Ketahuilah Kadar LDL Sebagai Penyebab Tingginya Kolesterol Jahat

Penyakit yang kerap diderita oleh orang yang sudah berusia lanjut ini tentunya menjadi salah satu gangguan penyakit yang perlu Anda waspadai. Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika kadar kolesterol tersebut tinggi, maka menjadi kondisi yang sangat berbahaya. Jika sudah parah, kolesterol akan mengancam terjadinya serangan jantung koroner ataupun penyakit lainnya seperti stroke. Kolesterol tentunya terbagi menjadi dua jenis yakni LDL dan juga HDL. Kedua jenis kolesterol ini bersifat baik dan juga jahat.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas kadar kolesterol LDL dimana menjadi penyebab datangnya gejala penyakit kolesterol. Kadar LDL ini tentunya menjadi satu kondisi kesehatan yang patut Anda waspadai. Kadar LDL tinggi inilah yang menyebabkan timbulnya penyakit kolesterol dan juga gejala lainnya. Banyak anggapan bahwa penyakit kolesterol memang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol. Namun ternyata, banyak orang yang belum mengetahui bahwa kadar kolesterol tinggi disebabkan oleh tingginya kadar LDL di dalam darah. Bagi Anda yang belum mengetahui akan definisi dari kadar LDL tersebut, di bawah ini kami sajikan faktanya!

Apa Itu Kolesterol LDL?

Terlepas dari belum banyaknya orang mengetahui definisi dari kadar kolesterol LDL ini, ternyata kadar kolesterol di dalam darah di bagi menjadi dua jenis. Seperti yang sudah kita tahu bahwa kolesterol ialah suatu zat berlilin yang ditemukan pada lemak (lipid) darah. Zat kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses pembentukan vit D, asam empedu, membran sel dan juga berbagai hormon tertentu. Akan tetapi, jika kadar kolesterol tinggi, maka berisiko besar meningkatkan risiko penyakit jantung.

Pada umumnya, kolesterol tidak bisa larut di dalam darah dan harus melalui aliran darah yang berfungsi sebagai pengangkut yang dikenal dengan lipoprotein. Perlu Anda ketahui bahwa kadar kolesterol yang di dalam darah terbagi menjadi dua jenis, diantaranya:

– LDL (Low-Density Lipoprotein) yaitu dikenal dengan istilah kolesterol jahat dimana jika kadar LDL ini menumpuk pada dinding arteri, maka akan menyebabkan pembulub darah menjadi keras dan juga sempit.

– HDL ( High-Density Lipoprotein ) yang dikenal dengan sebutan kolesterol baik dimana dapat membantu menghilangkan kadar LDL berlebih yang menumpuk di dalam dinding arteri dan mengembalikannya ke hati.

Intinya bahwa semakin tingginya kadar kolesterol LDL di dalam arteri, maka semakin besar risiko serangan jantung terjadi pada Anda. Kolesterol tinggi tersebut tentunya dapat dikaitkan dengan adanya peningkatan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Berbagai jenis penyakit lanjutan jika kadar kolesterol LDL tinggi di dalam darah, maka dapat menyebabkan terjadinya penyakit lain seperti stroke, jantung koroner dan juga penyakit vaskular periferal.

Pada jaman dulu penyakit kolesterol kerap menyerang orang yang sudah berusia lanjut. Namun saat ini, tidak sedikit orang yang masih berusia muda terserang penyakit kolesterol. Dapat dipastikan bahwa penyakit kolesterol dapat terjadi pada siapapun dan juga usia berapapun.

Ciri-Ciri Kadar LDL Tinggi Di Dalam Tubuh

Bagi yang menderita penyakit kolesterol tentunya Anda akan merasakan ketidaknyamanan di dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh kadar LDL yang mulai tinggi sehingga dengan cepat bereaksi dengan tubuh. Sayangnya, banyak sekali orang yang belum mengetahui akan ciri-ciri jika kadar kolesterol LDL tersebut tinggi. Untuk itu, berikut kami sajikan beberapa ciri-ciri jika kadar LDL tinggi di dalam tubuh, diantaranya:

Kuku menjadi berubah

Perlu Anda ketahui bahwa pada saat kadar LDL tinggi, maka kuku tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup. Sebagai akibatnya sirkulasi yang ada di dalam kuku akan menjadi terganggu. Jika sudah begini, maka kuku akan menebal sehingga pertumbuhannya menjadi terganggu. Misalnya saat Anda memotong kuku, maka kuku akan tumbuh lagi, namun pada waktu yang cukup lama.

