Manfaat Mengkonsumsi Kurma Untuk Kesehatan Ketika Buka Puasa

Ketika bulan Ramadhan semua umat muslim menjalankan puasa wajib.

Di bulan suci ini kita dituntut untuk menjalankan puasa dengan sebaik mungkin. Agar puasa kita tetap lancar maka kita harus memperhatikan pola makan ketika buka atau sahur. Saat berbuka puasa kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang manis agar pencernaan tidak kaget. Salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ketika buka puasa yaitu buah kurma.

Kurma merupakan buah yang sangat identik dengan bulan Ramadhan. Ketika bulan Ramadhan jumlah kurma di pasaran biasanya meningkat dan lebih banyak dibandingkan dengan hari hari biasanya. Memang pada kenyataannya mengkonsumsi buah kurma ketika buka puasa sangat dianjurkan. Bukan tanpa alasan, pasalnya buah kurma akan memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Buah kurma memiliki rasa yang manis dan teksturnya begitu lembut. Rasa manis dari buah yang satu ini diyakini mampu mengembalikan energi kita yang hilang setelah menjalankan puasa selama sehari penuh. Tidak hanya itu, mengkonsumsi beberapa buah kurma akan menekan nafsu makan kita sehingga mencegah kita untuk makan berlebihan pada saat buka puasa. Seperti yang kita ketahui makan berlebihan tidak baik untuk kesehatan, khususnya untuk sistem pencernaan. Mengkonsumsi buah kurma mampu mengontrol nafsu makan.

Buah kurma memiliki kandungan yang terbilang lengkap dibandingkan dengan buah yang lainnya. Kandungannya tersebut memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Beberapa kandungan buah kurma di antaranya yaitu gula, mineral, protein, lemak dan berbagai macam vitamin. Lantas apa saja manfaat kurma untuk kesehatan di bulan puasa? Simak penjelasannya pada ulasan di bawah ini.

Manfaat Kurma di Bulan Puasa

Mencegah Sembelit

Ketika bulan puasa biasanya banyak orang mengalami gangguan sistem pencernaan. Salah satu gangguan pencernaan yang sering menghampiri yaitu sembelit. Sembelit atau konstipasi merupakan gangguan sistem pencernaan yang mana penderitanya akan mengalami pengerasan tinja, sehingga tinja akan sulit keluar. Rasa sakit yang sangat hebat biasanya akan dirasakan oleh penderitanya. Gangguan sistem pencernaan ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi kurma ketika berbuka puasa. Kurma memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan sangat efektif dalam mengatasi masalah sistem pencernaan.


Sumber Energi

Kurma memiliki kandungan glukosa yang tinggi. Yang mana kandungan glukosa pada buah kurma ini merupakan sumber energi, sehingga mengkonsumsi kurma ketika buka puasa tubuh akan kembali bugar meskipun telah menjalankan puasa selama seharian. Memasukan kurma ke dalam menu buka puasa anda merupakan pilihan yang tepat. Namun, jika anda memiliki riwayat diabetes alangkah lebih baik untuk mengurangi konsumsi buah kurma. Pasalnya, kandungan glukosa yang terdapat pada buah kurma tidak baik untuk penderita diabetes.

Menjaga Agar Pencernaan Tetap Sehat

Ketika bulan puasa waktu makan kita berubah dan perut akan kekurangan asupan serat. Kurangnya asupan serat akan membuat sistem pencernaan menjadi bermasalah. Terlebih lagi banyak orang membiasakan mengkonsumsi makanan tidak sehat, baik itu ketika sahur maupun buka puasa. Dengan mengkonsumsi kurma secara teratur ketika berbuka puasa akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat. Serat yang dikandung kurma akan melancarkan sistem pencernaan kita sekaligus membersihkan usus dari racun maupun hal lainnya. Selain itu, kurma juga mampu menstimulasi berkembangnya bakteri baik dan menghambat tumbuhnya orgasme pengganggu di dalam usus. Asam amino yang dikandungnya mampu menyehatkan dan memperlancar sistem pencernaan, serta penyerapan nutrisi oleh tubuh akan meningkat.

Menyiapkan Perut  Agar Lebih Siap Menerima Makanan Lain

Seperti yang kita ketahui, selama puasa perut tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman apapun. Ketika berbuka puasa perut kita masih dalam keadaan kosong. Akan sangat mengganggu apabila saat buka puasa mengkonsumsi langsung menu berat seperti nasi dan lauk lainnya. Dengan mengkonsumsi makanan berat sekaligus akan membuat sistem pencernaan bekerja keras. Jika anda berbuka puasa dengan mengawali mengkonsumsi buah kurma maka perut tidak akan kaget karena buah kurma sangat mudah dicerna. Mengkonsumsi buah kurma ketika bulan puasa, tepatnya pada sata berbuka puasa akan membuat sistem pencernaan tetap sehat.

Menyeimbangkan Keasaman Darah

Pada saat berbuka puasa tingkat keasaman darah akan meningkat. Di dalam kurma terdapat kandungan yang berfungsi untuk menyeimbangkan tingkat keasaman darah. Naiknya tingkat keasaman darah biasanya dipicu karena mengkonsumsi karbohidrat dan daging pada saat makan ketika waktu buka puasa. Agar terhindar dari hal itu, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma sebelum mengkonsumsi menu lainnya pada saat buka puasa.

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kurma mengandung berbagai vitamin di dalamnya, nutrisi dan mineral. Dimana kandungannya tersebut bermanfaat untuk kesehatan. Mengkonsumsi kurma yang disertai dengan menerapkan pola makan yang baik dan benar akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar pada saat berpuasa. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, anda bisa mengkonsumsi kurma yang masih segar.

Manfaat kurma untuk kesehatan memang banyak. Namun, ketika megkonsumsinya jangan terlalu berlebihan. Konsumsi buah kurma secara perlahan dan nikmati, agar anda bisa merasakan manfaat dari buah yang satu ini.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat buah kurma untuk kesehatan di bulan puasa. Semoga bermanfaat.