data-ad-format="auto"

15 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berpuasa Yang Wajib Anda Lakukan

Ketika sedang berpuasa, tubuh kita memang membutuhkan gizi dan juga nutrisi yang lebih banyak dibandingkan saat tidak berpuasa. Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika berpuasa, tubuh kita akan lebih lemas dan juga letih. Hal ini dikarenakan kurang lebih 14 jam, tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan dan juga minuman. Tentu sangat wajar jika tubuh kita saat berpuasa akan mudah lemas dan juga lelah.

Banyak orang yang mengalihkan aktivitas agar tubuh tidak cepat lelah dan juga lemas dengan tidur. Aktivitas tidur memang banyak dianggap sebagai salah satu aktivitas yang dapat menghindarkan diri dari rasa lemas dan juga lelah. Padahal, tidur menjadi aktivitas yang bisa membuat tubuh kita menjadi lebih lemas. Hal ini dikarenakan ketika sedang tidur tubuh membutuhkan cairan sehingga ketika seseorang tidur saat berpuasa justru akan membuat tubuhnya menjadi lebih lemas.

Untuk itu, ketika sedang berpuasa bukan berarti kita harus tidur secara terus menerus. Namun, alangkah baiknya jika kita melakukan aktivitas ringan dan jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Sebenarnya, banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan agar tubuh kita senantiasa tetap bugar dan juga segar.

Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berpuasa

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Memiliki tubuh yang tetap bugar dan juga segar ketika sedang berpuasa tentu menjadi salah satu keinginan setiap umat muslim yang sedang menjalankan puasa. Tidak dapat dipungkiri bahwa selama kita menjalankan ibadah puasa, maka kita diharuskan untuk menahan makan dan juga minum selama 13 jam. Hal yang cukup wajar jika tubuh kita merasakan lemas dan juga lelah. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa memiliki tubuh yang senantiasa bugar ketika sedang berpuasa.

Banyak sekali cara dan juga alternatif yang bisa Anda lakukan agar tubuh Anda tetap sehat dan juga bugar. Selama bulan puasa tentunya tubuh membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak sebagai bekal di siang hari ketika Anda melakukan aktivitas seperti biasanya. Hal inilah yang tentu membuat tubuh Anda menjadi lebih lemas ketika sedang berpuasa. Berikut ini beberapa cara dan tips agar tubuh tetap bugar saat berpuasa, diantaranya:

Istirahat yang cukup

Ketika sedang berpuasa tentunya tubuh kita membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Untuk itu, jangan sampai kesempatan waktu yang Anda miliki tidak digunakan untuk beristirahat. Jangan sampai Anda tidur terlalu malam dan jika Anda sudah mengantuk, jangan paksakan Anda untuk melakukan aktivitas yang lain. Segeralah pergi tidur saat malam setelah shalat tarawih. Selain itu, Anda juga harus menghindari aktivitas yang terlalu banyak menguras tenaga terutama ketika saat siang hari. Bagi Anda yang bekerja tentunya Anda juga diperbolehkan untuk tidur kembali setelah sahur dan shalat subuh. Hal ini dikatakan sebagai amunisi sebagai bekal Anda ketika melakukan aktivitas di siang hari.

Jangan lupakan olahraga

Ketika sedang berpuasa tentunya Anda harus tetap melakukan olahraga agar tubuh Anda tetap bugar. Tentunya ketika sedang berpuasa, kita dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, sit up, push up, yoga dan juga work out yang ringan. Waktu yang terbaik untuk melakukan olahraga tentunya Anda disarankan untuk melakukan olahraga ringan pada saat sore hari atau menjelang berbuka puasa.

