data-ad-format="auto"

Mengenal Neuridermatitis, Gejala, Penyebab dan Penanganan

Kondisi gangguan kesehatan yang terjadi pada tubuh, memang seringkali mengakibatkan timbulnya masalah.

Keluhan dan gejala yang ditimbulkan seringkali membuat banyak orang merasa terganggu dengan kondisi ini. Akan tetapi meskipun dampaknya disadari dengan betul, tidak semua orang merasa peduli dan cekatan mengatasi gangguan yang dialami. Bahkan sebagian ada yang meremehkan kondisi tersebut sehingga membuat mereka cenderung mengulur waktu untuk mengobati kondisinya.

Lantas bijkkah hal tersebut dilakukan? Tentu saja tidak. Yang namanya gangguan penyakit yang timbul pada tubuh akan tentu saja membuat si penderita berada dalam ancaman bahaya bila kondisi tersebut tidak ditangani dengan segera.

Penyakit yang menyerang atau gangguan kesehatan yang datang mungkin tidak berdampak seberapa pada tubuh anda saat ini. Akan tetapi bila kondisi tersebut terus-terusan diabaikan tanpa segera dicari solusi untuk mengatasinya, maka bukan tidak mungkin kondisi ini akan semakin memburuk dan beranjak menjadikan penyakit lain yang lebih berbahaya bisa timbul dalam tubuh. Untuk itu, maka sebaiknya segera konsultasikan masalah ini dengan dokter agar penanganan yang lebih tepat bisa segera didapatkan.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Ada cukup banyak masalah yang bisa menyerang kesehatan tubuh seseorang. Untuk itulah, setiap orang dituntut untuk senantiasa waspada dalam menjaga kesehatan tubuhnya agar senantiasa prima. Jika pertahanan tubuh kuat, maka penyakit dan masalah kesehatan yang menyerang tubuh akan senantiasa dapat dihindari.

Seperti halnya masalah yang menyerang bagian kulit. Kulit adalah organ paling luar dalam tubuh manusia. Organ ini memiliki fungsi untuk melapisi dan menutupi seluruh organ dalam pada tubuh manusia. Fungsinya yang menjadi bagian terluar inilah yang membuat kulit rentan sekali terkena dengan gangguan dan masalah. Belum lagi, peranan kulit seringkali dijadikan sebagai standarisasi kecantikan hampir semua orang, tak terkecuali kaum laki-laki.

Banyak yang menganggap bahwa kulit yang mulus, terawat dan indah adalah cerminan dari seseorang dengan pribadi yang bersih dan pandai merawat tubuh. Sehingga seringkali orang yang memiliki kulit yang indah seringkali dianggap lebih menarik dibandingkan dengan mereka yang tidak piawai merawat kecantikan kulitnya. Bukan hanya itu, orang-orang yang memiliki kulit yang tidak terawat seringkali dianggap sebagai orang yang tidak bersih, tidak rapih dan lain sebagainya.

Tak heran, hal ini pada akhirnya membuat banyak orang rela melakukan banyak hal demi mendapatkan jenis kulit yang telah diimpikan. Ada banyak cara yang dilakukan demi mendapatkan kulit yang indah, mulai dari melakukan perawatan mudah yang sederhana dirumah sampai dengan menghabiskan biaya ratusan juta dengan melakukan jalan operasi atau suntik agar kulit yang indah bisa mereka dapatkan dengan lebih mudah.

Tak bisa dipungkiri memang, kulit yang mulus dan terawat akan senantiasa membuat si pemiliknya lebih percaya diri. Mau tampil tertutup atau terbuka, kulit yang mulus dan terawat akan senantiasa terlihat indah dan lebih menarik. Untuk itulah, menjaga dan merawat kecantikan kulit adalah hal penting yang harus dilakukan.

Tak perlu biaya mahal dengan pergi ke dokter kecantikan. Cukup dengan melakukan perawatan sederhana dengan memanfaatkan bahan alami. Bila dilakukan dengan rutin, maka manfaatnya bisa anda rasakan sendiri.

Selain perlu, kecantikan kulit memang senantiasa penting untuk dijaga. Hal ini dikarenakan ada cukup banyak jenis penyakit yang rentan menyerang seseorang apabila orang tersebut tidak piawai dalam menjaga kesehatan kulitnya. Mulai dari ancaman penyakit yang biasa sampai dengan penyakit berbahaya yang menular akan menjadi ketakutan siapa saja yang mengalaminya.

