Mengenal Neuridermatitis, Gejala, Penyebab dan Penanganan


Bagaimana Pengobatan Neurodermatitis?

Pengobatan yang dilakukan pada kondisi gangguan kulit yang satu ini memiliki tujuan untuk membuat si penderita mengurangi rasa gatal yang dialami agar setidaknya kebiasaan menggaruk bisa dikurangi. Secara medis pengobatan neurodermatitis dapat dilakukan dengan beberapa hal dibawah ini.

Bila berkonsultasi ke dokter akan gangguan kulit yang anda alami ini, maka dokter akan menyarankan anda untuk menggunakan krim steroid yang dijual  bebas, akan tetapi bila jenis obat ini tidak menunjukan hasil dalam menghilangkan rasa gatal yang dirasakan, biasanya dokter akan mencari obat dengan kandungan yang lebih kuat dibandingkan dengan obat sebelumnya.

Terkadang dalam kondisi khusus, pasien juga bisa saja menggunakan krim kortikosteroid, akan tetapi jenis pengobatan yang satu ini haruslah sesuai dengan resep dokter, karena obat ini dapat memberikan efek samping. Konsultasi dengan dokter akan membuat anda mendapatkan dosis yang tepat sehingga pengobatan neurodermatitis bisa dilakukan dengan lebih efektif.

Bukan hanya itu, guna menuntaskan masalah gangguan kulit yang satu ini, antibiotik dan antihiastamin juga dapat diberikan guna menuntaskan masalah-masalah gatal yang dialami oleh si pesien. Apabila pasien membutuhkannya, maka dokter akan menyesuaikan pemberian dosis dari obat-obatan ini dengan kebutuha atau kondisi si pasien itu sendiri.

Selain beberapa metode pengobatan dengan obat, adapula yang memiliki menggunakan metode terapi guna menghindari kebiasaan menggaruk bagian area yang gatal, terapi yang seperti ini akan cocok untuk mengontrol emosi menjadi titik utama kebiasaan tersebut.

Selain itu, obat antidepresan atau obat anti kecemasan pun bisa dipertimbangkan oleh dokter untuk diberikan guna mengurangi stres dan kecemasan yang dialami oleh si penderita agar tidak memperburuk perasaan gatal yang bisa ditimbulkan.

Langkah Pencegahan Neurodermatitis

Senantiasa menjaga kebersihan kulit dan kelembapannya adalah kunci keberhasilan anda agar dapat mencegah munculnya gejala penyakit dari gangguan kulit yang satu ini. Untuk itulah, tidak ada salahnya bila mulai saat ini budayakan untuk selalu meraat dan menjaga kebersihan serta kelembapan kulit anda dengan baik. Nah, dibawah ini ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan sebagai pencegahan terhadap penyakit neurodermatitis:

  • Gunakan lotion, minyak atau krim mandi yang dapat dilakukan guna menjaga kondisi kulit agar tetap lembap sehingga kulit anda dapat terhindari dari resiko neurodermatitis.
  • Memotong kuku jari tangan dan menjaganya tetap pendek untuk mengurangi kerusakan jaringan dan kemungkinan infeksi dibagian kulit yang tergaruk.
  • Sebaiknya daerah yang gatal atau mengalami luka ditutup pada saat malam hari untuk menghindari anda dari menggaruk bagian tersebut pada saat tidur.
  • Menggunakan pakaian yang dibuat dari bahan katun halus untuk mengurangi terjadinya iritasi pada bagian kulit. Sebagaimana diketahui, timbulnya gatal seringkali timbul dari penggunaan pakaian yang bergesekan dengan tubuh sehingga timbul iritasi yang menyebabkan gatal tak dapat dihindari.
  • Cobalah untuk berendam dalam bak mandi dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan baking soda, collodial oatmeal yang dibuat secara khusus untuk mandi guna memberikan kebersihan kulit dan memberikan ketenangan serta kenyamanan untuk anda. Untuk mendapatkan jenis oatmeal yang satu ini anda bisa mengunjungi supermarket atau lakukan belanja online untuk bisa mendapatkan bahan yang satu ini.
  • Hindari penggunaan sabun yang didalamnya memiliki kandungan parfum. Hal ini dikarenakan zat ini dapat menimbulkan iritasi dibagian kulit. Untuk itu, sebaiknya beralihlah pada jenis sabun kesehatan yang aman untuk kulit.

Apabila sensasi gatal yang dirasakan tak kunjung sembuh setelah melakukan pengobatan ke dokter. Atau mungkin sensasi gatal yang dialami terjadi secara berulang dibagian lokasi kulit yang sama dan malah menimbulkan rasa gatal yang semakin parah, maka sebaiknya segera konsultasikan masalah ini dengan dokter.

Jangan sesekali mengabaikan kondisi ini hanya karena gejala yang ditimbulkan hanyalah berupa gatal biasa. Sebab lama kelamaan kondisi ini malah akan semakin memburuk dan membuat luka goresan akibat garukan akan semakin parah.

Berkonsultasi ke dokter akan membuat diagnosis yang dilakukan terhadap kondisi yang anda alami lebih tepat. Dengan begini penanganan yang lebih tepat akan bisa anda dapatkan dengan lebih baik. Selain itu, pengobatan yang diberikan oleh dokter tentunya dilakukan dengan banyak pertimbangan serta dosis yang dianjurkan akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi yang anda alami saat ini.

Demikianlah penjelasan terperinci mengenai penyakit gangguan kulit neurodermatitis. Pada kesimpulannya penyakit ini adalah kondisi gatal yang ditimbulkan dari kulit yang apabila digaruk, kondisi gatal tersebut akan semakin parah dan membuat si penderitanya akhirnya menjadikan menggaruk sebagai kebiasaannya.

Perlu diketahui gangguan kulit yang satu ini akan dapat menimbulkan sensasi gatal yang berbeda dengan kondisi gatal pada umumnya. Gatal pada kondisi ini lebih terasa panas dan menyengat. Bila si penderita terus-terusan menggaruk secara berulang dan dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, maka bekas luka akan timbul dan membuat estetika kecantikan kulit bisa menghilang akibatnya. Untuk itu, penting sekali segera memeriksakan segala keluhan yang dialami ke dokter agar penanganannya bisa segera didapatkan.

Leave a Reply