Mengenal Neuridermatitis, Gejala, Penyebab dan Penanganan


Apakah Gejala Neurodermatitis?

Sebagaimana disebutkan diatas, bahwa kondisi gangguan kulit neurodermatitis ini bisa terjadi sebab adanya iritasi pada bagian kulit. Akan tetapi, bila iritasi tersebut menyebabkan timbulnya rasa gatal yang menyengat pada saat digaruk dan membuat anda tak ingin berhenti menggaruknya atau bahkan mungkin kondisinya menjadi berbalik dimana pada saat anda menggaruk bagian tersebut anda merasakan nyaman dan ingin melanjutkan menggaruk, maka mungkin ini bisa diindikasikan sebagai gejala awal dari timbulkan gangguan kulit yang satu ini.

Selain itu, gejala lain yang juga dapat dirasakan oleh pasien diantaranya adalah:

  • Sensasi gatal yang timbul pada bagian kulit bersifat lokal hanya berada pada satu area tubuh saja, biasanya menyerang bagian pergelangan tangan, paha, leher, daerah kelamin dan bagian pergelangan kaki.
  • Kulit yang kasar dan bersisik akan tampak berubah menjadi warna merah atau lebih gelap dari kulit yang lainnya. Sehingga luka ini akan umumnya terlihat jelas dibandingkan dengan bagian luka lainnya pada tubuh.
  • Kulit yang terserak dengan gangguan kondisi ini akan tampak kasar dan bersisik, rasa gatal yang dialami umumnya akan datang dan pergi begitu saja. Untuk itu, sebaiknya hubungi dokter atau konsultasikan masalah ini dengan ahli kulit apabila gatal yang dialami tak kunjung menghilang, terutama bila lokasi gatal selalu menyerang dibagain yang sama, menimbulkan iritasi yang menyakitkan atau bahkan sampai menimbulkan infeksi.

Apakah Penyebab Neurodermatitis?

Pemicu atau hal yang dapat menyebabkan kondisi neurodermatitis hingga sampai saat ini masih belum diketahui dengan jelas dan dokter pun belum bisa memberikan jawaban yang pasti apa yang memicu kondisi ini dapat menyerang bagian kulit manusia. Diketahui bahwa gejala awal yang terlihat adalah karena si penderita seringkali menggaruk kulitnya yang gatal dimana kondisi ini terus menerus berlanjut sampai akhirnya mengakibatkan iritasi kulit dapat terjadi.

Adapun penyebab utama untuk kondisi kulit yang gatal tersebut biasanya adalah karena adanya gesekan antara kulit dengan penggunaan baju atau pakaian yang ketat atau akibat adanya gigitan serangga.

Selain karena penyebab utama tersebut, penyakit ini juga dikaitkan dengan beberapa kondisi kesehatan lainnya yang dapat memicu timbulnya gatal-gatal pada bagian kulit, seperti misalkan kondisi kulit itu sendiri yang kering, adanya psoriasis, eksim dan setres akibat kecemasan yang timbul.

Leave a Reply