data-ad-format="auto"

15 Makanan Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung memang menjadi salah satu penyakit yang sangat serius bahkan mengancam jiwa seseorang. Seperti yang kita tahu bahwa kasus kematian terbanyak dan terbesar disebabkan oleh penyakit jantung. Tentu, ini menjadi masalah yang cukup pelik bagi manusia. Hal ini dikarenakan banyak sekali faktor-faktor penyebab terjadinya penyakit jantung dan juga serangan jantung. Tidak heran jika para pakar kesehatan sangat mewaspadai akan serangan dari penyakit yang satu ini.

Terlepas dari hal tersebut tentunya setiap penyakit dapat dicegah dan juga diobati. Begitupula dengan penyakit jantung dimana dapat dicegah dan diatasi dengan cukup mudah jika kita melakukannya dengan niat yang sungguh-sungguh. Penyakit jantung memang bukanlah penyakit yang terjadi begitu saja, namun dapat disebabkan oleh beberapa faktor risiko dari riwayat kesehatan seseorang. Dengan mengetahui cara mencegah terjadinya penyakit jantung pada tubuh, tentu sedikitnya kita dapat menghindarkan diri dari risiko terjadinya serangan jantung pada tubuh kita.

Penyakit jantung tidak hanya bisa dicegah oleh obat-obatan medis, namun ternyata dapat dicegah oleh rutin mengonsumsi beberapa jenis makanan kaya gizi. Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa makanan menjadi sumber nutrisi dan juga vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat mengatasi terjadinya serangan jantung. Buah apa saja ya? Yuk kita langsung simak di bawah ini!

Makanan Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Meskipun beberapa jenis makanan memang memiliki dampak yang buruk terhadap kesehatan, namun jika dikonsumsi secara bijak tentu hal tersebut dapat Anda hindari. Begitupula dengan  beberapa makanan di bawah ini dimana dipercaya sebagai sumber makanan untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Makanan memang menjadi sumber gizi dan juga nutrisi yang memang diperlukan oleh tubuh. Dalam mencegah terjadinya penyakit jantung tentu bukan hanya diperankan oleh makanan. Akan tetapi, Anda juga disarankan untuk melakukan beberapa aktivitas seperti olahraha, berhenti merokok, minum alkohol dan juga hindari kebiasaan buruk lainnya.

Agar usaha yang Anda lakukan dapat berhasil, maka alangkah baiknya jika Anda memasukkan beberapa jenis makanan di bawah ini ke dalam menu harian Anda.

Salmon

Jenis ikan yang satu ini memang sangat terkenal akan kandungan gizi dan juga nutrisi di dalamnya. Ikan air dingin ini tentunya menjadi sumber protein terbaik dan juga kaya akan asam omega-3 yang sehat. Setidaknya Anda disarankan untuk mengonsumsi salmon dan juga makanan kaya omega-3 lainnya dua kali dalam sehari untuk mendapatkan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain omega-3 tentunya beberapa kandungan yang terdapat di dalam ikan salmon diantaranya protein berkualitas tinggi, asam amino, vitamin A, vitamin D, vitamin B, vitamin B6, vitamin E, dan juga beberapa kandungan lain seperti zat besi, magnesium, fosfor dan juga kalsium.

Disamping rasanya enak, ternyata  salmon juga menjadi makanan yang cukup mudah untuk diolah. Salmon dapat dipanggang di oven ataupun microwave. Jika tidak habis, Anda juga bisa mencampurkannya sebagai olesan sandwich. Bagi Anda yang menyukai sup, salmon juga dapat diolah menjadi sup dan dicampurkan dengan jagung dan juga rempah lainnya. Bagi Anda yang tidak ingin ada kandungan minyaknya, salmon juga dapat direbus di dalam aluminium foil dan rebus sampai empuk hingga beberapa menit. Pastikan bumbui terlebih dahulu ikan salmon tersebut untuk mendapatkan cita rasa yang lezat.

Oatmeal

Oatmeal tentunya menjadi salah satu gandum utuh yang sangat kaya akan mineral, vitamin dan juga seray yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol. Tdak heran jika para produsen sereal oatmeal diperbolehkan untuk mempromosikan manfaat oatmeal untuk kseahatan jantung dikarenakan pakar kesehatan juga sudah menyetujuinya. Sehingga sudah tidak dapat diragukan lagi bahwa oatmeal memang menjadi jenis makanan yang dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam oatmeal diantaranya fosfor, magnesium, seng, selenium, mangan, zat besi dan juga tembaga.

Oatmeal tentunya mengandung kelompok vitamin kompleks dan juga asan folat. Tidak heran jika oatmeal dipercaya dapat menstabilkan kadar gula yang lebih rendah. Setidaknya di dalam satu cangkir oat terdapat kandungan serat yang hampir sama dengan satu cangkir beras merah dan juga satu apel. Jenis serat di dalam oat yakni jenis serat larut yang disebut dengan beta glucan yang diketahui dapat menghambat penyerapan kolesterol di dalam usus.