Seperti salah satunya adalah ancaman dari penyakit neurodermatitis. Kondisi gangguan kulit yang satu ini adalah jenis penyakit kulit yang cukup kronis. Dimana si penderitanya akan mengalami gatal-gatal yang cukup hebat, terutama bila area yang terkena gatal digaruk.

Selain itu, jenis penyakit kulit yang satu ini lebih cenderung dapat meninggalkan bekas luka yang mana demikian kondisi ini akan meninggalkan coretan atau goresan pada bagian kulit anda. Bila hal ini terjadi, maka tentu saja kecantikan dan estetika kulit anda akan terganggu. Untuk itulah penting sekali menjaga kesehatan dan kecantikan kulit agar senantiasa terjaga.

Nah, untuk memahami betul dan lebih dalam mengenai gangguan kulit yang satu ini, maka mari kita simak lebih dalam mengenai gangguan kulit neudermatitis dibawah ini.


Apakah Neurodermatitis?

Neurodermatitis atau lebih dikenal dengan sebutan lichen simpleks adalah sebuah gangguan kulit yang terjadi pada tubuh dengan tanda dan gejala sensasi gatal yang kronis yang timbul dibagian kulit. Pada mulanya, penderita yang mengalami kondisi ini akan merasakan sedikit gatal disalah satu bagian kulit pada tubuh dan apabila bagian gatal tersebut digaruk, maka kulit akan semakin terasa gatal dan membuat si penderta kan semakin ingin menggaruknya. Pada akhirnya, menggaruk akan menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan dengan berkala oleh si penderita.

Bahkan penderita kondisi gangguan kulit yang satu ini bahkan bisa menghadapi kondisi dimana dirinya sudah tidak mampu lagi mengontrol keadaan gatal yang dirasakan. Bekas garukan pada kulit yang gatal tentu saja akan meninggalkan bekas luka yang berlangsung lama yang pada akhirnya akan menyebabkan kulit yang terkena gangguan ini menjadi tebal, kasar, kering dan hiperpegmentasi dengan timbulnya batas bercak yang terlihat dengan jelas akibat dari garukan yang berkepanjangan.

Kondisi ini umumnya dapat muncul sebagai suatu iritasi kulit yang kronis atau gatal sekali sehingga orang akan cendrung secara-terus menerus menggaruknya, sehingga kulit bagian tersebut menjadi menebal dan gatal-gatal akan berangsur menjadi lebih parah sehingga penderita akan lebih sering menggaruknya, mempertahankannya sebagai suatu lingkaran setan.

Lesi ini paling sering muncul dibagian kulit yang mudah dijangkau, seperti misalkan bagian kulit kepala, lengan dan juga bagian leher. Kondisi gangguan kulit ini sifatnya tidak menular, akan tetapi memiliki beberapa penyebab yang memungkinkannya.

Kondisi ini pada umumnya lebih sering menyerang wanita, dengan awal kemunculannya pada usia antara 30 sampai dengan usia 50 tahun.

Prognosis umumnya baik dengan lesi dan kegatalan akan sembuh dengan melalui pengobatan yang tepat, asalkan pasien bisa mengontrol dan menghentikan kebiasaan menggaruk untuk menghindari lesi tersebut menjadi lebih buruk. Akan tetapi, dengan memperhitungkan bahwa kondisi ini sifatnya kronis dan rekuren dengan sendirinya, maka disarankan untuk pasien agar melakukan konsultasi langsung dengan ahlinya.


Apakah Gejala Neurodermatitis?

Sebagaimana disebutkan diatas, bahwa kondisi gangguan kulit neurodermatitis ini bisa terjadi sebab adanya iritasi pada bagian kulit. Akan tetapi, bila iritasi tersebut menyebabkan timbulnya rasa gatal yang menyengat pada saat digaruk dan membuat anda tak ingin berhenti menggaruknya atau bahkan mungkin kondisinya menjadi berbalik dimana pada saat anda menggaruk bagian tersebut anda merasakan nyaman dan ingin melanjutkan menggaruk, maka mungkin ini bisa diindikasikan sebagai gejala awal dari timbulkan gangguan kulit yang satu ini.