Merasakan nyeri pada kaki

Jika kadar LDL tinggi pada tubuh, tentunya akan menyebabkan aliran darah ke kaki menjadi tersumbat. Tidak sedikit orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi mengeluhkan nyeri pada kaki terlebih bahkan kaki terasa sangat berat saat digunakan untuk berjalan. Selain itu, kaki akan merasakan nyeri yang cukup hebat sehingga membuat aktivitas Anda menjadi tidak nyaman.

Kulit kaki terasa dingin

Jika kadar kolesterol LDL tinggi di dalam darah tentunya kulit kaki terasa dingin. Anda tentunya dapat merasakan saat kaki disentuh meskipun saat tubuh Anda sedang sakit.

Tubuh menjadi mati rasa

Keluhan ini pada dasarnya banyak dikeluhkan oleh para penderita kolesterol. Beberapa bagian tubuh tentunya sering mati rasa yakni jari tangan. Hal ini diakibatkan oleh adanya zat purin yang ada di jari tinggi. Zat ini juga diketahui sebagai penyebab dari tingginya asam urat di dalam darah.

Lesu dan migrain

Bagi Anda yang memiliki kadar LDL yang cukup tinggi tentunya dapat disebabkan oleh sistem metabolisme lemak tubuh yang terganggu sehingga memiliki masalah pada pencernaan. Hal ini dikarenakan makanan yang dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi tidak dapat dicerna dengan sangat baik sehingga akan menumpuk pada saluran pencernaan. Rasa kenyang tersebut tentunya dikirimkan ke otak. Akibat yang terjadi, maka migrain dan juga lesu akan muncul bersamaan sehingga tubuh akan kekurangan banyak energi.

Diare

Tidak heran jika pada penderita kolesterol yang tinggi memang rentan mengalami diare. Kondisi ini disebabkan oleh tubuh yang tidak bisa menyerang lemak dengan sempurna sehingga penyakit diarepun akan muncul tanpa bisa Anda hindari.

Kulit kaki ikut berubah

Jika kaki terasa dingin, maka kulit kakipun dapat berubah dengan sendirinya dan cenderung terlihat pucat. Hal ini dikarenakan pasokan darah pada kaku menjadi berkurang.

Gejala Jika LDL Tinggi

Setelah kita mengetahui akan ciri-ciri yang ditimbulkan dari kadar LDL yang cukup tinggi. Maka, ada beberapa tanda dan juga gejala yang kemungkinan akan Anda rasakan. Pada umumnya memang kadar LDL tidak menunjukkan tanda dan gejala tertentu. Namun, jika dilihat dari gejala tersebut tentunya ada beberapa tanda yang bisa Anda kenali, diantaranya:

– Gejala yang menyerupai terjadinya penyakit stroke

– Kadar LDL pada tubuh Anda memang sangat tinggi sejak lahir

– Adanya lingkaran abu, putih dan juga biru di area sekitar kornea

– Sering mengalami nyeri dada secara tiba-tiba

– Adanya tumpukan lemak kuning pada kelopak mata

– Adanya tumpukan lemak di bawah kulit, terutama di sekitar otot Achilles dan juga otot tangan

Beberapa tanda tersebut tentunya dapat menjadi gejala terjadinya kadar LDL yang cukup tinggi di dalam darah. Jika Anda merasakan adanya gejala tersebut, maka alangkah baiknya bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat.