Sebuah penelitian tentunya menunjukkan bahwa oats dapat menurunkan kadar kolesterol agar dapat menjaga tetap normal serta dapat menurunkan beberapa risiko penyakit kanker. Anda tentunya mengonsumsi oatmeal dengan beberapa menu, diantaranya:

  1. Satu mangkuk oatmeal hangat tentunya dapat membuat Anda kenyang selama berjam-jam dikarenakan kandungan seratnya. Anda juga dapat menambahkan beberapa buah-buahan seperti stroberi dan juga blueberry agar memiliki lebih banyak serat, mineral dan juga vitamin.
  2. Menu olahan kedua tentunya Anda dapat menambahkan oat jika Anda menyukai varian kue. Anda dapat mengganti sepertiga tepung dengan oats ketika Anda membuat beberapa varian kue seperti roti, cookies, kue, pancake dan juga muffin untuk menambah serat harian Anda.
  3. Anda juga dapat menggantikan tepung roti saat Anda membuat gorengan termasuk pada menu sajikan ayam goreng.

Protein Kedelai

Jenis makanan selanjutnya yang dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung yakni menu makanan yang berasal dari protein kedelai. Jenis protein ini juga dikenal sebagai protein yang tidak mahal, namun berkualitas sangat tinggi serta mengandung serat, mineral dan juga vitamin di dalamnya. Semua kandungan tersebut tentunya dipercaya sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Selain itu, protein yang terdapat di dalam kedelai juga dapat menurunkan kadar trigliserida penyebab kolesterol tinggi.

Bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi, tentunya Anda dapat memanfaatkan beberapa makanan yang terbuat dari kedelai yang bisa Anda dapatkan dari kandungan lemak tak jenuh, vitamin, mineral dan juga serat. Anda juga dapat memanfaatkan protein kedelai dengan membawanya sebagai cemilan sehari-hari. Seperti misalnya edamame yakni snack yang sangat disukai oleh anak-anak. Anda tentunya dapat merebus endamame dan juga menyajikannya selagi masih hangat. Menu olahan lain yang berasal dari kacang kedelai yakni tahu dimana dapat menyerap rasa bumbu makanan lain. Anda dapat mencoba menumis tahu dengan paprika hijau ataupun merah, bawang putih atau juga dapat dibuat menjadi menu sup tahu hangat tanpa kandungan protein yang banyak. Jika Anda menginginkan menu yang variatif tentunya Anda dapat memblender susu kedelai, pisang dan juga es batu untuk dijadikan sebagai smoothie yang nikmat.

Bayam

Sayuran dengan warna hijau pekat ini memang sudah tidak dapat diragukan lagi akan manfaatnya bagi tubuh manusia. Jenis sayuran yang memiliki nama latin Amaranthus spp ini termasuk ke dalam famili Amaratohideae. Bayam tentunya menjadi salah satu jenis sayuran yang banyak dimanfaatkan daunnya untuk dikonsumsi. Pada umumnya, bayam dimasak dengan cara dibening, namun saat ini banyak sekali aneka olahan makanan yang terbuat dari bayam.

Bayam mengandung beberapa jenis gizi dan juga nutrisi yang dipercaya dapat mencegah terjadinya penyakit jantung pada tubuh seseorang. Kandungan yang terdapat di dalam bayam diantaranya vitamin A, niasin, thiamin, fosfor, kalium, magnesium, vitamin C, riboflavin dan juga natrium. Beberapa kandungan inilah yang tentu bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Selain untuk mencegah terjadinya serangan jantung, bayam juga memiliki khasiat lain seperti sangat baik untuk program diet, mencegah kanker, menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh serta menurunkan risiko diabeters dan mencegah anemia.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan kandungan bayam untuk menjaga kesehatan mata dan juga penyakit jantung. Tentu, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan seperti simpan selalu bayam di dalam kulkas Anda untuk ditambahkan ke dalam pasta, sup dan juga tumisan. Anda dapat mencampurkan bayam dengan salad sayur lain, lalu tambahkan jeruk yang sudah dikupas serta beberapa jenis makanan lainnya.

Blueberry

Jenis buah yang satu ini memang tidak dapat diabaikan lagi akan manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia. Blueberry memang berada pada peringkat makanan teratas dan juga buah terkuat untuk melawan berbagai macam penyakit. Hal ini dikarenakan di dalam blueberry terdapat beberapa kandungan seperti vitamin A, vitamin E, vitamin C, mangan dan juga serat. Warna gelap yang terdapat di dalam blueberry tentunya disebabkan oleh kandungan anthocyanins sebagai antioksidan. Buah dengan rasa yang khas ini tentunya mengandung vitamin C, E dan juga serat yang tersedia sepanjang tahun.

Cara yang paling tepat bagi Anda untuk meningkatkan kesehatan janting yakni dengan cara mengonsumsinya secara rutin, diantaranya taburi blueberry yang beku dan juga segar di atas sereal oatmeal untuk menambahkan rasa serat dan juga antioksidan. Untuk menu sarapan, tentunya Anda dapat menambahkan blueberry kering, segar dan juga beku pada waffle, muffin dan juga pancake. Langkah terakhir, Anda dapat menjadikan blueberry sebagai cemilan yang dapat dicampur dengan buah lain di dalam salah ataupun makanan favorit Anda.Selain itu, ada beberapa manfaat yang bisa Anda ambil dari buah blueberry diantaranya sebagai pencegah kanker, diabetes, menjaga kondisi penglihatan, menyehatkan otak, dan juga sebagai buah untuk mencegah terjadinya diabetes.