Selain itu, gejala lain yang juga dapat dirasakan oleh pasien diantaranya adalah:

  • Sensasi gatal yang timbul pada bagian kulit bersifat lokal hanya berada pada satu area tubuh saja, biasanya menyerang bagian pergelangan tangan, paha, leher, daerah kelamin dan bagian pergelangan kaki.
  • Kulit yang kasar dan bersisik akan tampak berubah menjadi warna merah atau lebih gelap dari kulit yang lainnya. Sehingga luka ini akan umumnya terlihat jelas dibandingkan dengan bagian luka lainnya pada tubuh.
  • Kulit yang terserak dengan gangguan kondisi ini akan tampak kasar dan bersisik, rasa gatal yang dialami umumnya akan datang dan pergi begitu saja. Untuk itu, sebaiknya hubungi dokter atau konsultasikan masalah ini dengan ahli kulit apabila gatal yang dialami tak kunjung menghilang, terutama bila lokasi gatal selalu menyerang dibagain yang sama, menimbulkan iritasi yang menyakitkan atau bahkan sampai menimbulkan infeksi.

Apakah Penyebab Neurodermatitis?

Pemicu atau hal yang dapat menyebabkan kondisi neurodermatitis hingga sampai saat ini masih belum diketahui dengan jelas dan dokter pun belum bisa memberikan jawaban yang pasti apa yang memicu kondisi ini dapat menyerang bagian kulit manusia. Diketahui bahwa gejala awal yang terlihat adalah karena si penderita seringkali menggaruk kulitnya yang gatal dimana kondisi ini terus menerus berlanjut sampai akhirnya mengakibatkan iritasi kulit dapat terjadi.

Adapun penyebab utama untuk kondisi kulit yang gatal tersebut biasanya adalah karena adanya gesekan antara kulit dengan penggunaan baju atau pakaian yang ketat atau akibat adanya gigitan serangga.

Selain karena penyebab utama tersebut, penyakit ini juga dikaitkan dengan beberapa kondisi kesehatan lainnya yang dapat memicu timbulnya gatal-gatal pada bagian kulit, seperti misalkan kondisi kulit itu sendiri yang kering, adanya psoriasis, eksim dan setres akibat kecemasan yang timbul.


Bagaimana Pengobatan Neurodermatitis?

Pengobatan yang dilakukan pada kondisi gangguan kulit yang satu ini memiliki tujuan untuk membuat si penderita mengurangi rasa gatal yang dialami agar setidaknya kebiasaan menggaruk bisa dikurangi. Secara medis pengobatan neurodermatitis dapat dilakukan dengan beberapa hal dibawah ini.

Bila berkonsultasi ke dokter akan gangguan kulit yang anda alami ini, maka dokter akan menyarankan anda untuk menggunakan krim steroid yang dijual  bebas, akan tetapi bila jenis obat ini tidak menunjukan hasil dalam menghilangkan rasa gatal yang dirasakan, biasanya dokter akan mencari obat dengan kandungan yang lebih kuat dibandingkan dengan obat sebelumnya.

Terkadang dalam kondisi khusus, pasien juga bisa saja menggunakan krim kortikosteroid, akan tetapi jenis pengobatan yang satu ini haruslah sesuai dengan resep dokter, karena obat ini dapat memberikan efek samping. Konsultasi dengan dokter akan membuat anda mendapatkan dosis yang tepat sehingga pengobatan neurodermatitis bisa dilakukan dengan lebih efektif.

Bukan hanya itu, guna menuntaskan masalah gangguan kulit yang satu ini, antibiotik dan antihiastamin juga dapat diberikan guna menuntaskan masalah-masalah gatal yang dialami oleh si pesien. Apabila pasien membutuhkannya, maka dokter akan menyesuaikan pemberian dosis dari obat-obatan ini dengan kebutuha atau kondisi si pasien itu sendiri.

Selain beberapa metode pengobatan dengan obat, adapula yang memiliki menggunakan metode terapi guna menghindari kebiasaan menggaruk bagian area yang gatal, terapi yang seperti ini akan cocok untuk mengontrol emosi menjadi titik utama kebiasaan tersebut.

