15 Makanan Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung memang menjadi salah satu penyakit yang sangat serius bahkan mengancam jiwa seseorang. Seperti yang kita tahu bahwa kasus kematian terbanyak dan terbesar disebabkan oleh penyakit jantung. Tentu, ini menjadi masalah yang cukup pelik bagi manusia. Hal ini dikarenakan banyak sekali faktor-faktor penyebab terjadinya penyakit jantung dan juga serangan jantung. Tidak heran jika para pakar kesehatan sangat mewaspadai akan serangan dari penyakit yang satu ini.

Terlepas dari hal tersebut tentunya setiap penyakit dapat dicegah dan juga diobati. Begitupula dengan penyakit jantung dimana dapat dicegah dan diatasi dengan cukup mudah jika kita melakukannya dengan niat yang sungguh-sungguh. Penyakit jantung memang bukanlah penyakit yang terjadi begitu saja, namun dapat disebabkan oleh beberapa faktor risiko dari riwayat kesehatan seseorang. Dengan mengetahui cara mencegah terjadinya penyakit jantung pada tubuh, tentu sedikitnya kita dapat menghindarkan diri dari risiko terjadinya serangan jantung pada tubuh kita.

Penyakit jantung tidak hanya bisa dicegah oleh obat-obatan medis, namun ternyata dapat dicegah oleh rutin mengonsumsi beberapa jenis makanan kaya gizi. Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa makanan menjadi sumber nutrisi dan juga vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat mengatasi terjadinya serangan jantung. Buah apa saja ya? Yuk kita langsung simak di bawah ini!

Daftar Isi

Makanan Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Meskipun beberapa jenis makanan memang memiliki dampak yang buruk terhadap kesehatan, namun jika dikonsumsi secara bijak tentu hal tersebut dapat Anda hindari. Begitupula dengan  beberapa makanan di bawah ini dimana dipercaya sebagai sumber makanan untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Makanan memang menjadi sumber gizi dan juga nutrisi yang memang diperlukan oleh tubuh. Dalam mencegah terjadinya penyakit jantung tentu bukan hanya diperankan oleh makanan. Akan tetapi, Anda juga disarankan untuk melakukan beberapa aktivitas seperti olahraha, berhenti merokok, minum alkohol dan juga hindari kebiasaan buruk lainnya.

Agar usaha yang Anda lakukan dapat berhasil, maka alangkah baiknya jika Anda memasukkan beberapa jenis makanan di bawah ini ke dalam menu harian Anda.

Salmon

Jenis ikan yang satu ini memang sangat terkenal akan kandungan gizi dan juga nutrisi di dalamnya. Ikan air dingin ini tentunya menjadi sumber protein terbaik dan juga kaya akan asam omega-3 yang sehat. Setidaknya Anda disarankan untuk mengonsumsi salmon dan juga makanan kaya omega-3 lainnya dua kali dalam sehari untuk mendapatkan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain omega-3 tentunya beberapa kandungan yang terdapat di dalam ikan salmon diantaranya protein berkualitas tinggi, asam amino, vitamin A, vitamin D, vitamin B, vitamin B6, vitamin E, dan juga beberapa kandungan lain seperti zat besi, magnesium, fosfor dan juga kalsium.

Disamping rasanya enak, ternyata  salmon juga menjadi makanan yang cukup mudah untuk diolah. Salmon dapat dipanggang di oven ataupun microwave. Jika tidak habis, Anda juga bisa mencampurkannya sebagai olesan sandwich. Bagi Anda yang menyukai sup, salmon juga dapat diolah menjadi sup dan dicampurkan dengan jagung dan juga rempah lainnya. Bagi Anda yang tidak ingin ada kandungan minyaknya, salmon juga dapat direbus di dalam aluminium foil dan rebus sampai empuk hingga beberapa menit. Pastikan bumbui terlebih dahulu ikan salmon tersebut untuk mendapatkan cita rasa yang lezat.

Oatmeal

Oatmeal tentunya menjadi salah satu gandum utuh yang sangat kaya akan mineral, vitamin dan juga seray yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol. Tdak heran jika para produsen sereal oatmeal diperbolehkan untuk mempromosikan manfaat oatmeal untuk kseahatan jantung dikarenakan pakar kesehatan juga sudah menyetujuinya. Sehingga sudah tidak dapat diragukan lagi bahwa oatmeal memang menjadi jenis makanan yang dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam oatmeal diantaranya fosfor, magnesium, seng, selenium, mangan, zat besi dan juga tembaga.

Oatmeal tentunya mengandung kelompok vitamin kompleks dan juga asan folat. Tidak heran jika oatmeal dipercaya dapat menstabilkan kadar gula yang lebih rendah. Setidaknya di dalam satu cangkir oat terdapat kandungan serat yang hampir sama dengan satu cangkir beras merah dan juga satu apel. Jenis serat di dalam oat yakni jenis serat larut yang disebut dengan beta glucan yang diketahui dapat menghambat penyerapan kolesterol di dalam usus.

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Berikutnya »

Tinggalkan komentar

Show Buttons
Hide Buttons