Banyak Yang Tidak Tahu! Inilah Arti Dari Tendangan Janin Di Dalam Kandungan

Saat seorang wanita sedang hamil tentunya ada beberapa momen yang tidak dapat dilupakan sepanjang hidupnya. Salah satu momen yang dirasakan oleh ibu hamil yakni saat sang bayi menendang-nendang perut sang ibu. Momen ini tentunya akan selalu diingat meskipun seorang wanita sudah tidak hamil. Tendangan lembut dari sang janin tentunya cukup lembut serta memberikan sinyal yang kuat menjadi tanda bahwa adanya sebuah kehidupan di dalam perut seorang wanita tersebut. Sensasi tendangan dari si kecil tentu akan membuat sang ibu merasa sangat bahagia.

Banyak sekali para wanita yang belum mengetahui mengenai fakta akan tendangan seorang bayi dari dalam kandungan. Apakah hal tersebut normal ataukah memang hanya menjadi pertanda bahwa bayi sudah dapat merasakan apapun diluar kandungan? Tentu, pertanyaan-pertanyaan tersebut menjadi hal yang sangat wajar untuk ditanyakan. Hal ini dikarenakan banyak para ibu yang belum mengetahui akan tendangan-tendangan tersebut secara ilmiah. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami sajikan beberapa fakta dan arti dari tendangan-tendangan bayi yang ada di dalam kandungan.

Tendangan pertama kali pada ibu hamil akan dirasakan saat ibu memasuki usia kehamilan ke 14 minggu. Tendangan pertama ini akan dirasakan oleh wanita saat hamil yang dikenal sebagai flutter. Sensasi yang akan Anda rasakan yakni seperti kedutan, namun tidak terlalu keras. Hal inilah yang menandakan adanya janin yang sedang berkembang di dalam kandungan. Inilah yang menjadi bukti dimana bayi yang ada di dalam kandungan tidak hanya diam. Namun juga bergerak dengan sangat aktif seperti nanti setelah dilahirkan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Janin yang ada di dalam kandungan ini tentunya akan bergerak, mengeksplorasi dan juga belajar di dalam. Ia juga akan merespon lingkungan yang ada di luar kandungan. Gerak bayi di dalam kandungan juga dapat menjadi tanda dimana ia merespon lingkungan sekitar seperti cahaya, suhu, kebisingan dan juga rasa makanan. Tidak hanya itu, janin di dalam kandungan juga memiliki kemampuan untuk merasakan gelisah dan juga stres terlebih saat ibu mereka merasakannya. Tidak heran jika ibu hamil merasa stres akan berpengaruh besar terhadap anaknya nanti.

Janin di dalam kandungan juga akan merasakan ketenangan saat sang ibu bersantai dan juga bermeditasi. Namun, saat janin berputar dan juga meregangkan tubuhnya, secara otomatis sang ibu akan merasakan tendangan-tendangan yang luar bisa dari dalam kandungan. Hal ini tentunya menjadi bagian intergral dalam perkembangan otot-otot dan juga tulang janin. Tentunya, keaktifan setiap janin berbeda-beda. Ada yang sering menendang-nendang, namun ada juga yang cenderung pasif dan perlu didorong untuk bergerak dari tidur mereka.

Gerakan janin di dalam kandungan yang berbeda-beda tersebut tentunya tidak menjadi suatu kekhawatiran bagi Anda. Hal ini dikarenakan gerakan setiap janin berbeda-beda. Bukan berarti janin Anda yang pasif bergerak menjadi kondisi yang serius. Hal ini dikarenakan jika janin Anda tidak ada pergerakan selama dua jam dengan tendangan kurang dari 10 kali. Maka, kondisi tersebut menjadi satu hal yang harus Anda khawatirkan. Janin tentunya tidak bergerak jika tidak ada suara, cahaya dan juga sentuhan. Namun sebaliknya ada juga janin yang cenderung diam meskipun ada suara, sentuhan dan juga cahaya dari luar kandungan. Untuk itu, segeralah berkonsultasi dengan dokter jika adanya kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikianlah arti dari tendangan-tendangan janin di dalam kandungan yang wajib Anda ketahui. Semoga bermanfaat!