Selain itu, obat antidepresan atau obat anti kecemasan pun bisa dipertimbangkan oleh dokter untuk diberikan guna mengurangi stres dan kecemasan yang dialami oleh si penderita agar tidak memperburuk perasaan gatal yang bisa ditimbulkan.

Langkah Pencegahan Neurodermatitis

Senantiasa menjaga kebersihan kulit dan kelembapannya adalah kunci keberhasilan anda agar dapat mencegah munculnya gejala penyakit dari gangguan kulit yang satu ini. Untuk itulah, tidak ada salahnya bila mulai saat ini budayakan untuk selalu meraat dan menjaga kebersihan serta kelembapan kulit anda dengan baik. Nah, dibawah ini ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan sebagai pencegahan terhadap penyakit neurodermatitis:

  • Gunakan lotion, minyak atau krim mandi yang dapat dilakukan guna menjaga kondisi kulit agar tetap lembap sehingga kulit anda dapat terhindari dari resiko neurodermatitis.
  • Memotong kuku jari tangan dan menjaganya tetap pendek untuk mengurangi kerusakan jaringan dan kemungkinan infeksi dibagian kulit yang tergaruk.
  • Sebaiknya daerah yang gatal atau mengalami luka ditutup pada saat malam hari untuk menghindari anda dari menggaruk bagian tersebut pada saat tidur.
  • Menggunakan pakaian yang dibuat dari bahan katun halus untuk mengurangi terjadinya iritasi pada bagian kulit. Sebagaimana diketahui, timbulnya gatal seringkali timbul dari penggunaan pakaian yang bergesekan dengan tubuh sehingga timbul iritasi yang menyebabkan gatal tak dapat dihindari.
  • Cobalah untuk berendam dalam bak mandi dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan baking soda, collodial oatmeal yang dibuat secara khusus untuk mandi guna memberikan kebersihan kulit dan memberikan ketenangan serta kenyamanan untuk anda. Untuk mendapatkan jenis oatmeal yang satu ini anda bisa mengunjungi supermarket atau lakukan belanja online untuk bisa mendapatkan bahan yang satu ini.
  • Hindari penggunaan sabun yang didalamnya memiliki kandungan parfum. Hal ini dikarenakan zat ini dapat menimbulkan iritasi dibagian kulit. Untuk itu, sebaiknya beralihlah pada jenis sabun kesehatan yang aman untuk kulit.

Apabila sensasi gatal yang dirasakan tak kunjung sembuh setelah melakukan pengobatan ke dokter. Atau mungkin sensasi gatal yang dialami terjadi secara berulang dibagian lokasi kulit yang sama dan malah menimbulkan rasa gatal yang semakin parah, maka sebaiknya segera konsultasikan masalah ini dengan dokter.

Jangan sesekali mengabaikan kondisi ini hanya karena gejala yang ditimbulkan hanyalah berupa gatal biasa. Sebab lama kelamaan kondisi ini malah akan semakin memburuk dan membuat luka goresan akibat garukan akan semakin parah.

Berkonsultasi ke dokter akan membuat diagnosis yang dilakukan terhadap kondisi yang anda alami lebih tepat. Dengan begini penanganan yang lebih tepat akan bisa anda dapatkan dengan lebih baik. Selain itu, pengobatan yang diberikan oleh dokter tentunya dilakukan dengan banyak pertimbangan serta dosis yang dianjurkan akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi yang anda alami saat ini.

Demikianlah penjelasan terperinci mengenai penyakit gangguan kulit neurodermatitis. Pada kesimpulannya penyakit ini adalah kondisi gatal yang ditimbulkan dari kulit yang apabila digaruk, kondisi gatal tersebut akan semakin parah dan membuat si penderitanya akhirnya menjadikan menggaruk sebagai kebiasaannya.

Perlu diketahui gangguan kulit yang satu ini akan dapat menimbulkan sensasi gatal yang berbeda dengan kondisi gatal pada umumnya. Gatal pada kondisi ini lebih terasa panas dan menyengat. Bila si penderita terus-terusan menggaruk secara berulang dan dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, maka bekas luka akan timbul dan membuat estetika kecantikan kulit bisa menghilang akibatnya. Untuk itu, penting sekali segera memeriksakan segala keluhan yang dialami ke dokter agar penanganannya bisa segera didapatkan.