Havermut

Jenis makanan selanjutnya yang dipercaya dapat mencegah terjadinya penyakit jantung yakni havermut. Makanan yang dikenal dengan sebutan bubur gandum ini memang mengandung serat yang cukup tinggi dan berperan baik pula untuk menurunkan kolesterol. Havermut ini berfungsi sebagai spons untuk melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Jenis biji-bijian utuh lainnya seperti bubur jagung tentunya sangat bagus untuk kesehatan jantung. Havermut merupakan bahan makanan yang diambil dari biji oat yang masih sejenis dengan padi-padian. Jika Anda ingin jantung Anda sehat, maka Anda dapat mengonsumsi havermut untuk menu harian Anda.

Buah sitrus

Buah-buahan berjenis sitrus memang kaya akan vitamin C. Tidak heran jika buah sitrus juga dipercaya sebagai buah-buahan untuk mencegah penyakit jantung. Wanita yang mengonsumsi flavonoid dalam jumlah cukup tinggi yang ditemukan di dalam buah jeruk dan juga anggur tentunya memiliki 19%  risiko stroke iskemik yang lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang tidak mendapatkan banyak senyawa ini. Namun, Anda harus tetap waspada terhadap jus jeruk yang mengandung tambahan gula.

Tomat

Buah yang memiliki rasa asam ini memang telah terbukti memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan dan juga kecantikan. Selain bahan alami yang kerap digunakan untuk kecantikan, ternyata buah tomat juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan tomat mengandung lycopene sebagai antioksidan yang cukup baik. Likopen di sini yakni karotenoid yang sangat membantu dalam menyingkirkan kolesterol jahat agar menjaga pembuluh darah tetap terbuka dan juga menurunkan risiko terjadinya serangan jantung. Ditambah lagi bahwa buah tomat memiliki kalori yang rendah dan juga rendah gula sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Teh hijau

Minuman khas yang berasal dari negeri sakura ini memang menjadi jenis minuman yang difavoritkan oleh sebagian besar orang. Tidak hanya rasanya yang lezat, teh hijau juga dipercaya dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Seperti sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013 dimana telah menemukan bahwa orang yang mengonsumsi sekitar empat cangkir teh hijau setiap hari memiliki kemungkinan 20% dalam penurunan risiko penyakit stroke da juga kardiovaskuler. Penelitian ini juga mendukung sebuah penelitian sebelumnya dimana tingkat kematian dikarenakan penyakit jantung lebih rendah pada orang yang mengonsumsi teh hijau. Antioksidan di sini tentunya dikenal dengan katekin dimana sebagai penyebab rendahnya angka kematian tersebut.

Buah delima

Buah yang satu ini mengandung banyak sekali antioksidan termasuk anthocyanin dan juga polifenol yang tentu sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah delima di sini tentunya dipercaya dapat membantu mencegah pengerasan pembuluh darah. Sebuah studi menyebutkan bahwa pada pasien penyakit jantung telah menemukan bahwa dosis harian jus buah delima selama tiga bulan berturut-turut akan menunjukkan perbaikan alirah darah ke jantung. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk memiliki variasi di dalam menu makanan Anda.

Biji rami

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui akan jenis biji yang satu ini. Biji rami ini termasuk ke dalam jenis biji-bijian utuh yang sering digunakan sebagai tepung untuk mengolah makanan. Di dalam biji rami setidaknya mengandung asam lemak dan juga omega-3 yang cukup tinggi. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa biji rami cukup baik untuk kesehatan jantung Anda. Alasan lainnya yakni biji rami mengandung serat yang cukup tinggi. Anda tentunya dapat mencobanyadengan mengimbangi makanan sehat lainnya seperti cranberry, havermut dan juga blueberry kering untuk dicampur ke susu kedelai dan juga buah-buahan yang akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Anggur merah

Anggur memang menjadi salah satu jenis buah yang dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Anda tentunya dapat mengonsumsi anggur merah setiap harinya. Sedangkan menurut beberapa pakar kesehatan lain menunjukkan bahwa polifenol yang ditemukan di dalam anggur merah dapat memberikan manfaat tambahan. Tidak heran jika anggur merah dapat menjadi jenis makanan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit jantung.

Buah alpukat

Jenis buah yang kaya akan asam folat ini memang sudah tidak dapat diragukan lagi akan manfaatnya bagi tubuh. Buah yang memiliki tekstur lembut dan juga lezat ini memiliki peran dalam mencegah terjadinya penyakit jantung. Selain itu, buah alpukat juga tinggi akan potasium dan juga antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Demikianlah beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat mencegah penyakit jantung serta sangat baik untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfat!

Author: Nina Astuti

Follow us