Jagalah kebersihan gigi dan juga mulut

Tidak dapat dipungkiri ketika kita sedang berpuasa, mulut dan juga gigi kita juga akan rentan menimbulkan aroma yang tidak sedap. Menjaga kesehatan mulut dan juga gigi memang sangat dianjurkan untuk kita lakukan ketika sedang berpuasa. Pastikan Anda untuk selalu menggosok gigi dan juga membersihkan gigi setelah berbuka dan juga setelah sahur. Selain itu, Anda juga jangan lupa untuk menggosok gigi sebelum tidur. Jika memang diperlukan tentunya Anda boleh menggunakan obat kumur khusus untuk kesehatan gigi dan juga mulut. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan gigi dan juga mulut agar senantiasa segar dan sepanjang Anda menjalankan ibadah puasa.

Pastikan untuk selalu makan sahur

Ketika sedang berpuasa tentunya Anda diharuskan untuk selalu makan sahur. Meskipun kita mengantuk tentunya tidak ada alasan bagi kita untuk meninggalkan sahur. Makan sahur memang sangat penting karena inilah waktunya bagi kita untuk mendapatkan gizi dan juga nutrisi yang baik sebagai bekal kita menjalankan puasa. Di samping itu, sahur juga dapat meningkatkan konsentrasi dan juga fokus kita saat melakukan aktivitas kita sehari-hari seperti bekerja dan juga belajar. Ketika sedang berpuasa tentunya Anda harus pintar dalam memilih menu makanan yang kaya akan protein, vitamin dan juga serat. Konsumsi lebih banyak buah dan juga sayur ketika sahur tentunya menjadi menu makanan wajib yang harus ada ketika sahur.

Hindari tidur selepas sahur

Setelah makan sahur tentunya Anda tidak disarankan untuk tidur selepas sahur. Hal ini dikarenakan akan menyebabkan sistem pencernaan tubuh kita menjadi terganggu dan juga berantakan. Jangan sampai Anda membiasakan diri untuk tidur selepas sahur. Dibandingkan dengan tidur selepas sahur, alangkah baiknya jika Anda menjalankan ibadah lainnya seperti membaca Al-Qur'an, menunggu subuh dengan berdzikir atau melakukan aktivitas lainnya yang bermanfaat.

Jangan makan berlebihan ketika berbuka

Puasa tentunya bukan menjadi alasan bagi kita untuk mengonsumsi makanan yang berlebihan. Dalam konteks lain puasa tentunya mampu menahan diri dan juga mengendalikan diri hingga berbuka puasa. Kondisi ini tentunya membuat kita mengonsumsi makanan dan juga minuman yang berlebih saat berbuka puasa. Hampir semua orang kalap dengan makanan dan juga minuman ketika sedang berpuasa. Hal ini justru akan membuat berat badan Anda menjadi lebih cepat naik. Meskipun demikian tentunya jangan sampai kita menahan diri untuk tidak segera berbuka ketika waktunya sudah tiba karena hal tersebut tidak pula dianjurkan.

Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Kurangnya cairan tubuh tentunya sangat rentan membuat tubuh kita lebih cepat merasakan lelah dan juga lemas. Cairan tubuh memang sangat diperlukan untuk proses metabolimse tubuh. Terlebih kita berada di daerah tropis dengan cuaca yang sangat panas. Untuk itu, cukupilah kebutuhan cairan tubuh Anda ketika berbuka dan juga sahur. Hal ini bertujuan untuk menghindari tubuh kita agar tidak dehidrasi. Cairan yang dibutuhkan untuk tubuh tidak lain ialah air putih, akan tetapi bisa juga digantikan oleh susu ataupun jus buah yang segar. Ketika berbuka, sebaiknya Anda hindari untuk mengonsumsi kopi, cola dan juga teh. Alangkah baiknya jika memperbanyak asupan buah-buahan yang cukup tinggi cairan seperti buah jeruk dan semangka.

