12 Tanda Saat Anda Sudah Menemukan Dokter Anak Yang Tepat

Bagi Anda yang memiliki anak tentunya tidak heran jika Anda rajin mencari tahun informasi mengenai dokter anak yang bagus dan juga profesional. Saking banyaknya dokter anak, maka Anda diwajibkan untuk selektif saat memeriksakan si kecil. Tidak dapat dipungkiri bahwa memilih dokter anak yan profesional dan cocok dengan si kecil sangatlah tidak mudah. Sangat disarankan bagi Anda untuk tidak salah pilih dalam memeriksakan anak Anda ke dokter anak tertentu. Hal ini tentunya sangat berhubungan dengan kesehatan tubuh si kecil. Tentunya, Anda tidak ingin kalau kesehatan si kecil semakin terganggu dikarenakan Anda memilih dokter anak yang salah.

Terlepas dari bagaimana cara untuk memilih dokter anak tentunya sangat disayangkan karena masih saja banyak para orang tua yang salah memilih dokter anak. Dapat dikatakan bahwa saat kita memilih dokter anak ibarat dengan menemukan jodoh sehingga akan cocok dan juga sesuai. Faktanya bahwa banyak sekali orang tua yang belum berhasil mendapatkan dokter anak yang cocok dengan si kecil. Meskipun terbilang hal yang cukup mudah, namun nyatanya hal ini banyak yang tidak berhasil.

Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara yang paling tepat untuk menemukan dokter anak. Berikut ini kami sajikan beberapa cara untuk mendapatkan dokter anak yang sesuai dan juga tepat untuk si kecil, diantaranya:

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Selalu Perhatian

Tips pertama yang bisa Anda lakukan ialah dnegfan melihat kesan pertama kami bagaimana dokter anak tersebut. Perhatian terhadap anak memang menjadi salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan saat memilih dokter anak. Secara kasat mata, dokter tersebut memiliki kesan yang baik hati dan juga empati terhadap si kecil. Jika Anda menemukan dokter seperti ini, tentu ini dapat menjadi poin utama saat Anda sedang mencari dokter anak yang bagus.

Tidak Meremehkan Gejala Anak

Tips kedua yang bisa Anda pertimbangkan yakni dokter yang tidak meremehkan akan gejala yang dirasakan oleh anak, tentu menjadi satu hal yang harus Anda pertimbangkan. Hal ini dikarenakan banyak dokter yang selalu terkesan meremehkan saat si kecil diperiksakan kepada dokter anak. Dokter akan cenderung perhatian saat mengetahui gejala-gejala yang dialami oleh si kecil.

Selalu Menjelaskan

Dokter yang bagus dan juga profesional akan selalu menjelaskan dengan sejelas-jelasnya akan suatu penyakit yang diderita oleh si kecil tanpa keraguan sedikitpun. Terlebih banyak orang tua yang masih awam terhadap penyakit yang dialami oleh si kecil. Dokter yang profesional akan selalu memberikan penjelasan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Selain itu, ia akan memberikan infomasi dengan lugas dan juga jelas serta tidak terlalu rumit.

Selalu Merespon

Bagi Anda yang pernah memeriksakan si kecil ke dokter tentu pernah mendapati dokter yang cenderung tidak merespon dengan baik. Hal ini menjadi pertimbangan bagi Anda saat memilih dokter anak. Tanda bahwa dokter anak sangat profesional yakni selalu mendengarkan dan juga merespon dengan baik mengenai penyakit yang dialami oleh si kecil. Dokter cenderung akan mendengarkan, merespon pertanyaan, merasa khawatir dan juga memberikan saran kepada si kecil untuk merawatnya.

Rekomendasi Yang Banyak

Tentu sebagai orang tua, Anda akan selalu mendapatkan informasi mengenai rekomendasi dokter seperti misalnya dari ibu-ibu lain, rekan kantor dan juga tetangga yang pernah ditangani oleh dokter tersebut.

Dapat Dihubungi Dengan Mudah

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan seberapa mudah dokter tersebut dihubungi oleh Anda. Pada umumnya emang dokter memiliki jadwal praktik yang sudah ditentukan, meskipun begitu dokter yang cepat tanggap akan sangat mudah untuk kita hubungi baik melalui sms ataupun telpon.

