Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag Pada Saat Buka dan Sahur

5/5 (1)

Kewajiban yang harus dijalankan ketika bulan Ramadhan yaitu puasa.

Puasa merupakan salah satu momen di bulan Ramadhan yang paling ditunggu tunggu. Namun, mereka yang memiliki riwayat penyakit maag sering kali bingung ketika menghadapi bulan puasa. Pasalnya untuk penderita maag sendiri, perut kosong dan telat makan merupakan pantangan terbesar. Jika tidak, maka kesehatan atau maagnya akan kambuh. Seperti yang kita ketahui, ketika menjalankan puasa kita tidak makan atau minum selama kurang lebih 14 jam lamanya.

Berdasarkan penelitian, penderita maag sebenarnya dianjurkan untuk menjalankan puasa. Namun, bagi penderita maag yang mengalami sakit maag organik dilarang untuk menjalankan puasa. Yang mana penyakit maag atau dispepsia itu sendiri dibedakan menjadi dua, yakni dispepsia organik dan dispepsia fungsional.

Penyakit maag atau dispepsia organik merupakan penyakit yang terjadi karena di dalam lambung terdapat sesuatu yang tidak normal, seperti halnya tukak usus dua belas jari, GERD, kanker lambung dan lain sebagainya. Sedangkan penyakit maag fungsional keadaannya justru akan membaik jika dibawa berpuasa. Meskipun pada kenyataannya penderita maag diperbolehkan puasa, tetapi ada beberapa makanan yang harus dihindari atau bahkan jangan dikonsumsi sama sekali. Apa saja makanan yang dimaksud? Untuk mengetahuinya simak penjelasan di bawah ini.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag Pada Saat Buka dan Sahur

Susu Full Cream

Jika anda memiliki riwayat penyakit maag, maka alangkah lebih baik apabila anda mengindari mengkonsumsi susu full cream ketika puasa, baik ketika buka atau sahur. Lambung akan kesulitan mencerna minuman yang satu ini. Apabila anda tetap memaksa meminum minuman ini maka efek buruknya yaitu perut akan menjadi kembung dan tidak akan yaman. Keadaan seperti ini akan membuat maag anda kambuh. Selain susu full cream, penderita maag juga harus menghindari minuman yang mengandung kafein dan soda.

Makanan yang Mengandung Gas

Bagi anda penderita maag harus menghindari makanan yang mengandung gas berlebih. Makanan yang mengandung gas berlebih akan membuat asam di dalam lambung menjadi meningkat. akibatnya perut akan menjadi perih atau sakit. Makanan bergas yang harus dihindari oleh penderita maag yaitu kol dan sawi. Jika anda tetap memaksakan untuk mengkonsumsi makanan ini maka kemungkinan besar maag yang anda alami akan menjadi kambuh. Asam lambung juga akan ikut meningkat. Demi kesehatan dan kelancaran puasa, alangkah lebih baik jika anda menghindari makanan seperti yang sudah

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply