkan pada sensasi perut yang terbakar dan juga kerongkongan yang tidak nyaman. Buah apel ini sangat dipercaya dalam keefektifannya memerangi keasaman pada lambung.

Bagi Anda yang ingin memerangi maag yang sering kambung, tentunya Anda dapat mencobanya dengan mengonsumsi buah apel. Cara yang dapat Anda lakukan tentunya sangat mudah, hanya dengan memakan apel sebelum makan selama 3 hari sekali. Dalam memilih jenis buah apel, Anda juga harus berhati-hati. Jangan lupa untuk mencuci bersih kulitnya agar kandungan pestisida berbahaya dapat hilang. Buah apel memang menjadi jenis buah yang kerap digunakan dalam pengobatan asam lambung. Untuk itu, jangan ragu untuk mengonsumsi buah apel saat maag Anda kambuh.

Itulah beberapa buah yang dipercaya dapat mengobati maag jika suatu saat penyakit maag akan kambuh kembali secara tiba-tiba. Pastikan Anda mengonsumsi salah satu atau lebih dari jenis buah di atas untuk mendapatkan manfaat yang luar biasa.

Apakah Setiap Orang Punya Maag?

Banyak masyarakat yang menganggap bahwa semua orang pastinya memiliki maag. Namun, anggapan tersebut sangatlah keliru. Sebenarnya, maag bukanlah sebuah jaringan ataupun organ tubuh manusia. Maag bukan berarti suatu kondisi  yang muncul dan juga dialami oleh setiap orang. Hanya pada orang tertentu saja yang kemungkinan memiliki penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti misalnya penyakit tukak lambung dan juga asam lambung yang akan menunjukkan beberapa gejala seperti maag.

Terlepas dari hal tersebut tentunya banyak orang yang salah paham dan mengira bahwa maag merupakan asam lambung. Hal ini dikarenakan banyak kasus yang terjadi dimana keluhan maag sering disebabkan oleh tergangunya asam lambug. Seperti yang kita tahu bahwa asam lambung sendiri merupakan sebuah enzim yang diproduksi oleh tubuh secara alami. Enzim ini berfungsi untuk mencerna berbagai makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jika kadar asam lambung naik sampai pada kerongkongan, maka inilah yang menjadi gejala yang kita kenal dengan sebutan penyakit maag.

Jadi sebenarnya, tidak semua orang memiliki penyakit maag. Jika kita menyebutkan semua orang memiliki penyakit maag, maka sama saja dengan kita mengatakan bahwa semua orang memiliki penyakit diabetes. Tentu, hal tersebut tidaklah benar, bukan? Semua orang memang memiliki asam lambung seperti halnya semua orang memiliki kadar gula di dalam darah. Namun, asam lambung tidak akan menjadi suatu penyakit maag jika tidak didukung oleh beberapa faktor risiko yang berpotensi besar menyebabkan penyakit maag.

Faktor Risiko Terjadinya Penyakit Maag

Beberapa faktor risiko tentunya melengkapi setiap munculnya suatu penyakit di dalam tubuh manusia. Begitupula dengan penyakit maag yang rentan menyerang setiap orang. Berikut ini ada beberapa faktor risiko terjadinya penyakit maag pada tubuh seseorang, diantaranya:

Usia

Pada umumnya, penyakit maag rentan menyerang orang yang sudah berusia lanjut. Dalam artian orang dewasa memiliki faktor risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan usia remaja atau anak-anak. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini tidak sedikit anak muda yang sudah mengalami yang namanya penyakit maag. Namun, biasanya faktor risiko tertinggi yakni ada pada orang dewasa. Hal ini dikarenakan lapisan lambung mereka akan cenderung menipis seiring dengan bertambahnya usia karena akan lebih mungkin terjangkit infeksi H.Pylori atau gangguan autoimun dibandingkan pada anak-anak.

Terbiasa memakai obat penghilang sakit

Faktor risiko selanjutnya yakni jika seseorang sering menggunakan obat pereda nyeri seperti aspirin, antalgin, ibuprofen, parasetamol dan juga naproxen yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit maag baik akut ataupun kronis. Jika dikonsumsi secara terus menerus, maka akan menyebabkan substansi kunci yang menjaga lapisan lambung akan berkurang sedikit demi sedikit.

Pola makan tidak teratur

Pola makan yang tidak sehat seperti sering mengonsumsi makanan yang pedas dan kadar lemak yang tinggi serta tidak tepat dalam menjaga pola makan. Tentu, dapat menjadi faktor risiko utama terjadinya penyakit maag pada tubuh seseorang. Pola makan tidak teratur akan mengakibatkan Anda sering telat makan sehingga tidak baik untuk kesehatan lambung Anda.

Infeksi bakteri

Penyakit maag tidak hanya disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur. Namun, penyakit maag juga bisa disebabkan oleh terjadinya infeksi bakteri Helicobacter pylori  yang menyerang tubuh manusia. Setidaknya setengah populasi manusia diperkirakan telah terinfeksi oleh bakteri ini yang dapat tertularkan dari orang ke orang. Bakteri ini berpotensi besar dalam memecah lapisan pelindung lambung bagian dalam yagn menyebabkan adanya perubahan pada lapisan lambung. Maka dari itu, jangan sepelekan bakteri yang satu ini.

Stres dan kelelahan

Selain dari faktor gaya hidup, stres dan juga kelelahan dapat menjadi faktor risiko terjadinya penyakit maag. Kelelahan dan juga stres dapat memicu pola makan yang tidak teratur sehingga cukup sering mengalami telat makan.

Demikianlah beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai penyakit maag dan juga buah yangn dipercaya untuk mengobati penyakit maag. Semoga bermanfaat!

Author: Nina Astuti

Follow us