Memeriksa Keseluruhan

Dokter yang bagus dan juga profesional akan senantiasa memeriksa si kecil secara menyeluruh dan juga telaten. Meskipun banyak pasien yang mengantri, namun ia akan selalu memeriksa di kecil dengan telaten tanpa melihat jam dan juga banyak antrian yang sudah menunggu.

Cari Dokter Berpengalaman

Dokter yang sudah berpengalaman memang menjadi satu pertimbangan yang harus Anda pikirkan. Dokter yang memiliki pengalaman yang sudah banyak tentunya akan lebih mudah dalam memeriksa kondisi tubuh si kecil serta sudah dapat mengetahui berbagai hal mengenai anak-anak. Bagi Anda yang sedang mencari tahu dokter anak, alangkah baiknya bagi Anda untuk memilih dokter yang berpengalaman alih-alih memilih dokter yang baru menyelesaikan studinya.

Tidak Merasa Dibutuhkan

Banyak sekali tenaga medis yang merasa bahwa perannya sangatlah dibutuhkan oleh orang banyak sehingga tidak sedikit yang cenderung mengabaikan pasien dan tidak menghargai waktu dengan baik. Meskipun kita sudah memiliki janji terlebih dahulu untuk bertemu sebelumnya, namun dokter tersebut akan cenderung tidak menghargai waktu. Akan tetapi, dokter yang dirinya merasa tidak dibutuhkan dan merasa bahwa itu kewajiban yang harus ia lakukan, maka ia akan selalu menempati janji dan juga memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasiennya.

Suasana Ruang Praktik

Tidak hanya sifat dan juga sikap dokter yang harus kita pertimbangkan saat memilih dokter anak. Namun, Anda juga harus mulai mempertimbangkan bagaimana suasana ruang praktik tersebut, apakah memang layak ataukah tidak. Hal ini dikarenakan ruang praktik harus memberikan kesan seperti ramah anak. Anda tentunya dapat memperhatikan prosedur cara mendaftar, antre, jumlah antrean pasien, serta cara dokter memperlakukan pasien. Jika secara kebetulan dokter anak praktik di rumah sakit, maka dipastikan untuk terpisah dari area terpisah dengan pasien dewasa agar tidak tertular penyakit. Bagaimanapun juga, suasana praktik yang bagus dan layak akan membuat si kecil menjadi lebih betah dan juga nyaman sehingga tidak terlalu tegang saat diperiksa.

Mengerti Bahasa Anak

Tidak dapat dipungkiri bahwa anak memiliki verbal yang masih harus dimengerti oleh orang dewasa. Untuk itu, dokter Anda harus dapat mengenal, mengerti dan juga dapat berkomunikasi dengan baik dengan anak. Baik secara verbal maupun non verbal tentu harus menjadi pertimbangan bagi Anda. Hal ini dikarenakan sentuhan pada anak juga dapat menenangkan. Untuk itu, pastikan gerak tubuh, gelagat dan juga cara menenangkan anak saat histeris dapat dengan mudah dilakukan.

Ramah Biaya

Saat Anda berkunjung ke dokter tentunya biaya menjadi hal yang banyak dipertimbangkan oleh sebagian besar orang tua. Untuk itu, Anda harus memilih dokter dengan biaya yang menurut Anda terjangkau baik untuk biaya konsultasi, diperiksa dan juga obat-obatan. Jangan lupa untuk selalu memasukkan biaya administrasi rumah sakit dan juga dokter spesialis yang Anda kunjungi. Perlu Anda ingat bahwa dokter yang baik tidak selamanya mahal. Faktanya bahwa banyak juga dokter anak yang memiliki harga mahal, namun tidak sebanding dengan pemeriksaan yang ia lakukan.

Mencari tahu dan juga memilih dokter yang sesuai dan juga cocok dengan si kecil memang menjadi hal yang harus Anda lakukan. Itulah beberapa tips dan tanda bahwa Anda sudah memilih dokter anak yang paling tepat. Semoga bermanfaat!

Loading...

Follow us