Penyebab Tingginya Kadar Kolesterol LDL

Tentunya setiap penyakit yang muncul tidak serta merta ada di dalam tubuh secara tiba-tiba. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya kadar LDL yang tinggi di dalam tubuh, diantaranya:

Kelebihan berat badan

Penyebab tingginya kadar kolesterol LDL di dalam tubuh tentunya dapat terjadi pada seseorang yang memiliki kelebihan berat badan. Hal ini dikarenakan kolesterol LDL dapat meningkatkan trigliserida dan juga menurunkan kadar HDL sehingga tidak heran jika kadar LDL menjadi tinggi.

Adanya penyakit tertentu

Kadar kolesterol LDL yang tinggi tentunya dapat pula disebabkan oleh adanya penyakit tertentu di dalam tubuh seperti misalnya asam urat yang kemungkinan akan menyebabkan kolesterol LDL lebih meningkat. Selain itu, kadar LDL yang tinggi dapat meningkatkan risiko hipotiroidisme dan juga berbagai penyakit hati lainnya.

Obat-obatan tertentu

Kadar kolesterol yang tinggi tentunya bisa disebabkan oleh meningkatkan kadar trigliserda sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol HDL di dalam tubuh. Obat-obatan tersebut tentunya meliputi beta-blockers, corticosteroid, thiazide diuretics dan juga hormon estrogen.

Kebiasaan makan

Tingginya kadar kolesterol tinggi dapat pula disebabkan oleh kebiasaan makan yang buruk. Seperti misalnya terlalu banyak lemak trans, lemak jenuh dan juga kolesterol sehingga dapat meningkatkan kadar LDL tinggi di dalam tubuh.

Itulah beberapa penyebab terjadinya kadar LDL tinggi di dalam tubuh yang kemungkinan dapat terjadi pada Anda.

Faktor Risiko Penyebab LDL Tinggi

Berbagai jenis penyakit tentunya memiliki beberapa faktor untuk muncul pada tubuh seseorang. Tidak serta merta penyakit tersebut ada di dalam tubuh seseorang. Hal ini dapat pula disebabkan oleh beberapa faktor risiko dimana kadar kolesterol LDL tinggi di dalam darah. Beberapa faktor risiko tersebut diantaranya:

– Tubuh yang kurang bergerak dan cenderung pasif dalam melakukan sesuatu

– Seseorang yang memiliki berat badan berlebih tentunya berisiko tinggi terkena kadar LDL yang cukup tinggi. Pada masa indeks tubuh 30 tentunya akan menyebabkan risiko tingginya kadar kolesterol.

– Memiliki riwayat keluarga yang secara kebetulan mengidap penyakit kolesterol yang tinggi. Jika kadar kolesterol tinggi di dalam keluarga, maka adanya kemungkinan Anda mengalami kadar kolesterol LDL. Hal  tersebut tentunya akan membuat tingginya kadar kolesterol sangat sulit untuk disembuhkan.

– Bagi orang yang kecanduan akan rokok tentunya merokok dapat merusak dinding pada pembuluh darah. Selain itu, rookok juga dapat menyebabkan lemak dengan mudah menumpuk di dalam tubuh. Dengan rokok, kadar HDL di dalam tubuh dapat menurun sehingga membunuh kolesterol yang baik di dalam tubuh.

– Pada pria yang memiliki lingkar pinggang sekitar 40 inchi (102 cm), sedangkan pada wanita dengan lingkar pinggang sekitar 35 inchi (89cm).

– Sering mengonsumsi makanan yang tinggi lemak trans, lemak jenuh dan juga kolesterol.

Beberapa faktor risiko tersebut tentunya menjadi penyebab dimana kadar LDL tinggi di dalam tubuh.

Bahaya Kolesterol LDL Tinggi

Kadar kolesterol LDL yang tinggi di dalam tubuh tentunya memiliki tingkat bahaya yang cukup serius. Beberapa bahaya akibat kadar LDL yang tinggi, diantaranya:

Kolesterol LDL buruk untuk arteri dan jantung

Zat kimia yang ada di dalam LDL tentunya tergolong buruk terutama untuk arteri dan juga jantung. Kadar LDL yang tinggi akan menumpuk dan juga menempel pada pembuluh nadi. Dikarenakan tumpukan yang cukup banyak tersebut, maka akan terjadi penyempitan aliran darah di dalam pembuluh nadi terbesar yakni arteri. Penyempitan dan juga penyumbatan di dalam arteri tentunya akan membuat kondisi jantung menjadi memburuk. Kondisi ini menyebabkan jantung kesulitan dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Keadaan jantung tentunya akan memburuk sehingga menyebabkan dada terasa nyeri dan pusing. Puncak dari kadar kolesterol yang tinggi tentunya akan mengalami serangan jantung yang mendadak. Inilah bahaya yang benar-benar harus Anda waspadai.