Hindari makanan yang terlalu manis, asin dan berlemak

Ketika berbuka tentunya kita akan dihadapkan pada berbagai jenis makanan yang enak, namun belum tentu akan kandungan gizi yang ada di dalamnya. Selain itu, masyarakat Indonesia juga sudah sangat melekat akan konsumsi gorengan yang harus ada ketika bulan puasa. Tidak heran jika penjual sirup dan juga gorengan menjamur ketika bulan puasa. Makanan yang manis memang sangat diperlukan ketika berpuasa, namun jangan sampai Anda terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis. Makanan yang manis memang dapat menormalkan kadar gula di dalam darah. Dalam artian, Anda tentunya jangan mengonsumsi makanan yang terlalu manis dan juga berlebihan.

Ketika kita berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis, hal tersebut justru akan meningkatkan kadar gula di dalam darah menjadi sangat tinggi. Mengonsumsi makanan yang manis dan juga tinggi lemak akan menyebabkan rasa lelah dan juga mengantuk yang berlebih. Anda tentu dapat mengganti menu makanan yang manis dengan mengonsumsi beberapa butir buah kurma ataupun air putih. Selain itu, Anda juga wajib menghindari makanan yang asin karena akan mudah mengundang rasa haus dan juga dehidrasi yang cukup tinggi.

Hindari tempat yang panas

Ketika Anda sedang berpuasa tentunya menjadi hal yang wajib Anda hindari untuk tidak berada di tempat yang cukup panas. Anda tentunya harus menghindari agar tidak berlama-lama berada di tempat yang panas. Hal ini dikarenakan tempat yang panas ditambah dengan cuaca yang cukup panas akan membuat tubuh Anda mengalami dehidrasi. Untuk itu, sebisa mungkin hindarilah untuk berada di tempat yang panas dan juga batasi aktivitas fisik Anda serta beristirahatlah yang cukup jika memang memungkinkan.

Konsultasikan dengan dokter

Sebelum Anda melakukan ibadah puasa, tentu alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda. Di dalam dunia medis, hal ini disebut dengan Medical Check Up (MCU). Hal ini tentunya bertujuan untuk mengetahui terlebih dahulu kondisi organ-organ vital seperti jantung, lambung dan juga organ lainnya. Tujuan dari MCU ini tidak lain ialah untuk menghindari jika suatu saat nanti ketika sudah menjalankan puasa adanya keluhan mengenai kesehatan yang berdampak buruk pada tubuh Anda.

Jadwalkan menu buka dan sahur

Dengan mencatat menu makanan untuk buka dan juga sahur, tentunya Anda menghindari diri dari asupan gizi dan juga nutrisi yang tidak tepat. Menjadwalkan menu makanan tentunya sangat baik bagi Anda agar dapat mengetahui asupan gizi dan juga nutrisi ke dalam tubuh kita seperti protein, vitamin dan juga senyawa lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Lakukan aktivitas yang positif

Selama kita menjalankan ibadah puasa tentunya kita diwajibkan untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang positif. Sambil menunggu waktu berbuka tentunya Anda bisa isi waktu Anda dengan mengerjakan tugas kuliah, membaca Al-Qur'an, membaca buku favorit, ataupun menonton acara kesukaan yang tentunya tidak akan membatalkan puasa Anda. Dengan melakukan kegiatan positif tentunya puasa Anda akan lebih terasa ringan dan juga mudah.

Pada dasarnya agar tubuh tetap segar dan juga bugar tidak bisa lepas dari asupan makanan dan juga minuman yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Makanan dan juga minuman memang memiliki efek langsung terhadap tubuh baik menjadi lebih segar dan bugar ataupun sebaliknya. Tubuh yang segar juga tidak bisa lepas dari waktu yang kita gunakan untuk tidur dan juga beristirahat. Apakah waktu yang kita gunakan untuk tidur dan juga beristirahat sudah cukup ataukah belum?

Demikianlah cara dan juga tips agar tetap bugar saat berpuasa yang tentu sangat penting untuk Anda lakukan sekarang juga. Semoga bermanfaat!