LDL Buruk Untuk Otak

Zat kimia yang ada di dalam LDL tentunya dapat memberikan efek buruk pada organ-organ yang ada di dalam tubuh. Begitupula dengan otak dimana LDL dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan aliran darah ke otak. Hal tersebut tentunya disebabkan oleh kadar LDL yang menumpuk di pada pembuluh darah sehingga menyebabkan pembuluh darah menjadi tersumbat. Maka, kondisi ini dapat menyebabkan stroke menyerang penderita kolesterol.

 

Cara Mendiagnosa Kadar Kolesterol LDL

Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara yang dilakukan untuk menyatakan bahwa kadar kolesterol LDL tinggi di dalam darah. Tentunya, ada beberapa prosedur yang dilakukan oleh dokter ataupun tenaga medis. Hal pertama yang dilakukan oleh petugas medis yakni dengan melakukan sejumlah rangkaian tes darah. Di dalam tes darah ini tentunya dapat meliputi lipid profile atau lipid panel yang akan menunjukkan kadar kolesterol diantaranya total kolesterol, kolesterol HDL, kolesterol LDL dan juga trigliserida yakni jenis lemak pada darah. Agar mendapatkan hasil yang akuran tentunya alangkah baiknya bagi Anda untuk berpuasa terlebih dahulu selama 9-12 jam sebelum melakukan pemeriksaan. Setidaknya pada orang yang berusia 20 tahun harus melakukan pemeriksaan kadar kolesterol setiap 5 tahun sekali. Sedangkan untuk anak-anak dapat dilakukan pada usia 9-11 tahun dan pemeriksaan lanjutan dilakukan pada usia 17-21 tahun.

Cara Mengobati Jika Kadar LDL Tinggi Di Dalam Darah

Beberapa cara tentunya bisa Anda lakukan untuk mengobati jika kadar kolesterol LDL tinggi di dalam darah. Berikut ini ada beberapa tips dan cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kadar kolesterol LDL tinggi, diantaranya:

– Ubahlah gaya hidup Anda menjadi lebih baik

– Miliki pola makan yang lebih sehat dari biasanya dengan cara:

  • Membatasi sumber makanan yang tinggi akan lemak seperti jeroan, kuning telur, kulit ayam dan juga produk olahan susu.
  • Anda disarankan untuk meningkatkan asupan serat dengan cara mengonsumsi buah dan juga sayuran dalam porsi yang lebih banyak
  • Pilih lemak tak jenuh seperti minyak zaitun, almond, alpukat, minyak canola, kacang kenari dan juga kacang pecan sebagai pengganti lemak jenuh
  • Konsumsi ikan untuk kesehatan jantung
  • Hindari dari asupan minuman beralkohol setidaknya 1 jenis minuman untuk pria dan 2 jenis minuman untuk wanita per harinya
  • Ubahlan pola makan rendah garam dengan menggantinya dengan gandum utuh

– Mulailah membiasakan gaya hidup sehat

Membiasakan gaya hidup sehat tentunya dapat Anda lakukan dengan cara menurunkan berat badan berlebih. Dengan menurunkan sekitar 5-10 pounds, tentunya Anda dapat menurunkan kadar kolesterol total. Cara yang dapat Anda lakukan yakni dengan melakukan olahraga secara rutin setidaknya selama 30 menit sehingga dapat memperbaiki kadar kolesterol di dalam tubuh Anda. Tinggalkan kebiasaan merokok karena kebiasan ini akan menyebabkan cepatnya akumulasi plak pada arteri dan merusak pembuluh darah.

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda ketahui seputar kadar LDL sebagai penyebab tingginya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh Anda. Semoga bermanfaat!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply